Topik Terkait: Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

  • Parenting Islami : Mengajarkan Sikap Optimisme pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 15:00 WIB
    Mengajarkan sikap optimisme kepada anak-anak sejak dini, penting dilakukan. Dalam Islam, optimisme tersebut dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla.
  • 2 Kegembiraan Orang Berpuasa, Salah Satunya Ketika Berbuka
    Tausyiah
    Senin, 27 Maret 2023 - 18:17 WIB
    Kedudukan orang yang berpuasa sangat mulia di sisi Allah. Selain mendapat ganjaran langsung dari Allah, orang yang berpuasa mendapat dua kegembiraan.
  • Mengajarkan Pintu-pintu Kebaikan pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 11:26 WIB
    Sangat banyak pintu-pintu kebaikan yang bisa kita buka untuk anak-anak. Kita buat mereka gemar melakukannya sedari kecil. Apa saja pintu-pintu kebaikan itu?
  • Mengenalkan Halal Haram pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Selasa, 02 Mei 2023 - 13:40 WIB
    Anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya. Hatinya bersih laksana mutiara. Jika orang tuanya mengajarkan kebaikan, anak akan mengikuti. Pun, sebaliknya ia akan mencontohnya juga.
  • Parenting Islami : Mengajarkan Anak Bermain Sesuai Fitrahnya
    Muslimah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 10:48 WIB
    Salah satu ikhtiar dalam mendidik anak adalah memenuhi kebutuhan dasarnya, yakni bermain. Namun, hal tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh para orang tua zaman sekarang.
  • Menanamkan dan Membangun Sikap Optimisme pada Anak Menurut Islam
    Muslimah
    Senin, 29 April 2024 - 08:48 WIB
    Dalam Islam, optimisme tersebut dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakal kepada Allah Azza wa Jalla.
  • Pentingnya Mengajarkan Anak Laki-Laki untuk Memuliakan Perempuan Sejak Dini
    Muslimah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 17:35 WIB
    Mendidik anak lelaki yang ber- adab mulia pada kaum perempuan menjadi amat penting dan hendaknya dilakukan sejak usia ini.
  • Mengajarkan Anak tentang Agama di Rumah, Ini Panduannya
    Muslimah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 13:12 WIB
    Dalam Islam, anak adalah amanah. Maka amanah dari Allah ini harus dijaga sebaik-baiknya seperti yang dikehendaki Allah Taala. Orang tua harus berusaha mendidik anaknya menjadi anak yang saleh sejak dini.
  • Mendidik dan  Mengajarkan Anak Karakter Ikhlas
    Muslimah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 12:30 WIB
    Mendidik karakter ikhlas kepada anak juga butuh kesungguhan, latihan, dan difahamkan terus menerus agar anak ikhlas dalam menuntut ilmu dan juga ikhlas dalam beribadah.
  • Diwajibkan Atas Kamu Berpuasa, Siapa yang Mewajibkan?
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:24 WIB
    Redaksi diwajibkan atas kamu puasa, boleh jadi ini mengisyaratkan bahwa seandainya pun bukan Allah yang mewajibkan puasa, maka manusia akan mewajibkannya atas dirinya sendiri.
  • Hukum Berpuasa Setelah Tanggal 15 Syaban, Bolehkah?
    Tips
    Kamis, 01 April 2021 - 15:24 WIB
    Pertanyaan ini sering ditanyakan dalam berbagai kajian. Ada hadis riwayat Imam At-Tirmidzi yang menjelaskan bahwa ketika tersisa separuh bulan Syaban (setelah 15 Syaban), janganlah berpuasa.
  • Kelompok yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadan, Siapakah Mereka?
    Hikmah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 14:30 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala memberi kemudahan dan tidak menginginkan kesulitan bagi hamba-Nya yang memang disyaratkan tidak bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan tersebut. Siapa saja mereka? Apa dalilnya?
  • Pentingnya Mengajarkan Adab Makan Kepada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 13:10 WIB
    Adab makan ini perlu diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Sebenarnya adab makan ini bukan hanya perlu bagi anak, kita orang dewasa juga perlu memperhatikan adab ini.
  • 5 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadan Sejak Dini
    Muslimah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 11:17 WIB
    Si kecil ingin belajar puasa Ramadan? Orang tua wajib mendukung dan melatihnya, apalagi bagi anak kecil yang belum mukallaf (baligh) untuk turut beribadah puasa wajib di bulan suci tersebut.
  • Mengajak Anak Berlatih  dan Belajar Puasa
    Tips
    Sabtu, 17 April 2021 - 08:00 WIB
    Melatih anak kecil yang belum mukallaf (belum baligh) untuk turut beribadah bersama kaum muslimin, merupakan sebuah keteledanan yang harus kita lakukan. Salah satu ibadah tersebut adalah puasa.
  • Mengajarkan dan Mengajak Anak Menghidupkan Lailatulqadar
    Muslimah
    Kamis, 06 April 2023 - 10:27 WIB
    Istimewa malam Lailatulqadar, bagi setiap orang tua hendaknya tidak melupakan untuk mengajak dan mengajaarkan anak-anaknya menghidupkan Lailatulqadar dengan beribadah, taqarrub ilallah
  • 5 Tips untuk Meredam Amarah Pasutri Saat Berpuasa
    Muslimah
    Selasa, 26 April 2022 - 13:34 WIB
    Dalam kehidupan rumah tangga, perselisihan dengan pasangan suami istri (pasutri) biasa terjadi kapan saja, tak terkecuali saat sedang berpuasa. Pada saat itu kesabaran kita akan diuji
  • Ramadhan: 6 Tips Meniti Jalan Menuju Kesabaran di Tengah Covid-19
    Tips
    Selasa, 21 April 2020 - 19:11 WIB
    Sabar bukanlah perkara yang mudah, terlebih dalam menghadapi musibah pada benturan pertama. seperti musibah serangan wabah covid-19 di saat menghadapi Ramadhan.
  • Sejarah Puasa: Rahasia Dipilihnya Bulan Ramadhan sebagai Waktu Berpuasa
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:24 WIB
    Ada kriteria yang telah terpenuhi oleh Ramadhan, sehingga bulan ini dipilih menjadi momen umat Islam berpuasa. Di bulan ini, turun Al-Quran, dasar agama Islam sekaligus mukjizat paling agung.
  • 4 Tips Produktif saat Ramadan, Yuk Lakukan!
    Tips
    Sabtu, 15 April 2023 - 11:22 WIB
    Bulan Ramadan menjadi momentum untuk meningkatkan takwa dan keimanan. Memaksimalkan ibadah di bulan mulia dapat dimulai dari memperbanyak baca Al-Quran, salat di masjid, zikir dan doa, serta amal saleh lainnya.