Engkau Melakukan di Rumah dan Aku di Luar

Rabu, 27 Januari 2021 - 17:36 WIB
loading...
Engkau Melakukan di Rumah dan Aku di Luar
Nashruddin Hoja. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
Suatu ketika, Nashruddin membawa keledainya ke pasar. Dia lalu menyerahkannya pada seorang makelar untuk menjualkannya. Makelar itu pun menerimanya.

Dia berkeliling kampung dan menawarkan keledai itu pada orang-orang sambil berkata, "Ini keledai pintar; panjang langkahnya, tenang jalannya, dapat ditunggangi sembari minum kopi, lembut kepalanya, kuat dan tidak cacat."

Dengan cepat, orang-orang pun berdatangan untuk melihat keledai itu.

Ketika Nashruddin mendengar beberapa keistimewaan keledainya yang diucapkan makelar itu, dia berkata pada dirinya, "Mungkinkah dia memiliki sifat sebaik itu? Jika ya, tentu aku tidak akan menjualnya."

Tak lama kemudian, seseorang membelinya dengan harga mahal. Nashruddin pun memberikan keuntungan pada makelar itu dan pulang dengan senang.

Malam harinya, istri Nashruddin mengetahui apa yang telah diperbuat suaminya.

Dengan bergurau, dia berkata pada suaminya, "Hari ini, aku melihat sesuatu yang sangat mengagumkan. Telah lewat di depan rumah kita seorang penjual yogurt 'Gusythah', lalu aku memanggil dan membelinya. Kemudian, si penjual itu menakarnya, namun aku melebihkan timbangan itu dengan meletakkan gelangku di timbangan yang satunya, sehingga aku mendapatkannya lebih banyak lagi. Lalu, aku mengambilnya dan membawanya masuk."

Kemudian istri Nashruddin berkata lagi padanya, "Bagaimana pendapatmu dengan tindakanku itu?"

Nashruddin menjawab, "Bagus, engkau melakukannya di rumah dan aku di luar."



===
Dinukil dari Canda Ala Sufi terjemahan Muhdor Assegaf dari karya Nashruddin dengan judul asli Nawadhir Juha al-Kubra.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2986 seconds (0.1#10.140)