Topik Terkait: Qadha Dan Qadar

  • Mengimani Qadha dan Qadar, Mengenal 5 Jenis Takdir Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Salah satu dari rukun iman adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qadha dan qadharnya. Lalu bagaimana dengan takdir? Adakah perbedaannya?
  • Hukum Rida Terhadap Qadar Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:38 WIB
    Syaikh Al-Utsaimin mengatakan rida pada qadar hukumnya wajib, karena hal itu termasuk kesempurnaan rida akan rububiyah Allah. Maka setiap mukmin harus rida pada qadha Allah, ujarnya.
  • Niat Puasa Qadha Lengkap Dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 18:38 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadhan.
  • Lailatul Qadar, Jibril dan Para Malaikat Turun Mengatur Segala Urusan
    Hikmah
    Rabu, 20 April 2022 - 22:39 WIB
    Salah satu yang membuat Lailatul Qadar sangat istimewa adalah turunnya Jibril dan para Malaikat untuk mengatur segala urusan. Berikut penjelasannya.
  • Amalan Zikir agar Dapat Malam Lailatul Qadar
    Tips
    Kamis, 28 Maret 2024 - 12:30 WIB
    Ada amalan zikir yang diganjar pahala Lailatul Qadar bagi yang mengamalkannya meskipun bukan waktu Lailatul Qadar. Zikir apakah itu, dan bagaimana dalilnya?
  • Hikmah Dijadikannya Lailatul Qadar sebagai Misteri
    Tausyiah
    Kamis, 28 April 2022 - 21:46 WIB
    Para ulama berbeda pendapat tentang penentuan malam Lailatul Qadar. Kitab Fathul Bari menyebut jika dihimpun ada 40 pendapat tentang malam yang sangat mulia ini.
  • Risiko Berat Hukum Berucap Biar Satu Kata Seandainya
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Februari 2021 - 21:27 WIB
    Lain halnya jika perkataan lau tersebut merupakan ungkapan penyesalan sebagai bagian dari usaha untuk introspeksi atau mengambil hikmah dari suatu peristiwa dan tidak mengingkari takdir Allah.
  • Apa Arti Malam Al-Qadar dan Mengapa Dinamai Demikian? Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 12:51 WIB
    Kata qadr yang berarti mulia ditemukan dalam ayat ke-91 surah Al-Anam yang berbicara tentang kaum musyrik: Ma qadaru Allaha haqqa qadrihi idz qalu ma anzala Allahu ala basyarin min syayi
  • Yuk, Ajak Anak-anak untuk Menghidupkan Lailatul Qadar!
    Muslimah
    Senin, 03 Mei 2021 - 15:22 WIB
    Karena istimewanya, setiap orang tua hendaknya tidak melupakan untuk mengajak anak-anaknya menghidupkan Lailatul Qadar dengan beribadah, taqarrub ilallah. Sebab ibadah adalah manifestasi dari garizah tadayyun (naluri beragama).
  • Hukum bagi yang Belum Membayar Qadha Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Senin, 29 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Bulan suci Ramadan akan segera tiba, dan semua umat Islam wajib melaksanakan puasa Ramadan tersebut. Lantas bagaimana yang masih belum membayar qadha puasa Ramadan sebelumnya dan apa hukumnya?
  • 8 Tanda Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar
    Tausyiah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 03:20 WIB
    Meski berada di pengujung Ramadhan, umat muslim masih punya kesempatan untuk mendapatkan Lailatul Qadar. Berikut tanda-tanda orang yang mendapatkan Lailatul Qadar.
  • Berikut Ini 3 Kelompok Orang dalam Memandang Masalah Qadar
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:02 WIB
    Syaikh Al-Utsaimin mengatakan masalah Qadar menjadi pusat perdebatan di kalangan umat manusia sejak zaman dahulu. Dalam hal ini, mereka dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok.
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Kapan Malam Lailatul Qadar Itu? Begini Petunjuk Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 28 Maret 2024 - 10:15 WIB
    Ada satu malam yang sangat diberkahi di bulan Ramadan, yaitu Lailatul Qadar (???????? ?????????). Kapan malam itu terjadi? Namun, Nabi Muhammad SAW berpesan agar umat Islam mencari malam itu di sepuluh malam terakhir Ramadan.
  • Ada yang Berpendapat Lailatul Qadar Takkan Turun Lagi, Ini Dalilnya
    Tausyiah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 14:28 WIB
    Apakah Lailatul Qadar turun setiap tahun atau hanya sekali, yakni ketika turunnya Al-Quran lima belas abad yang lalu? Ada ulama yang berpendapat bahwa lailatul qadar takkan turun lagi di era kini.
  • Memetik Berkah Lailatul Qadar di Pengujung Ramadan
    Dunia Islam
    Sabtu, 06 April 2024 - 11:39 WIB
    Menjelang akhir bulan Ramadan 1445 Hijriah, keberkahan lailatul qadar semakin terasa memberikan makna mendalam bagi kehidupan masyarakat Indonesia yang toleran.
  • Sekadar Ikut Begadang untuk Menemui Lailatul Qadar, Bisakah?
    Tausyiah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 13:01 WIB
    Namun, dugaan itu, menurut Quraish, keliru, karena itu dapat berarti bahwa yang memperoleh keistimewaan adalah yang terjaga baik untuk menyambutnya maupun tidak.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Sunnah Syawal
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • Apakah Doa Bisa Mengubah Ketentuan? Begini Jawaban Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Apakah doa berpengaruh mengubah apa yang telah tertulis untuk manusia sebelum kejadian? Syaikh Al-Utsaimin mengatakan tidak diragukan lagi bahwa doa berpengaruh dalam mengubah apa yang telah tertulis.
  • 4 Orang Ini Tidak Akan Mendapatkan Lailatul Qadar, Siapa Saja?
    Tausyiah
    Senin, 03 Mei 2021 - 15:05 WIB
    Salah satu keistimewaan Ramadhan adalah adanya satu malam mulia yang disebut Lailatul Qadar. Namun, ada 4 golongan orang yang tidak akan mendapatkan Lailatul Qadar.