Topik Terkait: Aparat Penegak Hukum

  • Peringatan Rasulullah SAW untuk Pemimpin dan Aparat Penegak Hukum
    Tausyiah
    Jum'at, 09 September 2022 - 22:37 WIB
    Islam adalah agama yang menekankan keadilan agar tercipta kemaslahatan umat. Berikut peringatan Rasulullah SAW untuk para pemimpin dan penegak hukum.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Polisi di Masa Khulafa Ar-Rasyidin Pernah Mengukir Kenangan Indah
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 16:51 WIB
    Polisi dalam Islam disebut Syurthah, pernah mengukir kenangan indah pada masa Khulafa Ar-Rasyidin. Mereka menjadi pilar penting dalam penegakan syariat.
  • Hukum Menonton Anime Jepang dari Syaikh Assim Al-Hakeem
    Tausyiah
    Senin, 15 Mei 2023 - 20:37 WIB
    Ulama Arab Saudi Syaikh Assim Al Hakeem mengemukakan pendapatnya tentang hukum menonton anime Jepang seperti Naruto maupun kartun barat. Ini penjelasannya.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Manusia Itu Berada di Antara Hukum Allah dan Hukum Jahiliyah
    Tausyiah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 08:08 WIB
    Sesungguhnya tasyri (hukum Allah) itulah yang mentransfer taujiihaat (arahan-arahan) agama dan akhlaq pada undang-undang yang berlaku dan memberikan sanksi apabila ditinggalkan.
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Mad Far’i: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Minggu, 18 Juni 2023 - 15:13 WIB
    Dalam membaca Al-Quran penting untuk mengetahui hukum bacaan mad fari. Sebab dalam membaca Al-Quran tidak boleh sembarangan karena harus benar dan tartil.
  • Hukum Menggambar Sesuatu yang Menunjukkan Syiar Agama Lain
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 11:48 WIB
    Bagaimana hukum menggambar salib? Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan setiap gambar yang berbentuk salib itu diharamkan, dan wajib bagi seorang muslim menghilangkannya.
  • Hukum Cadar Menurut Jumhur Ulama, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 01 November 2022 - 08:11 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Mad Tamkin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:17 WIB
    Mad Tamkin adalah salah satu cabang ilmu tajwid dari bacaan Mad. Cara membaca Mad Tamkin ini wajib dipahami umat muslim supaya tidak keliru saat tilawah Al-Quran.
  • Hukum Tabungan Emas dalam Islam, Bolehkah?
    Tips
    Senin, 12 September 2022 - 22:29 WIB
    Bagaimana hukum tabungan emas dalam Islam, apakah hal ini dibolehkan oleh syariat? Lalu bagaimana cara menabung emas agar terhindar dari praktik riba?
  • Bagaimana Hukum Puasa Disuntik Vaksin?
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:31 WIB
    Vaksin Booster disebut menjadi syarat untuk mudik Lebaran 2022. Lalu, bagaimana hukumnya puasa disuntik vaksin? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Hukum Menonton Konser dalam Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:24 WIB
    Hukum menonton konser menjadi salah satu hukum yang perlu diketahui oleh umat Islam. Sebab dengan mengetahuinya, menjadikan seorang muslim tidak lagi salah mengartikannya.
  • Hukum Berkurban untuk Orang Tua Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 08:15 WIB
    Hukum berkurban untuk orang tua menurut Gus Baha boleh-boleh saja. Ini sama seperti hukum haji bagi orang tua digantikan oleh anaknya. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Pentingnya Suami Istri Memahami Hukum Perceraian dalam Islam
    Muslimah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 10:16 WIB
    Dalam Islam, ppasangan suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah SWT
  • Hukum Memakai Sandal di Pekuburan, Begini Pendapat 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 22:21 WIB
    Setiap menjelang bulan Ramadan, pekuburan selalu ramai dikunjungi umat muslim yang ingin berziarah. Benarkah memakai sandal di pekuburan dilarang dalam syariat?
  • Hukum Bacaan Surat An-Nahl Ayat 1-3 Beserta Cara Membacanya
    Tips
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:37 WIB
    Hukum bacaan Surat An-Nahl ini perlu dipahami setiap muslim supaya tidak keliru ketika membacanya. Surat An-Nahl terdiri 128 ayat (surat ke-16), termasuk golongan surat Makkiyyah.
  • Hukum Ahli Waris dan Wali Mendonorkan Organ Tubuh Mayat
    Tausyiah
    Senin, 17 Januari 2022 - 08:38 WIB
    Seseorang sebelum meninggal boleh berwasiat untuk mendonorkan sebagian organ tubuhnya. Hanya saja, jika ia (si mayat) tidak berwasiat sebelumnya, bolehkah bagi ahli waris mendonorkan sebagian organ tubuhnya?
  • Hukum Foto di Depan Kakbah, Mubah tapi Bisa Jadi Haram
    Tips
    Senin, 08 Januari 2024 - 18:38 WIB
    Bagaimana hukum foto di depan Kakbah? Berswa-foto selfie atau mengambil gambar dengan kamera pada hakikatnya merupakan sesuatu yang hukumnya mubah (boleh).
  • Bagaimana Hukum Memotong Rambut Muslimah?
    Muslimah
    Sabtu, 26 September 2020 - 20:00 WIB
    Rambut dalam Islam adalah kemuliaan dan siapa saja yang dikarunia rambut yang indah oleh Allah SWT, maka ia harus menjaganya. Lantas bagaimana hukumnya, untuk memotong rambut kaum perempuan ini?