Kumpulan Artikel: Perkawinan (halaman 3)

  • Inilah Mengapa Rasulullah SAW Sempat Membolehkan Kawin Mutah
    Tausyiah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 15:44 WIB
    Kawin mutah pernah diperkenankan oleh Rasulullah SAW sebelum stabilnya syariah Islamiah. Kala itu Rasulullah SAW membolehkan kawin mutah ketika dalam bepergian dan peperangan.
  • Hukum Menikahi Pelacur, Bolehkah? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Barangsiapa tidak mau menerima hukum yang bersumber dari kitabullah dan tidak mau menepatinya, maka dia adalah musyrik, yang tidak boleh dikawin kecuali oleh orang musyrik juga.
  • 6 Hal yang Harus Dikerjakan dalam Perkawinan Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Minggu, 29 Mei 2022 - 17:42 WIB
    Imam al-Ghazali menyebut ada enam hal-hal yang harus dikerjakan dalam perkawinan. Nasihat Imam al-Ghazali tersebut disampaikan dalam bukunya yang berjudul Kimia Kebahagiaan.
  • Menafkahi Istri dan Anak Dapat Ganjaran Jihad, Sayangnya Berikut Kerugian Perkawinan
    Tausyiah
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 17:11 WIB
    Pekerjaan lain yang lebih memberikan ganjaran daripada jihad adalah memberi makan dan pakaian kepada istri dan anak dengan sepatutnya. Sayangnya, perkawinan juga membawa kerugian.
  • Perkawinan dan Kisah Mimpi Seorang Wali tentang Keuntungan Punya Anak
    Tausyiah
    Kamis, 26 Mei 2022 - 16:38 WIB
    Perkawinan memainkan peran yang besar dalam kehidupan manusia. Keuntungan yang pertama dan nyata dalam perkawinan adalah bahwa para penyembah Allah menjadi makin banyak jumlahnya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Hukum Bercerai Saat Hamil Tidak Dilarang, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 18:22 WIB
    Hukum bercerai saat hamil tidaklah dilarang. Adapun anggapan yang tersebar di tengah masyarakat awam, bahwa wanita hamil tidak sah dicerai, adalah anggapan yang keliru.
  • Hukum Wanita Tidak Menikah, Bercermin dari Kisah Rabiah Al-Adawiyah
    Muslimah
    Senin, 10 Januari 2022 - 10:49 WIB
    Hukum wanita tidak menikah adalah boleh, kendati tidak disarankan. Maknanya, menikah bukanlah hal yang wajib bagi perempuan. Demikian pendapat sejumlah ulama.
  • Hukuman Zina dan Cara Cerai Masyarakat Arab Pra-Islam
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 17:30 WIB
    Bagi orang Arab masa jahiliyah, pengkhianatan atas perkawinan dianggap sebagai zina dan pelanggarnya dihukum mati. Seorang pria dianggap berzina bila berhubungan seksual dengan wanita baik-baik.
  • Pra-Islam: Dari Praktik Poliandri sampai Anak Kawin dengan Ibu Tirinya
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 17:19 WIB
    Pada masa pra-Islam atau zaman jahiliyah, di Jazirah Arab mengenal beberapa jenis perkawinan. Salah satunya adalah perkawinan antara anak tertua dengan ibu tirinya.
  • Kawin Kontrak atau Mutah: Dulu Sempat Dibolehkan, Mengapa Setelah Itu Haram?
    Tausyiah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Al-Qardhawi menyebutkan menurut pendapat kebanyakan sahabat, bahwa haramnya mutah itu berlaku selama-lamanya, tidak ada sedikitpun rukhshah, sesudah hukum tersebut diundangkan.
  • Menikah di Usia 51 Tahun, Begini Nasehat Abdul Qadir Al-Jilani bagi Mereka yang Takut Kawin
    Tausyiah
    Selasa, 10 November 2020 - 05:00 WIB
    Syaikh Abdul Qadir al-Jilani baru menikah pada usia 51 tahun. Kendati demikian beliau dikaruniai banyak keturunan, yaitu 20 putera dan 20 puteri dari empat orang istri.
  • Beda Pendapat Mengenai Istimta, Imam Safii dan Imam Maliki Mengharamkan
    Tausyiah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Hukum Islam sebagai suatu sistem hukum yang menjunjung tinggi nilai moral memandang pekerjaan masturbasi atau onani sebagai sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai moral.
  • Tunangan Mirip Resepsi Pernikahan, Bolehkah Hubungan Lebih Mesra?
    Tausyiah
    Jum'at, 11 September 2020 - 05:00 WIB
    Zawaj (perkawinan) merupakan aqad yang mengikat dan perjanjian yang kuat yang mempunyai batas-batas, syarat-syarat, hak-hak, dan akibat-akibat tertentu.
  • Hal-Hal yang Harus Dikerjakan Dalam Perkawinan Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Seorang suami tidak boleh makan sesuatu yang lezat sendirian atau kalaupun ia telah memakannya, ia mesti diam dan tidak memujinya di depan istrinya.
  • Perkawinan, Pendorong Sekaligus Penghalang dalam Kehidupan Keagamaan (1)
    Tausyiah
    Kamis, 09 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Umar bertanya kepada Nabi tentang hal-hal yang paling penting untuk dicari di dunia ini. Beliau menjawab: Lidah yang selalu berzikir kepada Allah, hati yang penuh rasa syukur dan istri yang amanat.