Kumpulan Artikel: Nashruddin Hoja

  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Rabu, 05 April 2023 - 17:29 WIB
    Jika kita melihat beberapa cerita klasik Nashruddin dengan cara seutuh mungkin, kita segera menemukan bahwa keseluruhan pendekatan skolastik merupakan cara terakhir yang diperbolehkan oleh Sufi.
  • Tafsir Idries Shah atas 2 Kisah Sufi Mullah Nashruddin
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:51 WIB
    Idries Shah menafsirkan dua kisah sufi Mullah Nashruddin menjadi sesuatu yang menarik. Bukan sekadar lelucon yang penuh sindiran. Menurutnya, Mullah Nashruddin tidak merusak kaidah-kaidah zamannya.
  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin: Ia yang Jatuh, tetapi Justru Leherku yang Patah!
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:03 WIB
    Pernyataan Mullah Nashruddin, ia yang jatuh, tetapi justru lehernya yang patah terungkap ketika guru sufi ini ditanya perihal hukum sebab akibat oleh muridnya.
  • Kisah Mullah Nashruddin yang Diklaim Sebagai Warisan Kebudayaan Yunani
    Hikmah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 09:36 WIB
    Mullah Nashruddin sudah menjadi milik lintas agama dan negara. Yunani mengklaim sang mullah yang sufi satirikal ini sebagai bagian dari warisan kebudayaannya.
  • Canda Ala Sufi: Anggur Berumur 40 Tahun
    Hikmah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 21:30 WIB
    Nashruddin menjawab, Jika aku memenuhi permintaanmu, berarti aku telah memberikannya pada orang lain. Dengan demikian, apakah dia akan tetap berumur 40 tahun?
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Begini Kelakuan Nashruddin Agar Keledainya Bisa Lari Lebih Cepat Lagi
    Hikmah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 14:58 WIB
    Suatu ketika, Nashruddin pergi ke sebuah tempat pembuatan kapal. Di sana, dia melihat orang-orang sedang menyalakan api untuk mengecat dan memperindah sebuah kapal.
  • Canda Ala Sufi: Ketika Nashruddin Berniat Menceraikan Istrinya
    Hikmah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 21:39 WIB
    Nashruddin melihat-lihat bakal rumahnya itu. Tiba-tiba, dia buang angin. Sembari menunjuk sebuah tempat, dia berkata, Dan di sini kita akan bangun kamar kecil.
  • Naudzubillah, Gelar Timur Lank dari Nashruddin
    Hikmah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 06:40 WIB
    Suatu ketika, Timur Lank bertanya pada Nashruddin tentang gelar yang pantas untuknya. Soalnya, seluruh pemimpin dinasti Abbasiyyah memiliki gelar berbeda-beda.
  • Canda Ala Sufi: Ketika Nashruddin Minta Petani Menanam Dirinya
    Hikmah
    Senin, 08 Februari 2021 - 06:58 WIB
    Karena saat itu musim semi, udara sangat dingin, sehingga Nashruddin kedinginan dan lapar. Dia menggeleng-gelengkan kepalanya, dan dengan susah-payah dia melepaskan tubuhnya dari himpitan tanah.
  • Kiat Nashruddin Lari dari Kiamat:  Jika Aku Mati, Kuburkan Aku Berdiri
    Hikmah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 17:50 WIB
    Karena esok, ketika kiamat tiba, dunia akan berguncang dengan dahsyat, maka kalau berdiri, aku akan dapat dengan mudah melarikan diri dan tidak akan mengalami kesulitan.
  • Ketika Nashruddin Membuat Keki Seorang Pertapa yang Arif
    Hikmah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 11:47 WIB
    Wahai Nashruddin, menurutku seluruh yang ada di alam ini hanyalah bualan dan igauan belaka. Pabila engkau memiliki banyak pengetahuan, ayolah kita saling tukar-menukar pengalaman.
  • Canda Ala Sufi: Ketika Ajal Nashruddin Telah Tiba
    Hikmah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 19:03 WIB
    Hai miskin, kamu tak dapat pergi karena kamu sudah mati... Penduduk desa ini akan memandikan dan mengafanimu sesuai dengan kedudukanmu. Kamu adalah sesepuh dan teman kakek-kakek kami.
  • Binatang Aneh Berubah Jadi Kaleng, Begini Celetukan Nashruddin
    Hikmah
    Kamis, 04 Februari 2021 - 07:50 WIB
    Dasar manusia, selalu saja dia ingin melakukan segala yang dilarang. Ketika istri Nashruddin sendirian di rumah, dia berkata pada dirinya, Coba ahh... Aku akan melihat isinya.
  • Nashruddin Ingin Mati dengan Sendok Besar, Begini Kisah Lucu Itu
    Hikmah
    Rabu, 03 Februari 2021 - 11:42 WIB
    Lantaran es buah di hadapan Nashruddin itu sulit untuk dinikmati dengan sendok kecil, dia hanya menjilatinya saja. Sementara, tuan rumah itu terus menyantapnya dengan nikmat.
  • Nashruddin kepada Istrinya: Sungguh, Kamu Sangat Keras Kepala
    Hikmah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 07:50 WIB
    Mereka lalu saling diam. Sebelum melakukan itu, Nashruddin dan istrinya telah bersepakat bahwa yang pertama kali bicara harus memberi makan keledai itu.
  • Diberi Tahu Istrinya Gemar Ngelayap, Ini Jawaban Nashruddin
    Hikmah
    Senin, 01 Februari 2021 - 19:37 WIB
    Suatu ketika, istri Nashruddin berkata padanya, Kendi untuk berwudlu milik kita itu bagian bawahnya bocor, sehingga airnya tak dapat bertahan lama. Apa yang harus kita berbuat?
  • Canda Ala Sufi: Bulan dalam Sumur dan Seorang Pencuri
    Hikmah
    Senin, 25 Januari 2021 - 19:13 WIB
    Suatu malam, Nashruddin melihat bayangan bulan pada sebuah sumur. Dia pun berkata, Betapa malangnya bulan itu, mengapa dia jatuh ke dalam sumur?
  • Canda Ala Sufi: Burung Bulbul, Tukang Cukur, dan  Sang Anak
    Hikmah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 13:54 WIB
    Maka Nashruddin pun berkicau dan menirukan suara burung bulbul. Mendengar suara Nashruddin itu, pemilik kebun tertawa dan bertanya, Begitukah burung bulbul berkicau?
  • Canda Ala Sufi: Ongkos Hari Ini untuk Kemarin, Kemarin untuk Hari Ini
    Hikmah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 11:59 WIB
    Suatu hari, Nashruddin pergi ke tempat pemandian. Setelah dia masuk, tak seorang pun di antara para pelayan tempat pemandian itu yang menghargai atau menghormatinya.
  • Canda Ala Sufi: Buah Pala untuk Bayi dan Dua Pintu Rumah
    Hikmah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 15:10 WIB
    Mendengar ucapan istri Nashruddin, mereka bingung dan heran. Lalu mereka berkata, Beliau datang bersama kami dan baru saja masuk, karena beliaulah yang mengundang kami kemari.