Topik Terkait: Hukum Jual Beli Air

  • Dasar Hukum Larangan Jual Beli di Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 13:42 WIB
    Dalam al-Quran surat Al-Jumuah ayat 9 disebutkan bahwa Allah melarang jual beli di hari Jumat. Hanya saja, ulama menafsirkan bahwa larangan ini ada waktunya.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Bolehkah Berwudhu dengan Air Laut?
    Tausyiah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 11:25 WIB
    Air laut sangat berbahaya untuk diminum oleh manusia. Pertanyaannya, apakah air laut suci dan bolehkah berwudhu dengan air laut? Berikut penjelasannya.
  • Apakah Kredit Itu Riba? Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad
    Tausyiah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 11:04 WIB
    Apakah kredit itu riba? Bagaimana sebenarnya hukum jual beli kredit ini dalam Islam? Dalam kondisi ekonomi saat ini, sistem kredit menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia
  • Haji: Hukum Meninggalkan Mabit di Muzdalifah
    Tips
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 10:01 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan mabit di Muzdalifah adalah wajib, tapi diberikan keringanan bagi orang-orang yang lemah untuk meninggalkan Muzdalifah pada akhir malam
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 10:25 WIB
    Mayoritas ulama 4 mazhab sepakat bahwa hukum berkurban adalah Sunnah Muakkad, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan kepada seorang muslim yang memiliki kemampuan secara finansial.
  • Hukum Menqashar Sholat Bagi Musafir, Berapa Lamakah Batasan Waktunya?
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 17:43 WIB
    Musim liburan telah tiba. Bagi umat muslim di Indonesia perlu mengetahui hukum dan batasan waktu meng-qashar sholat ketika bepergian (safar). Berikut penjelasannya.
  • Hukum Bersedekah Menggunakan Uang Judi
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:58 WIB
    Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat mulia, bahkan sangat berpahala. Untuk mengamalkanya, harus dilakukan dengan cara yang baik dan mulia pula.
  • Hukum Mengolok-Olok Hijab
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 19:04 WIB
    Menutup aurat menjadi wajib karena saddu al-dzar?ah, yaitu menutup pintu ke dosa yang lebih besar. Khusus bagi kaum perempuan, kewajiban ini akan terlaksana dengan memakai jilbab (busana muslimah).
  • Syaikh Al-Qardhawi: Manusia Itu Berada di Antara Hukum Allah dan Hukum Jahiliyah
    Tausyiah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 08:08 WIB
    Sesungguhnya tasyri (hukum Allah) itulah yang mentransfer taujiihaat (arahan-arahan) agama dan akhlaq pada undang-undang yang berlaku dan memberikan sanksi apabila ditinggalkan.
  • Pentingnya Suami Istri Memahami Hukum Perceraian dalam Islam
    Muslimah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 10:16 WIB
    Dalam Islam, ppasangan suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah SWT
  • Doa Ketika Minum Air Zamzam
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:59 WIB
    Doa ketika akan minum air zamzam ini hendaknya diamalkan, terutama oleh jemaah haji yang tengah menjalankan ibadah haji.Namun doa ini juga bisa diamalkan oleh setiap muslim yang akan minum air zamzam juga.
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Hukum Tajwid Surat Al Maidah Ayat 15
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 18:58 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid dalam surat Al Maidah ayat 15 yang penting dipahami seluruh umat Islam agar tidak mengalami salah baca yang dapat menimbulkan salah arti dan makna.
  • Inilah Hukum Sedekah Online dan Penjelasannya dari Hadis
    Tausyiah
    Senin, 11 April 2022 - 13:40 WIB
    Hampir seluruh kehidupan kita saat ini semuanya bisa dipenuhi dengan cara online. Mulai dari belajar, belanja, membayar berbagai keperluan, hingga bersedekah pun juga bisa lewat cara online.
  • Apa Hukum Salat Kafarat dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 16:00 WIB
    Tradisi melaksanakan salat kafarat pada Jumat terakhir Ramadan dapat menghapuskan dosa-dosa salat yang ditinggalkan selama 70 tahun. Benarkah demikian dan bagaimana hukum salat kafarat ini?
  • Hukum Berkurban untuk Orang Tua Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 08:15 WIB
    Hukum berkurban untuk orang tua menurut Gus Baha boleh-boleh saja. Ini sama seperti hukum haji bagi orang tua digantikan oleh anaknya. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Gus Baha Kupas Tuntas Jual Beli dan Riba, Mana Lebih Menguntungkan?
    Tausyiah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 14:59 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) menjelaskan tentang jual beli dan riba. Mana yang lebih menguntungkan? Simak penjelasannya.
  • Hukum Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 21:25 WIB
    Hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal perlu diketahui umat Islam supaya tidak salah kaprah dalam menafsirkan hukum. Begini penjelasannya.
  • Hukum Salat dengan Pakaian yang Tipis
    Muslimah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 08:07 WIB
    Busana yang dikenakan untuk muslim dan muslimah sangat terkait dengan pelaksanaan ibadah di dalamnya, misalnya saat hendak salat. Bolehkah salat dengan pakaian tipis?