Topik Terkait: Dana Zakat

  • Panitia Zakat Dadakan Apakah Termasuk Amil Zakat?
    Tips
    Senin, 10 Mei 2021 - 18:17 WIB
    Apakah panitia Zakat Fitrah yang dibentuk oleh takmir masjid berhak mendapat hasil dari Zakat Fitrah? Pertanyaan ini sering muncul di pengujung Ramadhan.
  • Bolehkah Menyalurkan Zakat Fitrah Sekeluarga Kepada Satu Orang?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Banyak cara dilakukan masyarakat dalam menunaikan zakat fitrah. Ada yang menyerahkannya kepada petugas pengumpulan zakat, ada juga yang mengeluarkannya sendiri.
  • Zakat Fitrah dan Syarat-syarat Penerimanya
    Muslimah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 14:33 WIB
    Tak terasa, sebentar lagi Ramadhan akan segara berakhir. Bagi setiap muslim, setelah melaksanakan puasa, ada lagi kewajiban yang harus ditunaikan dalam bulan Ramadhan ini, yakni membayar zakat fitrah.
  • Bukan Sekadar Panitia, Berikut 9 Amil Zakat dan Tugasnya
    Tips
    Senin, 25 April 2022 - 09:05 WIB
    Tugas Amil Zakat adalah mengambil dan mendistribusikan harta zakat kepada mustahiq. Amil tidak sama dengan panitia zakat yang hanya dibentuk atas inisiatif masyarakat.
  • 7 Keutamaan Zakat dalam Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
    Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berikut 7 keutamaan zakat dalam Al-Quran dan Hadis.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Bolehkah Menyerahkan Zakat kepada Keluarga Sendiri?
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 14:41 WIB
    Mazhab Malikiyah dan Syafiiyah menyatakan, tidak boleh memberikan zakat kepada kerabat yang si pemberi zakat berkewajiban menanggung nafkah mereka.
  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal
    Tips
    Kamis, 21 April 2022 - 23:56 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal perlu diketahui umat muslim. Dalam Islam dikenal ada dua jenis zakat yaitu, zakat fitrah dan zakat maal (zakat harta).
  • Kalkulator Zakat Ternak Sapi dan Kambing, Begini Cara Menghitungnya
    Tips
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 23:49 WIB
    Kalkulator zakat ternak sapi dan kambing termasuk kategori zakat maal. Zakat sapi dan kambing ini wajib dikeluarkan seorang muslim apabila telah mencapai nisab dan haul.
  • Konsep Zakat Thariqah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani yang Bikin Bangkrut
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 19:21 WIB
    Dengan begitu, tak ada pahala bagi orang yang berzakat tarekat, maka jadilah dia orang yang pailit, bangkrut dalam arti tidak memiliki lagi pahala ibadah bagi dirinya.
  • Zakat Emas, Cara dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Selasa, 21 Juni 2022 - 15:36 WIB
    Zakat merupakan ibadah maaliyah (berkaitan dengan harta) Allah wajibkan kepada umat Islam. Di dalamnya adalah termasuk zakat emas. Bagaimanakah ketentuan untuk menunaikan zakat emas ini.
  • Hubungan Perintah Sholat dan Zakat dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 13:24 WIB
    Perintah sholat dan zakat adalah perintah yang sering kali disebut dan berulang-ulang dibahas dalam Al-Quran. Sholat disebut juga sebagai ibadah habluminaullah, sedangkan zakat disebut hablumninnas.
  • Pintu-pintu Surga Terbuka Bagi yang Mengeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 12:01 WIB
    Kemuliaan yang dikaruniakan Allah Taala kepada umat Nabi Muhammad adalah kekhususan pahala dan fadhilah sebesar-besarnya bagi orang yang menunaikan zakat.
  • Muawiyah dan Umar Bin Abdul Aziz Pungut Zakat Penghasilan
    Tips
    Rabu, 08 Maret 2023 - 10:23 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad SAW dan para tabiin mencontohkan bagaimana mereka menerapkan aturan tentang zakat harta penghasilan atau gaji. Khalifah Muawiyah dan Umar bin Abdul Aziz memungut zakat jenis ini.
  • Inilah Golongan yang Tidak Boleh Diberi Zakat Fitrah
    Muslimah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 12:01 WIB
    Zakat fitrah tidak diberikan pada sembarang orang, ada 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah ini, dan ada 5 golongan yang tidak boleh diberi zakat fitrah tersebut.
  • Ini Doa Bagi yang Menerima Zakat Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Minggu, 17 April 2022 - 22:40 WIB
    Bagi penerima zakat (mustahik) dianjurkan mendokan mereka yang menyerahkan zakat. Momen penyerahan zakat biasanya dilakukan jelang hari raya Idul Fitri.
  • Bolehkah Harta Zakat Didistribusikan untuk Korban Terdampak Corona?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Distribusi zakat untuk mereka yang terdampak Covid-19 perlu mendapat kajian ulama dan pemerintah. Apakah harta zakat boleh didistribusikan kepada korban terdampak wabah Corona ini?
  • Haruskah Bayi atau Janin dalam Kandungan Membayar Zakat Fitrah?
    Muslimah
    Kamis, 13 April 2023 - 11:02 WIB
    Mulai 10 hari terakhir sebelum Idul Fitri tiba, semua umat muslim wajib membayar zakat fitrah. Lantas, bagaimana hukum zakat fitrah bagi bayi yang baru lahir atau janin yang masih dalam kandungan?
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Cara Menghitung Zakat Pertanian dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Rabu, 22 Juni 2022 - 10:05 WIB
    Pertanian termasuk salah satu katagori hasil usaha yang wajib ditunaikan zakat-nya. Bagaimana cara menghitung zakat pertanian ini dan apa dalil yang menguatkannya?
  • Hukum Bayar Zakat Fitrah Online Beserta Niat dan Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 26 April 2022 - 17:15 WIB
    Ketika membayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, biasanya kita perlu melakukan doa sebagai tanda terima dari zakat yang telah kita berikan. Lantas bagaimana dengan hukum zakat online?