Topik Terkait: Hukum Berdzikir Keras

  • Hukum Memakai Bulu Mata Palsu Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 10:15 WIB
    Hukum memakai bulu mata palsu menurut Islam penting diketahui kalangan muslimah, sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengaplikasikannya.
  • Mengenal Ijma sebagai Sumber Hukum Islam Ketiga
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 00:19 WIB
    Ijma merupakan salah satu sumber hukum Islam yang disepakati para ulama apabila tidak dijumpai dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Menonton Anime Jepang dari Syaikh Assim Al-Hakeem
    Tausyiah
    Senin, 15 Mei 2023 - 20:37 WIB
    Ulama Arab Saudi Syaikh Assim Al Hakeem mengemukakan pendapatnya tentang hukum menonton anime Jepang seperti Naruto maupun kartun barat. Ini penjelasannya.
  • Hukum Menonton Konser dalam Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:24 WIB
    Hukum menonton konser menjadi salah satu hukum yang perlu diketahui oleh umat Islam. Sebab dengan mengetahuinya, menjadikan seorang muslim tidak lagi salah mengartikannya.
  • Hukum Kurban Tapi Belum Aqiqah, Manakah yang Didahulukan?
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:20 WIB
    Bagaimana hukum kurban tapi belum melaksanakan aqiqah, manakah yang harus didahulukan menurut syariat? Pertanyaan semacam ini, masih banyak terjadi di masyarakat.
  • Hukum Hutang untuk Umroh, Bolehkah?
    Tausyiah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 09:56 WIB
    Pergi menunaikan ibadah haji atau umroh dengan dana yang berasal dari berhutang terjadi perdebatan di kalangan ulama. Ada yang membolehkan hutang, tetapi ada yang berpendapat harus menghindari hutang.
  • Hukum Melangkahi Pundak Orang yang Duduk
    Tausyiah
    Sabtu, 18 November 2023 - 23:19 WIB
    Melangkahi pundak orang yang duduk dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah Takhaththi. Para ulama mendefenisikan hal ini dalam beberapa hukum.
  • Gus Baha Jelaskan Hukum Utang di Bank, Haram Atau Halal?
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 22:45 WIB
    Ulama ahli Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin) menjelaskan hukum utang di bank yang banyak terjadi di Indonesia. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Apakah Hukum Air Mani Suci atau Najis?
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:19 WIB
    Apakah hukum air mani suci atau najis? Para ulama berbeda pendapat tentang status air mani, ada yang berpendapat itu tergolong benda yang najis dan ada yang berpendapat itu suci.
  • Hukum Kurban Online, Apakah Sah? Simak Ulasannya Supaya Lebih Paham
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Hukum Al-Quran Bagi Perusak Rumah Tangga Orang Lain
    Muslimah
    Selasa, 30 November 2021 - 15:17 WIB
    Dalam Islam, merusak hubungan antara istri dan suaminya atau sebaliknya merusak hubungan suami dengan istrinya, tidak dibenarkan, bahkan Rasulullah mengancam pelakunya sebagai bukan bagian dari Islam.
  • Hukum Kurban: Syafiiyah Nyatakan Sunah ‘Ain bagi Tiap Pribadi dan Sunah Kifayah bagi Tiap Keluarga
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 08:47 WIB
    Para ahli fikh berbeda pendapat tentang hukum pelaksanaan ibadah kurban. Abu Hanifah dan para pengikutnya menyatakan ibadah kurban hukumnya wajib dilaksanakan setiap tahun bagi mereka yang mampu
  • Hukum Menqashar Sholat Bagi Musafir, Berapa Lamakah Batasan Waktunya?
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 17:43 WIB
    Musim liburan telah tiba. Bagi umat muslim di Indonesia perlu mengetahui hukum dan batasan waktu meng-qashar sholat ketika bepergian (safar). Berikut penjelasannya.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Hukum Memakai Hiasan Celak bagi Muslimah
    Muslimah
    Senin, 27 Juni 2022 - 09:38 WIB
    Celak digunakan di sekeliling kontur mata untuk menciptakan berbagai efek estetika. Lantas bagaimana hukum memakai celak ini bagi muslimah? Apakah hiasan tersebut bisa menimbulkan tabarruj?
  • Hukum Al Quran bagi Perusak Rumah Tangga
    Tausyiah
    Senin, 20 Mei 2024 - 11:39 WIB
    Merusak hubungan rumah tangga orang lain sangat dilarang dalam Islam. Bahkan Rasulullah SAW menegaskan dengan sangat keras bahwa perusak rumah tangga bukan bagian dari umatnya.
  • Hukum Makmum Enggan Bilang Amin saat Imam Selesai Baca Al-Fatihah
    Tausyiah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 16:42 WIB
    Apa hukum mengucapkan amin setelah imam salat membaca Surah Al-Fatihah? Imam Syafii dalam Fikih Manhaji menjelaskan, membaca amin setelah imam membacakan Surah Al-Fatihah dalam salat hukumnya sunah.
  • Berlaku Adillah! Ini Pesan Rasulullah SAW kepada Penegak Hukum
    Tausyiah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 17:28 WIB
    Islam sangat memuliakan aturan (syariat) agar tercipta keadilan (Al-Adl) dan kemaslahatan umat. Berikut nasihat Rasululah shallallahu alaihi wasallam kepada para penegak hukum.
  • Bagaimana Hukum Sedekah Online? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 05 April 2023 - 10:19 WIB
    Saat ini hampir seluruh aktivitas kehidupan dilakukan secara online, termasuk dalam bersedekah. Bagaimana sebenarnya hukum sedekah online dalam pandangan Islam ini?
  • Haji: Hukum Meninggalkan Mabit di Muzdalifah
    Tips
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 10:01 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan mabit di Muzdalifah adalah wajib, tapi diberikan keringanan bagi orang-orang yang lemah untuk meninggalkan Muzdalifah pada akhir malam