Topik Terkait: Al Jazeera (halaman 104)

  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Selasa, 05 Desember 2023 - 11:22 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid dalam surat Al Baqarah ayat 168 yang penting dan bermanfaat untuk diketahui. Terutama bagi yang masih belajar, sehingga tidak menjadi kesalahan makna dan arti dalam setiap ayatnya.
  • Keberkahan Bumi Palestina...
    Dunia Islam
    Senin, 09 Oktober 2023 - 21:59 WIB
    Masjidil Aqsha Palestina dan sekelilingnya adalah negeri yang diberkahi seperti dinyatakan dalam Al-Quran. Palestina yang dikenal sebagai negeri Syam juga pernah didoakan Nabi Muhammad SAW.
  • Mengapa Bahasa Arab...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Ada alasan lain yang mendasari mengapa Allah Taala memilih dan menentukan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Quran. Berikut ulasan Ustaz Miftah el-Banjary.
  • Anjuran Berdoa di Tengah...
    Tips
    Jum'at, 01 Oktober 2021 - 17:56 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ketika membaca Al-Quran tidak hanya membaca dengan tartil (perlahan). Beliau juga berdoa di tengah bacaan Al-Quran.
  • Penafsiran Al-Quran...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 16:19 WIB
    Quraish Shihab mengatakan penafsiran al-Quran yang paling ideal adalah tafsir bi almatsur, yakni yang berlandaskan ayat, hadis, dan pendapat sahabat dalam menafsirkan Al-Quran.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kewajiban Suami kepada...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Al Quran menyebut perkawinan ini sebagai salah satu ayat di antara ayat-ayat Allah di alam semesta dan salah satu nikmat yang diberikan-Nya kepada hamba-hamba-Nya.
  • Khasiat dan Keistimewaan...
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 11:38 WIB
    Barangsiapa yang meletakkannya di bejana kaca yang ujung kepalanya sempit di rumah suatu kaum maka orang yang ada di dalamnya akan menjadi sakit.
  • Tafsir Surat Al Qariah...
    Tips
    Senin, 06 November 2023 - 12:25 WIB
    Surat al Qariah ayat 3 berbunyi, Wama adraka mal qariah. Pada ayat tersebut, lafadz wama adraka mal qariah artinya Tahukah kamu apakah al-Q?riah itu?
  • 10 Keutamaan Surat Al...
    Hikmah
    Jum'at, 09 Agustus 2024 - 07:35 WIB
    Surat Al Insyirah jadi salah satu surah dalam Al Quran yang perlu dihafal dan dibaca oleh setiap muslim karena memberi keutamaan yang berlimpah.
  • Begini Persamaan Kedudukan...
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 05:15 WIB
    Perempuan dan laki-laki, misalnya, memiliki kedudukan yang sama dalam kebebasan kewajiban beragama dan beribadah. Di dalam masalah takalif agama dan sosial yang pokok, Al Quran juga menyamakan antara keduanya
  • Perang Gaza bagian Rencana...
    Dunia Islam
    Minggu, 31 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Selama 20 tahun terakhir, pemerintah Israel telah bekerja sama dengan gerakan pemukim terkemuka di negara itu dalam sebuah rencana untuk mengambil alih tanah di Yerusalem Timur.
  • Ketika Malaikat Melempar...
    Hikmah
    Kamis, 09 April 2020 - 09:17 WIB
    Kedua jin bermaksud menangkap laki-laki itu. Tiba-tiba Allah mengutus dua malaikat. Salah satu dari mereka meraih leher jin dan melemparnya sampai di tempat terbitnya matahari.
  • Sebelum Islam Datang,...
    Tausyiah
    Senin, 13 April 2020 - 13:16 WIB
    Semua pemeluk agama samawi, umat terdahulu, diwajibkan berpuasa. Hanya saja, di masanya, Rasulullah SAW hanya bertemu dengan dua umat, yaitu Nasrani dan Yahudi.
  • Kisah Sufi Ahmad Al-Badawi:...
    Hikmah
    Sabtu, 18 Desember 2021 - 13:22 WIB
    Menurut riwayat darwis, Ahmad Al-Badawi dituduh menyebarkan agama Kristen oleh orang Islam ia pun ditolak oleh orang Kristen karena tak mau menerima dogma-dogma Kristen secara harafiah.
  • Benarkah Pahala Bacaan...
    Tausiyah
    Kamis, 12 Desember 2019 - 21:19 WIB
    Salah satu khilafiyah yang sering dibicarakan masyarakat adalah masalah mengirim pahala bacaan Alquran untuk mayit. Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib.
  • Nuzulul Quran: Respons...
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 16:22 WIB
    Kalau demikian ini sifat dan ciri khas ilmu pengetahuan dan peraturannya, maka dapatkah kita menguatkannya dengan ayat-ayat Tuhan yang bersifat absolut, abadi dan pasti benar
  • Surah Ghafir Atau Al-Mumin:...
    Tips
    Minggu, 17 Oktober 2021 - 07:58 WIB
    Barangsiapa meletakkannya di kebunnya maka akan banyak buahnya. Dan jika dibawa oleh orang yang mempunyai penyakit maka dia akan sembuh dengan izin Allah SWT.
  • Begini Kata Al-Quran...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Agustus 2024 - 13:26 WIB
    Menghadapi para pengingkar ini, Al-Quran seringkali mengemukakan alasan-alasan pengingkaran, baru kemudian menanggapi dan menolaknya. Hal demikian terlihat dengan jelas tentang hari akhir
  • Darul Quran Mulia :...
    Dunia Islam
    Senin, 16 Oktober 2023 - 17:01 WIB
    Teknologi bukan hambatan melainkan tantangan bagi pondok pesantren, bahkan akses teknologi ini membuat tingkatan hafalan Al Quran meningkat 25%
  • Perkembangan Tafsir:...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Dalam abad pertama Islam, para ulama sangat berhati-hati dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Quran. Seorang pernah bertanya kepada Sayyidina Abu Bakar, apakah arti kalimat abba dalam ayat: wa fakihah wa abba.