Topik Terkait: Wabah Corona

  • Wabah Covid-19, Quraish Shihab: Bukan Siksaan tapi Peringatan
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 10:35 WIB
    Menurut Quraish Shihab, corona ini bukan siksa, tapi peringatan. Peringatan supaya kita menjadi lebih baik, supaya kita menjadi lebih eling, supaya kita lebih banyak menjalin hubungan antarsesama.
  • Pelajaran di Balik Terjadinya Wabah Virus Corona
    Hikmah
    Kamis, 26 Maret 2020 - 05:07 WIB
    Dunia medis menemukan setiap makhluk hidup, memiliki materi genetik yang terdiri kromosom, gen, DNA, dan RNA, yang akan diturunkan melalui proses reproduksi
  • 70.000 Orang Bani Israel Mati Diserang Wabah, Ternyata Ini Penyebabnya
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Juni 2021 - 15:17 WIB
    Pada zaman Nabi Musa pernah terjadi peristiwa matinya 70.000 orang Bani Israel akibat serangan wabah. Musibah ini terkait dengan satu dosa yang dilakukan terang-terangan.
  • Kiamat Makin Dekat: Wabah Covid-19 Belum Ada Tanda-Tanda Surut
    Tausyiah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 15:54 WIB
    Wikipedia mencatat per 20 Februari 2021 wabah virus COVID-19 telah menjangkiti 112 juta orang, dengan 2,47 juta orang meninggal dunia, dan 63 juta sembuh.
  • Gus Mus Bagikan Amalan dan Doa dalam Menghadapi Wabah Corona
    Tausiyah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 13:53 WIB
    Sebagai hamba-hamba beriman, kita tidak boleh melupakan ikhtiar batin, mendekat serta memohon kepada Tuhan kita dan Tuhannya segala virus.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Musibah Corona, Ikatan Pesantren Indonesia Serukan Masyarakat Jangan Terpecah
    Hikmah
    Rabu, 15 April 2020 - 20:36 WIB
    Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) menyerukan agar masyarakat jangan terpecah belah di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 yang tengah melanda Indonesia dan dunia.
  • Black Death, Wabah Itu Akhirnya Merenggut Ibnu al-Wardi
    Hikmah
    Selasa, 14 April 2020 - 07:38 WIB
    Ibnu al-Wardi mencatat secara detail peristiwa bencana wabah Thoun. Namun ia akhirnya tertular. Hanya dalam waktu dua hari, ia dikirim ke alam baqa.
  • Wabah Covid-19: Begini Tips Ibnu Sina Menghadapi Krisis Kesehatan
    Hikmah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 14:22 WIB
    Di tengah ancaman pandemi virus Corona yang mematikan, perlu kiranya kita membaca tips yang ditawarkan Ibnu Sina ketika krisis kesehatan tengah melanda seperti saat ini.
  • Tips Menghidupkan Ramadhan di Masa Wabah
    Tips
    Selasa, 21 April 2020 - 22:18 WIB
    Banyak dalil dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi menjelaskan keagungan Ramadhan. Pertanyaannya, bagaimana cara agar bisa menghidupkan Ramadhan di tengah ujian wabah saat ini?
  • Abu Bakar, Amir, dan Bilal Sempat Dikarantina  karena Terkena Wabah
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 13:10 WIB
    Pada masa kenabian, wabah juga sempat menyerang kaum muhajirin di Madinah. Pendatang dari Makkah itu terjangkit wabah saat memasuki Kota Yatsrib.
  • Gus Baha Bicara Tentang Wabah Covid-19, Berikut Pesannya
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Juli 2021 - 20:56 WIB
    Rais Syuriyah PBNU Gus Baha menyampaikan pandangannya terkait wabah Covid-19. Kata beliau, kita bisa menghitung angka Covid-19, tetapi tak bisa menghitung nikmat Allah.
  • Nama Islami dan Fenomena Corona
    Hikmah
    Senin, 06 April 2020 - 20:11 WIB
    Belakangan ini beredar foto bayi yang baru lahir pada&nbsp 28 Maret 2020 di media sosial atau medsos. Nama itu lucu: Vairus Abdul Corona. Bagaimana Islam mengatur pemberian nama?
  • Ustaz Adi Hidayat Sebut 3 Penyebab Utama Terjadinya Wabah
    Tausyiah
    Sabtu, 26 September 2020 - 10:48 WIB
    Selain menceritakan hasil risetnya terkait temuan herbal Covid-19 yang bersumber dari Hadis Nabi, Ustaz Adi Hidayat (UAH) mengungkap penyebab terjadinya musibah wabah.
  • 5 Musibah Wabah Paling Besar dalam Sejarah Islam
    Hikmah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 23:01 WIB
    Ada lima peristiwa wabah Thoun (sejenis penyakit mematikan) yang masyhur dan paling besar dalam sejarah peradaban Islam. Berikut ulasan peristiwanya.
  • Musibah Wabah Seharusnya Membuat Kita Dekat kepada Allah
    Tausyiah
    Senin, 13 April 2020 - 20:06 WIB
    Wabah Covid-19 (Corona) memberi banyak hikmah dan pelajaran berharga kepada manusia. Salah satunya mengajarkan betapa manusia itu sangat lemah.
  • Wabah Penyakit Muncul Setiap 100 Tahun Sekali?
    Hikmah
    Selasa, 17 Maret 2020 - 20:25 WIB
    Jika kita lihat kronologis sejarah munculnya wabah penyakit mematikan dan menelan jumlah korban ratusan ribu orang ini ternyata terjadi setiap 100 tahun di dunia.
  • Bisakah Tidak Puasa Karena  Wabah Corona Diganti dengan Fidyah?
    Tausyiah
    Sabtu, 18 April 2020 - 18:10 WIB
    Gus Miftah mengaku tak habis pikir dengan usul fatwa mengganti puasa dengan fidyah di tengah wabah virus corona. Banyak orang kesulitan ekonomi, bayar dari mana? tanyanya.
  • Doa Memohon Perlindungan dari Wabah agar Pandemi Segera Pergi
    Tips
    Kamis, 24 Juni 2021 - 08:56 WIB
    Doa memohon perlindungan dari wabah atau berbagai ragam penyakit ini, harus terus kita amalkan. Karena doa ini merupakan ikhtiar kita di saat menghadapi pandemi Corona yang terus mengkhawatirkan.
  • 10 Ulama dan Dai Sikapi Wabah Corona, Ini Pesannya
    Hikmah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Beragam pendapat dan pandangan mencuat ke publik menanggapi wabah virus Corona (Covid-19) ini. Tidak terkecuali para ulama dan dai ikut menyampaikan pandangannya.
  • Mutiara Wasiat Abu Ubaidah Jelang Kematiannya karena Wabah Thaun
    Tausyiah
    Sabtu, 12 Juni 2021 - 20:23 WIB
    Abu Ubaidah adalah salah seorang pembesar sahabat yang memiliki kedudukan penting di sisi Rasulullah SAW, salah seorang dari sepuluh orang yang dijamin masuk surga.