Topik Terkait: Qadha Shalat

  • Inilah Konsekuensi Jika Menunda Qadha Puasa hingga Ramadan Berikutnya
    Tausyiah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 11:21 WIB
    Bagi umat Islam yang sudah baligh, ada kewajiban seseorang yang tidak berpuasa di bulan Ramadan berdasarkan sebabnya yakni harus menggantinya di waktu lain. Lantas bagaimana yang tidak mengqadhanya?
  • Bolehkah Mengusap Wajah Setelah Shalat?
    Tausyiah
    Selasa, 17 November 2020 - 10:05 WIB
    Banyak orang yang mengusap wajah setelah melakukan sholat ataupun berdoa. apakah ini amalan ini dilakukan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya?
  • Kapan Batas Waktu Meng-qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 14:56 WIB
    Bagi sebagian kalangan muslimah menyambut bulan suci ini kadang-kadang mengalami kebingungan, terutama terkait waktu untuk meng-qadha puasa. Adakah batas waktu untuk meng-qadha puasa Ramadhan sebelumnya?
  • Kenapa Tak Mau Berlama-lama Dalam Shalat?
    Muslimah
    Senin, 21 Juni 2021 - 08:06 WIB
    Berapa banyak di antara muslimah yang mengerjakan shalat sementara pikirannya pergi ke mana-mana! Sehingga menghalangi kenikmatan shalat, dan hatinya tidak khusyuk, serta badannya tidak tunduk.
  • Perlukah Ada Jeda Antara Shalat Wajib dan Rawatib?
    Muslimah
    Senin, 13 September 2021 - 18:44 WIB
    Apakah antara shalat wajib dan shalat sunnah rawatib perlu ada jeda ataukah boleh dilakukan langsung tanpa jeda? Ternyata melakukan shalat di antara keduanya harus ada jeda.
  • Baca Doa ini Sebelum Shalat, Setan Bakal Kabur
    Tausyiah
    Senin, 09 November 2020 - 08:10 WIB
    Sebelum mendirikan shalat, ada baiknya kita membaca doa perlindungan ini. Sebab setan selalu menggoda orang yang shalat dengan cara membisikkan dan membuat angan-angan.
  • Doa dan Zikir Setelah Shalat Fardhu
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 07:05 WIB
    Berikut amalan zikir dan doa setelah shalat yang dilakukan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sebagaimana disebutkan dalam berbagai Hadis.
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dengan Qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 15:15 WIB
    Mulai besok (3/2), umat Islam disunnahkan melaksanakan puasa sunnah Rajab. Namun, bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan?
  • Subhanallah! Shalat Tepat Waktu Berpengaruh pada Kesuksesan
    Tausyiah
    Senin, 09 November 2020 - 16:44 WIB
    Shalat merupakan tiang agama dan amalan yang pertama kali dihisab di hari Kiamat. Saking berharganya shalat, Islam menempatkannya sebagai rukun kedua setelah syahadat.
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dan Qadha Puasa Ramadhan?
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 17:43 WIB
    Puasa qadha Ramadhan tergolong puasa wajib yang wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dengan niat Saya niat berpuasa qadha Ramadhan fardlu karena Allah.
  • Anjuran Mengqadha Sholat Wajib yang Pernah Ditinggalkan
    Tausyiah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 16:44 WIB
    Bagi Anda yang pernah meninggalkan sholat wajib (sholat fardhu 5 waktu) baik karena lupa atau sengaja, maka diperintahkan untuk meng-qadhanya.
  • Ancaman Serius Bagi yang Meninggalkan Shalat
    Tausyiah
    Senin, 07 Desember 2020 - 23:31 WIB
    Amal yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Ketahuilah kemungkaran dan dosa terbesar sebagian umat Islam adalah meninggalkan shalat lima waktu.
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal
    Tips
    Senin, 30 Mei 2022 - 00:30 WIB
    Puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal merupakan puasa pengganti yang wajib dilakukan muslim karena suatu sebab yang tak dapat dihindari.
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan di Bulan Syawal
    Tips
    Senin, 01 Mei 2023 - 07:38 WIB
    Tata cara dan niat puasa qadha Ramadan di bulan Syawal penting diketahui setia muslim. Apalagi, bila mereka yang sempat meninggalkan puasa Ramadan berarti berhutang kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Ada Keutamaan Besar di Shalat Qabliyah Ashar. Yuk, Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 18 Juni 2021 - 15:02 WIB
    Salah satu dari shalat sunnah rawatib (sahalt sunnah yang mengiringi shalalat wajib) adalah shalat sunnah sebelum Ashar (qabliyyah Ashar).Kesunnahan melaksanakan qabliyah ashar ini juga memiliki keutamaan bagi yang melakuannya.
  • Siapa Saja yang Wajib Qadha Puasa Ramadhan?
    Tausyiah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 21:34 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa, disyariatkan untuk mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah. Berikut orang-orang yang wajib mengqodho dan membayar fidyah.
  • Shalat Jumat di Pelataran Rumah Dekat Masjid, Bolehkah?
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 09:48 WIB
    Salat Jumat merupakan salat yang wajib dilaksanakan secara berjamaah oleh muslim yang baligh, berakal, laki-laki, sehat dan menetap. Bolehkan shalat Jumat di pelataran rumah?
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal dan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Niat puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal, umumnya banyak dilakukan kaum muslim yang memiliki utang puasa di bulan Ramadhan kemarin. Bagaimana bacaan doa atau niatnya? Serta bagaimana tata caranya?
  • Shalat Tepat Waktu sebagai Amalan Terbaik
    Muslimah
    Sabtu, 25 September 2021 - 18:54 WIB
    Kaum muslimin diperintahkan atau diwajibkan melaksanakan shalat fardhu 5 waktu. Dan Allah Subhanhu wa taala sangat menyukai hamba-hambanya yang melaksanakan kewajiban tersebut dengan tepat waktu.
  • Mengqadha Shalat Fardhu Setelah Haid dan Nifas, Bagaimana Caranya?
    Muslimah
    Senin, 31 Mei 2021 - 06:33 WIB
    Umumnya, kaum perempuan harus mengalami siklus haid dan nifas, dan berhentinya siklus tersebut di waktu shalat fardhu. Bagaimana cara menqadha shalat fardu yang ditinggalkannya?