Topik Terkait: Baitul Mal Muammalat

  • Kisah Israel Menjadikan Baitul Maqdis Milik Yahudi, Bermula dari Tembok Ratapan
    Dunia Islam
    Rabu, 01 November 2023 - 08:40 WIB
    Nasib Baitul Maqdis Masjid al Aqsha kini kian mengenaskan dan sangat menyakitkan. Provokasi mobilisasi Yahudi oleh Israel tampak jelas dan terang-terangan ke arah ini sejak tahun 1920-an.
  • Nabi Joshua, Pengganti Nabi Musa yang Merebut Baitul Maqdis
    Hikmah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 15:14 WIB
    Nabi Yusya AS atau Joshua adalah nabi yang ditunjuk langsung Nabi Musa sebagai penggantinya. Dialah yang membawa Bani Israil memasuki Baitul Maqdis.
  • Kisah 12 Kabilah Pasukan Bani Israil di Bawah Nabi Musa saat Bebaskan Baitul Maqdis
    Hikmah
    Senin, 05 September 2022 - 11:25 WIB
    Kisah 12 kabilah Bani Israil di bawah pimpinan Nabi Musa as dalam membebaskan Baitul Maqdis, tanah yang dijanjikan disampai dalam Al-Quran surat al-Maidah ayat 12.
  • Peristiwa Bulan Rajab: Shalahuddin Sukses Membebaskan Baitul Maqdis
    Hikmah
    Selasa, 02 Januari 2024 - 09:44 WIB
    Salah satu peristiwa penting di bulan Rajab adalah Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi berhasil membebaskan Baitul Maqdis, Palestina. Peristiwa ini terjadi tepat pada tanggal 27 Rajab 583 H.
  • Berpindahnya Kiblat Salat dari Baitul Maqdis ke Kakbah, Kaum Yahudi Kesal
    Hikmah
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 09:40 WIB
    Banyak peristiwa penting di bulan Rajab. Salah satunya adalah berpindahnya arah kiblat salat dari Baitul Maqdis ke Kakbah di Masjidil Haram. Inilah yang membuat Yahudi kesal.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Umar Bin Khattab dan Shalahudin Al Ayubi, Pahlawan Pembebas Baitul Maqdis, Siapa Berikutnnya?
    Dunia Islam
    Sabtu, 11 November 2023 - 09:43 WIB
    Dalam sejarah ada dua tokoh besar Islam yang telah membebaskan Baitul Maqdis atau Al Haram Asy-Syarif (Tanah Suci yang Mulia). Lantas siapa pahlawan pembebas Al Maqdis berikutnya?
  • Cara Menghitung Zakat Mal dan Penghasilan yang Benar
    Tips
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 15:58 WIB
    Cara menghitung zakat mal yang benar perlu diketahui oleh kaum muslimin. Mengeluarkan zakat mal (harta) adalah salah satu perintah syariat yang wajib ditunaikan.
  • Peristiwa di Bulan Rajab: Kiblat Sholat Berputar 180 Derajat sebagai Ujian Iman
    Hikmah
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 11:16 WIB
    Peristiwa penting di bulan Rajab salah satunya adalah berpindahnya arah kiblat sholat dari Baitul Maqdis ke Kakbah di Masjidil Haram. Perubahan kiblat yang 18 derajat ini menjadi ujian iman.
  • Pengertian Kalkulator Zakat Penghasilan dan Cara Menghitungnya
    Tips
    Rabu, 18 Januari 2023 - 14:23 WIB
    Kalkulator zakat penghasilan merupakan layanan yang disediakan oleh Badan Amil Zakat Nasional untuk menghitung jumlah zakat yang harus dikeluarkan oleh umat Islam.
  • Bamusi Gelar Kegiatan Ramadhan: Dari Berbagi Takjil  hingga Santuni Anak Yatim
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 12:45 WIB
    Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (PP Bamusi) menggelar berbagai kegiatan selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah.
  • Sejarah Salat, Awalnya 17 Bulan Menghadap ke Baitul Maqdis Palestina
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 08:23 WIB
    Menukil riwayat Imam Ahmad melalui jalur Muadz bin Jabal menceritakan pensyariatan salat, awalnya Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah dan beliau salat selama 17 bulan menghadap arah Baitul Maqdis
  • Puasa Asyura dan Sholat Menghadap Baitul Maqdis untuk Tarik Simpati Kaum Yahudi?
    Hikmah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 16:46 WIB
    Kalangan orientalis menganggap Rasulullah SAW mengadaptasi ritual-ritual Yahudi untuk kaum sebagai upaya merekrut orang-orang Yahudi agar masuk Islam.
  • Tanah Suci Milik Siapa? Begini Analisis Tharick Chehab
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Januari 2023 - 16:43 WIB
    Ada 3 pertanyaan penting soal ini. (1). Kepada siapa perjanjian itu diberikan? (2). Daerah mana sebenarnya yang dijanjikan itu? (3). Apakah janji itu tak dapat dibatalkan dan tanpa syarat?
  • Nebukadnezar: Pembunuh dan Perusak Masjid Al-Aqsa, 7 Tahun Merasa sebagai Sapi
    Dunia Islam
    Kamis, 09 Desember 2021 - 16:15 WIB
    Nebukadnezar adalah pembantai puluhan ribu orang dan juga perusak masjid al-Aqsa. Di sisi lain selama 7 tahun ia menderita gangguan mental. Ia merasa dirinya adalah sapi.
  • Kisah Nabi Musa Pimpin 571.656 Orang Pasukan Bani Israil Bebaskan Baitul Maqdis
    Hikmah
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 15:18 WIB
    Kisah Nabi Musa as memimpin 12 kabilah terdiri 571.656 orang pasukan Bani Israil membebaskan Baitul Maqdis disebut dalam Al-Quran surat al-Maidah ayat 12
  • Masjid Al Aqsha Bukan Sekadar Kiblat Pertama Umat Islam
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 11:01 WIB
    Masjid al Aqsha merupakan kiblat pertama kaum muslimin dalam salat mereka. Selain itu, al Aqsha dianggap sebagai masjid ketiga baik status maupun kedudukanya setelah Masjidilharam dan Masjid Nabawi.
  • Pesantren Baitul Muqoddas Tangerang Siapkan Generasi Qurani Produktif
    Santri
    Rabu, 26 Januari 2022 - 15:57 WIB
    Pesantren jadi salah satu alternatif pendidikan yang tepat bagi anak, karena tak hanya mendapatkan pendidikan secara umum, tapi juga mendapatkan ilmu agama.
  • Hari Pembebasan Al-Quds, Shalahuddin Al-Ayyubi Menyiapkan Pasukannya Lebih Dari 20 Tahun
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 15:46 WIB
    Kembalinya Al-Quds (Yerusalem) ke pangkuan muslim pada 2 Oktober 1187 M menjadi momen spesial bagi Adara Relief International (Adara) menggelar online talkshow.
  • Kisah Nabi Joshua Merebut Baitul Maqdis, Matahari Sempat Berhenti Beredar
    Hikmah
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 15:47 WIB
    Tatkala Nabi Yusya menembus Benteng Yerikho, matahari sempat dibuat berhenti beredar oleh Allah SWT. Hari itu, yakni hari Jumat, berlangsung lebih lama dari yang semestinya.
  • Masjid Kubah Emas Sering Dikira Masjid Al-Aqsha
    Dunia Islam
    Senin, 17 Mei 2021 - 08:48 WIB
    Saat ini ini semua mata tertuju ke Masjid Al-Aqsha menyusul meningkatnya agresi Israel ke Palestina. Banyak yang mengira Masjid berkubah emas itu adalah Masjidil Al-Aqsha.