Kumpulan Artikel: Anak (halaman 17)

  • Dimuliakan Allah dan Rasulullah Setelah Memuliakan Anak Yatim
    Muslimah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 09:23 WIB
    Muslimah, tahukah kunci termudah agar dimuliakan Allah Subhanahu wa taala dan Rasul-nya dan akan dengan mudah disediakan tempat di surga oleh Allah? Jawabnya adalah muliakan anak yatim
  • Hindarkan Anak dari Celaan dan Cacian
    Muslimah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 19:00 WIB
    Sering mencela dan mencaci anak itu akan menimbulkan penyesalan. Apalagi secara umum seorang mukmin bukanlah orang yang tukang mencela dan melaknat.
  • Mandrasah Pertama yang Menggodok Keilmuan Imam Syafii
    Muslimah
    Senin, 04 Januari 2021 - 18:41 WIB
    Kehebatan Imam Asy Syafii tak terlepas dari peran ibundanya, yakni Fatimah binti Ubaidillah Azdiyah. Siapakah ia dan bagaimana perannya dalam melahirkan tokoh dan pakar ilmu yang sangat hebat ini?
  • Kekhususan Mendidik Anak Perempuan, Allah Ganjar dengan Pahala Besar
    Muslimah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 18:02 WIB
    Metode mendidik anak seperti yang dilakukan Rasulullah terbukti ampuh sepanjang sejarah. Bahkan, Nabi Muhammad Shallahu Aalaihi wa Sallam juga secara detil mengajarkan pendidikan anak khusus laki-laki dan khusus perempuan
  • Inilah Doa Rasulullah Saat Meminta Perlindungan untuk Anak-anak
    Muslimah
    Senin, 21 Desember 2020 - 15:01 WIB
    Disunnahkan bagi orang tua memperbanyak perlindungan kepada Allah untuk anak pada pagi dan sore hari semampunya atau dari waktu ke waktu. Doa doa apa saja yang bisa dipanjatkan?
  • Anak pun Harus Dijaga Perasaannya!
    Muslimah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 15:05 WIB
    Menegakkan keadilan di antara anak-anak itu perintah Nabi, bahkan perintah itu diawali perintah untuk bertaqwa. Menunjukkan bahwa itu adalah bentuk takwa kita kepada Allah, yaitu berlaku adil kepada anak-anak kita.
  • Fadhilah Doa Terkait dengan Kelahiran Anak
    Muslimah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 06:02 WIB
    Dalam islam, saat bayi lahir tentu membutuhkan penanganan secara tepat karena bisa saja hal itu mempengaruhi kelak besarnya si bayi. Di antara yang menjadi syariat dalam Islam adalah mendoakan bayi bahkan sebelum masa kelahirannya tiba.
  • Menanamkan Jiwa Kreatif Anak Sesuai Syariat
    Muslimah
    Senin, 07 Desember 2020 - 14:37 WIB
    Di tengah tantangan zaman dan perkembangan ilmu pengentahuan serta teknologi yang sangat pesat hari ini, maka generasi yang kreatif sangat dibutuhkan
  • Inilah Doa-doa Agar Diberi Keturunan yang Saleh
    Muslimah
    Minggu, 06 Desember 2020 - 05:46 WIB
    Mengapa setiap orang tua ingin memiliki keturunan dan anak-anak yang saleh? Sebagai umat Islam, kita menyakini bahwa anak yang saleh memiliki implikasi di akhirat
  • Memberi Nama Anak yang Disukai Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 10:36 WIB
    Dalam Islam, memberi nama anak yang bagus dan baik sangat dianjurkan. Karena dalam nama biasanya mengandung doa dan harapan. Untuk itulah, setiap orangtua berusaha memberikan nama terbaik bagi sang buah hati.
  • Istri yang Tak Menikah Lagi untuk Merawat Anak, Mendapat Keutamaan di Akhirat
    Muslimah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 08:25 WIB
    Seorang perempuan yang ditinggal wafat suaminya, kemudian memilih single parent untuk merawat anak-anaknya, ternyata memiliki keutamaan yang besar di akherat kelak
  • Seuntai Kalung Cantik Rasulullah untuk Umamah binti Abu Al Ash
    Muslimah
    Senin, 16 November 2020 - 15:25 WIB
    Umamah dikenal sebagai muslimah yang cerdas, lembut, dan keibuan. Kematangan pribadi itu tak terlepas dari asuhan langsung sang manusia mulia kakeknya, Muhammad.
  • Nasihat untuk Orangtua: Jangan Rusak Anakmu dengan Ucapanmu
    Tausyiah
    Sabtu, 14 November 2020 - 09:15 WIB
    Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al-Habib Quraisy Baharun menyampaikan nasihat kepada para orangtua agar berlaku dan berutur kata baik terhadap anak.
  • Anak Mulai Berbohong? Awas Sinyal Bahaya!
    Muslimah
    Senin, 09 November 2020 - 11:30 WIB
    Sekali atau dua kali anak berbohong, sesuatu yang mungkin masih bisa diberi toleransi atau masih bisa dimaklumi. Tapi kalau terus-menerus dan menjadi satu kebiasaan baginya, ini merupakan satu sinyal bahaya.
  • Mendidik dan  Mengajarkan Anak Karakter Ikhlas
    Muslimah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 12:30 WIB
    Mendidik karakter ikhlas kepada anak juga butuh kesungguhan, latihan, dan difahamkan terus menerus agar anak ikhlas dalam menuntut ilmu dan juga ikhlas dalam beribadah.
  • Inilah Hukum Menamai Anak dengan Nama-nama Malaikat
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 16:43 WIB
    Nama biasanya dikaitkan dengan doa-doa orang tuanya. Salah satunya keinginan memberikan nama anak yang baru lahir dengan nama-nama malaikat. Namun bagaimana hukumnya menurut pandangan syariat?
  • Batasan-batasan Aurat Orang Tua dan Anak
    Muslimah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 14:53 WIB
    Dalam Islam, ada batasan-batasan aurat yang boleh dan tidak boleh dinampakkan. Batasan aurat orang dewasa di depan mahramnya, sesama jenisnya, dan anak kecil yang belum mengerti aurat.
  • Pentingnya Mengajarkan Anak  Menjaga Lisan
    Muslimah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:31 WIB
    Salah satu akhlak yang paling penting adalah menjaga lisan. Bahkan, dapat kita katakan bahwa orang yang ingin mendapatkan dan meraih akhlak mulia ini, salah satu kiatnya adalah dimulai dari menjaga lisan.
  • Mengenal Anak-anak Pemberani di Masa Rasulullah (1)
    Hikmah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 17:45 WIB
    Kisah kepahlawanan Rangga, bocah asal Aceh yang terbunuh membela kehormatan ibunya mengingatkan kita kepada sosok anak-anak pahlawan pemberani di masa Rasulullah.
  • Hadiah Pahala Jariyah dari Anak yang Saleh
    Muslimah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 15:26 WIB
    Memiliki anak saleh bahagianya tak hanya di dunia, namun juga di akhirat. Penyejuk hati saat di dunia dan jalur pahala jariyah yang terus mengalir saat sudah di alam barzakh.