Topik Terkait: Penegak Hukum

  • Peringatan Rasulullah SAW untuk Pemimpin dan Aparat Penegak Hukum
    Tausyiah
    Jum'at, 09 September 2022 - 22:37 WIB
    Islam adalah agama yang menekankan keadilan agar tercipta kemaslahatan umat. Berikut peringatan Rasulullah SAW untuk para pemimpin dan penegak hukum.
  • Polisi di Masa Khulafa Ar-Rasyidin Pernah Mengukir Kenangan Indah
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 16:51 WIB
    Polisi dalam Islam disebut Syurthah, pernah mengukir kenangan indah pada masa Khulafa Ar-Rasyidin. Mereka menjadi pilar penting dalam penegakan syariat.
  • Berlaku Adillah! Ini Pesan Rasulullah SAW kepada Penegak Hukum
    Tausyiah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 17:28 WIB
    Islam sangat memuliakan aturan (syariat) agar tercipta keadilan (Al-Adl) dan kemaslahatan umat. Berikut nasihat Rasululah shallallahu alaihi wasallam kepada para penegak hukum.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Bagaimana Hukum Puasa Disuntik Vaksin?
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:31 WIB
    Vaksin Booster disebut menjadi syarat untuk mudik Lebaran 2022. Lalu, bagaimana hukumnya puasa disuntik vaksin? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Hukum Kurban Tapi Belum Aqiqah, Manakah yang Didahulukan?
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:20 WIB
    Bagaimana hukum kurban tapi belum melaksanakan aqiqah, manakah yang harus didahulukan menurut syariat? Pertanyaan semacam ini, masih banyak terjadi di masyarakat.
  • Hukum Mencabut dan Mewarnai Uban, Haram Atau Makruh?
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 15:12 WIB
    Hukum mencabut dan mewarnai uban telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sejak 14 abad lalu. Berikut penjelasan rinci dari berbagai Hadis Nabi.
  • Hukum Menggambar Sesuatu yang Menunjukkan Syiar Agama Lain
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 11:48 WIB
    Bagaimana hukum menggambar salib? Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan setiap gambar yang berbentuk salib itu diharamkan, dan wajib bagi seorang muslim menghilangkannya.
  • Hukum KB dalam Sudut Pandang Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 11:42 WIB
    Hukum KB (keluarga berencana) dalam sudut pandang Islam sangat perlu diketahui pasangan keluarga muslim. Apalagi, pasangan yang baru menikah dan memiliki rencana untuk mempunyai buah hati
  • Hukum Bersedekah Menggunakan Uang Judi
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:58 WIB
    Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat mulia, bahkan sangat berpahala. Untuk mengamalkanya, harus dilakukan dengan cara yang baik dan mulia pula.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Islam Bukan Sekadar Hukum Belaka
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 13:32 WIB
    Ayat-ayat hukum tasyri tidak sampai sepersepuluh dari Al Quran, itu pun dikumpulkan dengan ayat-ayat tentang aqidah dan hati yang disertai juga dengan janji dan ancaman berkaitan erat dengan seluruh arahan-arahan Al Quran.
  • Hukum Menjadikan Lukisan sebagai Kemewahan Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan menjadikan lukisan atau gambar sebagai sarana kemewahan, adalah terlarang dalam Islam. Hal ini sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW di rumahnya.
  • KH Ali Yafie: Hukum dalam Al-Quran Merupakan Bagian Integral dari Akidah
    Tausyiah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 17:02 WIB
    KH Ali Yafie menyatakan hukum yang diperkenalkan al-Quran bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, tapi merupakan bagian integral dari akidah. Begini penjelasannya.
  • Hukum Menikah dengan Saudara Tiri Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 16:08 WIB
    Bagaimana hukum menikah dengan saudara tiri dalam Islam? Bolehkah dilakukan? Bagaimana pula kaitannya dengan mahram? Beberapa pertanyaan soal pernikahan ini umum terjadi dalam masyarakat kita.
  • Hukum Mencukur Alis Menurut Islam
    Muslimah
    Senin, 28 Juni 2021 - 18:40 WIB
    Hukum mencukur alis menurut Islam adalah haram, baik sebagian atau secara keseluruhan. Fikih Islam mengistilahkan perbuatan tersebut dengan namsh. Arti kata namsh sendiri berarti mencabut atau mencukur bulu alis.
  • Hukum Menyerobot Tanah Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:33 WIB
    PT Berau Coal melalui mitranya PT Kaltim Diamond Coal (KDC) diduga melakukan penyerobotan tanah milik Universitas Muhammadiyah Berau. Bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Mengenal Ijma sebagai Sumber Hukum Islam Ketiga
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 00:19 WIB
    Ijma merupakan salah satu sumber hukum Islam yang disepakati para ulama apabila tidak dijumpai dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Menonton Anime Jepang dari Syaikh Assim Al-Hakeem
    Tausyiah
    Senin, 15 Mei 2023 - 20:37 WIB
    Ulama Arab Saudi Syaikh Assim Al Hakeem mengemukakan pendapatnya tentang hukum menonton anime Jepang seperti Naruto maupun kartun barat. Ini penjelasannya.
  • Hukum Sholat Idul Fitri Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 02 Mei 2022 - 00:30 WIB
    Sholat Idul Fitri adalah salat yang dikerjakan setiap tanggal 1 Syawal setelah umat muslim menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Begini hukum sholat Idul Fitri menurut 4 mazhab.
  • Hukum Bacaan Idgham Mutajanisain: Huruf, Contoh Bacaan, dan Cara Bacanya
    Tips
    Senin, 02 Oktober 2023 - 16:41 WIB
    Sebelum membahas hukum bacaan idgham mutajanisain (huruf, contoh bacaan, dan tara bacanya), terlebih dahulu kita apa yang dimaksud dengan idgham mutajanisain.