Topik Terkait: Enam Muslimah Ahli Tafsir

  • Ahzami Samiun Jazuli, Kiai Ahli Tafsir itu Meninggalkan Kita
    Hikmah
    Minggu, 05 April 2020 - 19:47 WIB
    DI dunia dakwah dan tarbiyah tanah air, siapa yang tidak mengenal sosok memukau beliau di samping tutur katanya lembut, namun tidak kehilangan sikap tegasnya, beliau adaah Ust&acircdzunal F&acircdhil KH Dr Ahzami Samiun Jazuli, MA
  • Sisi Baik dan Buruk Ahli Kitab Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Rabu, 03 November 2021 - 09:11 WIB
    Al-Quran menyebut sisi baik dan sisi buruk Ahli Kitab. Ahli Kitab adalah salah satu istilah dalam Al-Quran untuk menyebut non-Muslim. Istilah ini merujuk pada umat Yahudi dan Nasrani.
  • Inilah Mandi Wajib yang Harus Dilakukan Muslimah
    Muslimah
    Senin, 22 Juni 2020 - 07:29 WIB
    Dalam Islam, muslimah yang sudah selesai siklus haidnya diwajibkan untuk mandi wajib atau mandi junub. Begitupun bagi wanita yang sudah menikah karena bersetubuh dan seorang ibu yang baru selesai melahirkan.
  • Ibnu Katsir, Ulama Ahli Tafsir yang Tunanetra di Masa Tuanya
    Hikmah
    Selasa, 08 Maret 2022 - 16:38 WIB
    Cobaan kebutaan yang menimpa Ibnu Katsir di akhir-akhir masa hidupnya, tidak menghalangi beliau untuk tetap berkarya dalam upaya menghidupkan Ilmu-Ilmu Al-Quran, khususnya Ilmu Tafsir.
  • Hukum Memakai Busana Muslimah yang Berwarna-Warni
    Muslimah
    Sabtu, 16 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Salah satu perkara dari hukum memakai busana syari yang diduga mampu menarik perhatian para lelaki adalah mengenai warna warni pakaian yang dikenakan
  • Surat An Nasr Fathul Mekkah, Begini Pendapat Ahli Tafsir
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 16:57 WIB
    Surat An Nasr Fathul Mekkah? Surat ini dikenal juga dengan sebutan surat at-Taudi. Terdapat silang pendapat di kalangan ulama tafsir tentang kapan turunnya surat ini.
  • Berenang Bagi Muslimah, Perhatikan Panduan Ini
    Muslimah
    Minggu, 14 Juni 2020 - 12:47 WIB
    Berhijab bukan menjadi halangan untuk wanita melakukan kegiatan olah raga dan karena sebagai muslim juga harus menjaga kebugaran tubuh. Salah satunya olahraga berenang.
  • Ahli Tafsir Mimpi yang Dipenjara Gara-Gara Bangkai Tikus
    Hikmah
    Rabu, 08 Juli 2020 - 19:24 WIB
    Beliau adalah salah satu pelopor ilmu interpretasi mimpi dalam Islam. Ibnu Sirin dianggap mirip dengan Nabi Yusuf pada masanya. Selain itu, beliau juga ahli fiqih.
  • 4 Kondisi yang Mewajibkan Muslimah Mandi Wajib
    Muslimah
    Minggu, 28 November 2021 - 05:10 WIB
    Ada beberapa kondisi yang mewajibkan mandi besar bagi seorang muslimah. Kewajiban mandi besar itu antara lain dilandasi dalil dari Al Quran dan hadis Nabi Muhammad Shallallahu alihi wa sallam.
  • Arti Kata Yasin Menurut Ulama Ahli Tafsir
    Hikmah
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 08:01 WIB
    Arti kata Yasin menurut ulama ahli tafsir menarik untuk dikaji. Kata ini sering kita dengar dan sangat populer di kalangan muslim Indonesia.Simak penjelasan berikut.
  • Muslimah Ingin Berkarier? Inilah Syarat-syaratnya Berdasarkan Syariat
    Muslimah
    Rabu, 02 November 2022 - 12:34 WIB
    Menjadi wanita karier menjadi dambaan banyak kaum muslimah, saat ini. Wanita karier adalah wanita yang memasuki dunia usaha atau pekerjaan dan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah. Berkarier memiliki tujuan utama, misalnya mencari nafkah keluarga, menyalurkan bakat, dan mengaplikasikan ilmu serta keahlian yang dimilikinya.
  • Perkembangan Tafsir Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Minggu, 02 April 2023 - 12:12 WIB
    Sebagian ulama menolak penafsiran yang menggambarkan pendapat-pendapat penulisnya, atau menyatukan pendapat-pendapat tersebut dengan hadis-hadis atau pendapat-pendapat para sahabat yang dianggap benar.
  • Amalan Muslimah Ganjarannya Langsung Surga yang Tercantum dalam Al-Quran
    Muslimah
    Minggu, 15 Mei 2022 - 11:36 WIB
    Perempuan muslimah bisa masuk surga lewat pintu mana saja, asalkan memenuhi empat kriteria yang disebut dalam hadis Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam.
  • 5 Hal yang Sering Dianggap Remeh Wanita Muslimah
    Muslimah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 07:30 WIB
    Ada beberapa hal remeh yang dianggap biasa oleh sebagian wanita muslimah. Apabila dibiarkan atau tidak perduli, maka bisa menyebabkan dosa dan jauh dari rahmat Allah.
  • Mengapa Tempat Terbaik bagi Muslimah adalah Rumah? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 17 Januari 2022 - 09:37 WIB
    Dalam Islam, sebaik-baiknya tempat bagi seorang istri atau wanita muslimah adalah rumahnya. Artinya, ajaran Islam yang mulia ini menegaskan isteri tidak dituntut atau tidak berkewajiban ikut keluar rumah mencari nafkah
  • Jarang Dikaji! Inilah Tafsir Basmalah dalam Surat Al-Fatihah
    Tausyiah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 22:35 WIB
    Basmalah (bismillahirrahmanirrahim) adalah kalimat agung yang menjadi pembuka Al-Quran. Allah memulai kalam-Nya dengan kalimat ini. Apa sebenarnya makna Basmalah?
  • 10 Adab Berbicara yang Perlu Dipahami Seorang Muslimah
    Muslimah
    Senin, 31 Januari 2022 - 19:15 WIB
    Islam mengajarkan adab-adab yang hendaknya diamalkan kaum muslimin, tak terkecuali untuk kaum muslimah. Salah satunya adalah adab dalam hal berbicara atau berkomunikasi
  • Amalan Terbaik untuk Muslimah yang Sudah Uzur
    Muslimah
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 11:10 WIB
    Ada amalan terbaik untuk kaum muslimah yang sudah memasuki usia tidak muda lagi atau sudah mulai uzur, yakni selalu mendekatkan diri kepada Allah Subahanhu wa taala.
  • Bolehkah Muslimah Memakai Celana Panjang? Begini Hukumnya
    Muslimah
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 08:05 WIB
    Dalam berpakaian, seorang muslimah wajib mengetahui aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh syariat. Karena hal ini berkaitan dengan cara menutup aurat yang berbeda antara kaum laki-laki dan wanita.
  • Kapan Muslimah Harus Menyuburkan Amal Salehnya?
    Muslimah
    Senin, 12 Oktober 2020 - 15:13 WIB
    Muslimah, mungkin kita sudah aktif melakukan amal ibadah, amal salih dan berkecimpung dalam rimba dakwah. Tapi pernahkah kita renungkan, apakah amal-amal saleh yang kita lakukan memiliki kekuatan bagi penumbuhan kualitas hati kita?