Topik Terkait: Fiqih Dan Muamalah

  • 13 Keburukan Muamalah Sistem Riba
    Muslimah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 12:22 WIB
    Saat ini, banyak perkara yang diremehkan umat Islam padahal diharamkan Allah adalah soal muamalah ribawi. Tentang riba ini banyak Umat Islam yang tidak peduli. Padahal dampak buruk riba ini sungguh mengerikan.
  • Pentingnya Mengerti Fiqih sebagai Panduan Ibadah dan Muamalah
    Tausyiah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 12:18 WIB
    Konsekuensi tidak mengerti fiqih adalah ibadah bisa saja menjadi tidak sah. Karena salah dalam pelaksanannya. Karena itu sangat penting memahami ilmu fiqih bagi generasi muslim
  • Cak Nur: Fiqih Sudah Tumbuh Semenjak Masa Nabi
    Tausyiah
    Minggu, 26 Februari 2023 - 14:33 WIB
    Fiqh adalah yang paling kuat mendominasi pemahaman orang-orang Muslim akan agama mereka sehingga, karenanya, paling banyak membentuk bagian terpenting cara berpikir mereka.
  • Kisah Terbelahnya Orientasi Fiqih di Era Muawiyah
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 14:55 WIB
    Kisah terbelahnya orientasi fiqih menjadi dua kubu, yakni kubu Hijaz (Mekkah dan Madinah) dan Irak terjadi pada masa Khalifah Muawiyah atau Dinasti Umayyah.
  • Bagaimana Hukum Pinjol Berdasarkan Kajian Fiqih? Ini Penjelasan MUI
    Dunia Islam
    Selasa, 14 September 2021 - 16:24 WIB
    Dilansir dari laman mui.or.id, dalam kajian fikih muamalah kontemporer pinjam uang dengan cara online hukumnya boleh dengan memperhatikan beberapa hal.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Perbedaan Orang Awam dan Ahli Fiqih Ketika Memaknai Hadis Nabi
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 15:29 WIB
    Perbedaan orang awam dan ahli fiqih ketika memaknai Hadis Nabi menarik untuk dikaji. Banyak orang membaca Hadis tetapi tak memahami makna dan pesan Hadis tersebut.
  • 3 Hal yang Dapat Mengeluarkan Perempuan dari Batas Tabarruj
    Muslimah
    Selasa, 27 September 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Muhammad Yusuf Qardhawi mengatakan 3 hal yang dapat mengeluarkan perempuan dari batas tabarruj atau kesopanan Islam. Pertama adalah Ghadh-dhul Bashar.
  • Jika Suami atau Istri Meninggal, Apakah Mertua Menjadi Mantan?
    Tausyiah
    Rabu, 16 September 2020 - 16:19 WIB
    Kali ini kita membahas fiqih muamalah seputar persoalan keluarga. Jika suami atau istri berpisah karena salah satu meninggal, apakah ayah/ibu mertua kembali menjadi non mahram?
  • Menghormati dan Memuliakan Tetangga
    Muslimah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 13:07 WIB
    Berbuat baik kepada tetangga termasuk perkara yang mulai hilang atau pudar di kalangan kaum muslimin. Bahkan kita jumpai di sebagian kota, seseorang tidak mengenal tetangganya sama sekali. Masing-masing sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri.
  • Perempuan Boleh Nyatakan Cinta Terlebih Dahulu
    Hikmah
    Senin, 29 Agustus 2022 - 17:57 WIB
    Al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa seorang wanita yang ingin kawin dengan laki-laki yang lebih tinggi kedudukannya daripadanya tidaklah aib sama sekali.
  • Perlunya Muslimah Belajar Ilmu Fiqih, Ini Alasannya!
    Muslimah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 11:10 WIB
    Dalam Islam, kaum muslimah memiliki kemuliaan dan keistimewaan tersendiri. Karena keistimewaannya ini, maka ada sebuah cabang ilmu Islam yang mempelajari tentang fiqih perempuan , yang menjelaskan mengenai hukum dan aturan dunia wanita.
  • Wayang dalam Konteks Fiqih, Benarkah Haram?
    Tausyiah
    Minggu, 06 Maret 2022 - 18:31 WIB
    Yang banyak melahirkan pertanyaan adalah bagaimana ceritanya wayang di masa lalu sampai bisa dijadikan sarana dakwah? Berikut penjelasan wayang dari konteks Fiqih.
  • 10 Keutamaan Sholat Fajar Menurut Fiqih
    Tips
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 05:54 WIB
    Ada 10 keutamaan sholat fajar menurut fiqih. Sholat fajar sendiri merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan setelah terbit fajar, berarti masuknya waktu subuh yang ditandai dengan adzan subuh.
  • Syekh Abdul Qadir Jilani, Sosok Ulama yang Toleran dalam Perbedaan Fiqih
    Hikmah
    Minggu, 06 Juni 2021 - 07:44 WIB
    Tak hanya menguasai ilmu tasawuf, Syekh Abdul Qadir Al-Jilani (470-561 H) adalah sosok ulama besar yang sangat toleran dalam perbedaan ilmu fiqih.
  • Ali bin Abu Thalib, Ahli Fiqih Kebanggaan Rasulullah yang Tak Tertandingi
    Hikmah
    Jum'at, 23 April 2021 - 05:00 WIB
    Penguasaan, penafsiran dan penerapan hukum Islam oleh Ali dilakukan secara tepat dan diakui Rasulullah SAW. Hal itu dibuktikan dengan diangkatnya Ali bin Abu Thalib sebagai qadhi di Yaman.
  • Kisah Gus Baha Menemukan 200 Hukum Fiqih Tersembunyi dalam Al-Quran
    Dunia Islam
    Selasa, 15 November 2022 - 15:08 WIB
    Ada sebuah kisah Gus Baha menemukan 200 hukum fiqih tersembunyi dalam Al-Quran yang disampaikan oleh beberapa habaib. Para habib tersebut mengakui Gus Baha sebagai ulama yang sangat paham fiqih atau ahli fiqih
  • Begini Isi Lengkap Fiqih Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19 Menurut NU
    Tausiyah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 17:58 WIB
    Kedudukan dan perlakuan jenazah korban virus corona sama dengan jenazah muslim pada umumnya, yaitu wajib dimandikan, dikafani, dishalati, dan dimakamkan.
  • Sunnah Bersiwak, Waktu dan Keutamaannya
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 11:10 WIB
    Islam memosisikan bersih dan sehat sebagai bagian dari kesalehan individual dan bentuk keimanan. Dan tentang menjaga kebersihan dan kesehatan diri ini banyak dicontohkan oleh aktivitas Rasulullah dalam kesehariannya.
  • Inilah Sebab-sebab Perbedaan Ulama Fiqih (3)
    Tausiyah
    Jum'at, 20 Desember 2019 - 18:15 WIB
    Apa sih penyebab adanya perbedaan ulama ahli fiqih ini. Sebelumnya telah dijelaskan tiga sebabnya, berikut lanjutannya.
  • Hukum Ahli Waris dan Wali Mendonorkan Organ Tubuh Mayat
    Tausyiah
    Senin, 17 Januari 2022 - 08:38 WIB
    Seseorang sebelum meninggal boleh berwasiat untuk mendonorkan sebagian organ tubuhnya. Hanya saja, jika ia (si mayat) tidak berwasiat sebelumnya, bolehkah bagi ahli waris mendonorkan sebagian organ tubuhnya?