Kumpulan Artikel: Umar Bin Khattab

  • Penaklukan Fasa dan Darabgird: Kisah Mimpi dan Karamah Khalifah Umar bin Khattab
    Hikmah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 10:28 WIB
    Sumber Balazuri mengenai penaklukan Fasa dan Darabgird berbeda dengan Tabari dan mereka yang mengutip dari dia. Mereka menyebutkan bahwa yang memasuki kedua kota itu Sariah bin Zunain.
  • Kisah Muslim Taklukkan Kota Suci Iran Istakhr: Kuil Penyembah Sapi Diubah Jadi Masjid
    Hikmah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 18:05 WIB
    Istakhr adalah ibu kota pertama bagi orang Persia tatkala mereka menguasai kawasan yang merupakan bagian tanah Iran, yang juga merupakan tempat dinasti Sasani, raja-raja Persia pada era itu.
  • Kisah Kisra Yazdigird yang Menjadi Pelarian: Satu per Satu Wilayah Persia Dikuasai Muslim
    Hikmah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Kisah Kisra Yazdigird yang menjadi pelarian dan satu per satu Wilayah Persia dikuasai pasukan Muslim di era Khalifah Umar bin Khattab dikisahkan Muhammad Husain Haekal.
  • Kisah Penaklukan Azerbaijan di Era Khalifah Umar bin Khattab
    Dunia Islam
    Senin, 29 April 2024 - 10:57 WIB
    Setelah keadaan kota tenteram, Utbah bin Farqad dan Bakir bin Abdullah yang berangkat atas perintah Khalifah Umar bin Khattab untuk menundukkan Azerbaijan, diperkuat pula dengan Simak bin Kharasyah al-Ansari.
  • Kisah Pasukan Islam Menguasai Ray: Daerah-Daerah Lain di Iran Menyerah
    Dunia Islam
    Senin, 29 April 2024 - 05:15 WIB
    Menurut Haekal, kemenangan pasukan Muslimin di Ray telak sekali, dan karenanya pula kota-kota dan daerah-daerah di sekitarnya cepat-cepat mengajak damai dan membayar jizyah.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kisah Pembebasan Ray Pusat Dinasti Pemimpin Zoroaster di Era Umar bin Khattab
    Dunia Islam
    Minggu, 28 April 2024 - 17:16 WIB
    Raja Ray ketika itu Siyavakhasy Mihran anak Bahram Chobin. Sesudah mereka bertemu di Waj Ruz ia yakin bahwa pasukan Muslimin tidak akan pulang kembali sebelum menyerangnya untuk menerobos ke dalam ibu kota.
  • Kisah Jatuhnya Kota Isfahan di Tangan Pasukan Islam, Hamazan Memberontak
    Hikmah
    Kamis, 25 April 2024 - 13:52 WIB
    Abdullah menyetujui perjanjian itu, dan penduduk Isfahan menjadi ahli zimmah selain 30 orang yang menolak dan mereka bergabung kepada kelompok Kirman.
  • Menumpas Kekuasaan Para Kisra: Perintah Khalifah Umar untuk Membebaskan Isfahan
    Hikmah
    Kamis, 25 April 2024 - 13:44 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab teringat akan kata-kata Ahnaf bin Qais. Persia akan terus mengadakan perlawanan terhadap pasukan Muslimin selama Yazdigird masih berada di tengah-tengah mereka.
  • Kisah Pasukan Muslim Menumpas Kekuasaan Para Kisra Persia
    Hikmah
    Kamis, 25 April 2024 - 13:38 WIB
    Muslim telah memenangkan pertempuran Nahawand. Pihak Persia kehilangan kota-kota di sekitar wilayah tersebut, termasuk kota penting Sephahan, yang kini bernama Isfahan di Iran.
  • Pertempuran Nahawand Iran: Raja Kisra Mati di Pelarian, Persia Tak Pernah Melawan Lagi
    Hikmah
    Selasa, 23 April 2024 - 14:48 WIB
    Menurut Haekal, mereka yang sungguh gembira dengan kemenangan ini warga Kufah, sehingga oleh mereka diberi nama kemenangan dari segala kemenangan.
  • Pertempuran Nahawand Iran: Cerita tentang 2 Peti Permata Berlian
    Hikmah
    Selasa, 23 April 2024 - 14:38 WIB
    Umar bin Khattab mengatakan: Yah! Begitu saya tidur ketika malam itu Anda pergi, para malaikat menyeret saya ke tempat dua peti yang menyala menjadi api.
  • Pertempuran Nahawand Iran: Kesedihan Khalifah Umar Atas Syahidnya Numan
    Hikmah
    Selasa, 23 April 2024 - 14:26 WIB
    Terharu oleh berita itu dengan rasa cemas Umar berkata: Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Ia tak dapat menahan diri menangis terisak-isak seolah-olah peristiwa itu menimpa anaknya sendiri.
  • Pertempuran Nahawand Iran: Kisah Matinya Panglima Perang Persia Firozan
    Hikmah
    Selasa, 23 April 2024 - 05:15 WIB
    Firozan sendiri termasuk yang lari mencari selamat. Ia tinggal seorang diri sebagai pelarian, memacu kudanya ke arah Hamazan dengan harapan akan dapat berlindung.
  • Pertempuran Nahawand Iran: Kisah Numan Syahid tapi Pasukan Muslim Menang
    Hikmah
    Senin, 22 April 2024 - 14:45 WIB
    Kala itu, pihak Persia sudah dapat menyusul pasukan Muslimin yang dipimpin Qaqa sebelum terbenam matahari, dan mereka dihujani anak panah sehingga banyak yang mengalami luka-luka.
  • Pertempuran Nahawand Iran: Strategi 30.000 Pasukan Muslim Hadapi 150.000 Tentara Persia
    Hikmah
    Senin, 22 April 2024 - 14:33 WIB
    Pasukan Muslimin dengan kekuatan 30.000 orang diketahui oleh Firozan. Dia tidak menganggapnya enteng, juga dia tidak akan tertipu bahwa yang akan menghadapi mereka adalah 150.000 orang.
  • Pertempuran Nahawand Iran: Kisah Khalifah Umar Menunjuk Numan Memimpin Pasukan Muslim
    Hikmah
    Senin, 22 April 2024 - 14:12 WIB
    Kaum Muslimin sudah mengenal Numan. Dia seorang kesatria yang berani, tak pernah ragu dan tak kenal lari, sikapnya tenang, tak suka tergesa-gesa kecuali dalam keadaan terpaksa.
  • Pertempuran Nahawand: Kisah Ali bin Abi Thalib Mencegah Umar bin Khattab Memimpin Perang
    Hikmah
    Senin, 22 April 2024 - 05:54 WIB
    Ali berkata kepada Umar: Kedudukan Anda bagi orang Arab seperti untaian mutiara yang dapat merangkai dan mengikat. Kalau lepas akan berserakan semua dan akan hilang. Sesudah itu tidak akan pernah bersatu lagi.
  • Perang Nahawand: Kisah Saad bin Abi Waqqas Kena Fitnah
    Hikmah
    Minggu, 21 April 2024 - 05:15 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad SAW yang oleh Abdurrahman bin Auf ra diberi julukan Singa Yang Menyembunyikan Kukunya itu dituduh befoya-foya bergelimang harta selama di Kufah, Irak.
  • Perang Nahawand: Kisah Kisra Kerahkan 150.000 Tentara untuk Hadapi Pasukan Muslim
    Hikmah
    Sabtu, 20 April 2024 - 16:27 WIB
    Pertempuran Nahawand terjadi pada tahun 642 antara pasukan Arab Muslim melawan pasukan Kekaisaran Sasania. Pertempuran berakhir dengan kemenangan mutlak bagi pihak Muslim.
  • Sejarah Salat Tarawih 20 Rakaat
    Hikmah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 15:14 WIB
    Salat Tarawih sendiri itu telah diperkenalkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan istilah qiyamul lail (menghidupkan malam) bukan dengan istilah tarawih