Topik Terkait: Aurat Menurut 4 Mazhab (halaman 4)

  • Awas! Sesama Jenis Dilarang...
    Tausyiah
    Selasa, 20 September 2022 - 14:27 WIB
    Islam melarang sesama lelaki, juga sesama perempuan, untuk saling memperlihatkan auratnya. Maknanya, melihat aurat sesama jenis adalah haram, walaupun tidak disertai syahwat.
  • 2 Perasaan Cemburu Menurut...
    Muslimah
    Kamis, 25 November 2021 - 15:32 WIB
    Rasa cemburu akan muncul karena adanya rasa cinta. Semakin kuat rasa cinta seorang istri kepada suaminya maka semakin kuat pula rasa cemburu dalam hatinya.
  • Mengenal Mazhab Zhahiri,...
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 22:40 WIB
    Empat mazhab populer Hanafi, Maliki, Syafii dan Hanbali telah sepakat hewan kurban adalah unta, sapi, kambing. Namun, bagi Mazhab Zhahiri, ayam boleh dijadikan sebagai kurban.
  • Benarkah Telapak Kaki...
    Muslimah
    Sabtu, 26 November 2022 - 09:52 WIB
    Dalam Islam, semua bagian tubuh seorang wanita muslimah adalah aurat, kecuali muka dan telapak tangan. Yang sering ditanyakan, apakah bagian bawah kaki atau disebut al qadam termasuk batasan aurat juga?
  • Wajibnya Menutup Aurat...
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 09:14 WIB
    Dalam salah satu adab buang hajat, menutup aurat adalah adab yang diwajibkan. Di mana beberapa adab lainnya hanya sampai batas sunah atau makruh, tetapi dalam persoalan buang hajat ini syariat mewajibkannya.
  • Amalan Qiyamul Lail...
    Tips
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 19:08 WIB
    Qiyamul Lail atau shalat malam yang dilakukan di sepertiga malam menyimpan keagungan dan kemuliaan yang luar biasa untuk mengatasi berbagai problematika kehidupan
  • Mengenal Lebih Dekat...
    Tausiyah
    Senin, 25 November 2019 - 20:55 WIB
    Berikut ini ulasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Mazhab Syafii.
  • Benarkah Dagu Wanita...
    Muslimah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 15:15 WIB
    Seluruh bagian tubuh wanita muslimah adalah aurat. Karenanya ketika melaksanakan sholat, muslimah harus menutup seluruh auratnya tersebut. Akan tetapi, adakah batasan aurat dalam wajah wanita muslimah?
  • Hukum Berkurban Bagi...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 10:25 WIB
    Mayoritas ulama 4 mazhab sepakat bahwa hukum berkurban adalah Sunnah Muakkad, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan kepada seorang muslim yang memiliki kemampuan secara finansial.
  • Bolehkah Aqiqah Selain...
    Tausyiah
    Senin, 06 November 2023 - 16:24 WIB
    Bolehkah Aqiqah selain kambing? Seperti diketahui, semua ulama sepakat bahwa hewan yang boleh digunakan untuk mengaqiqahi anak yang lahir adalah kambing atau domba.
  • Rasa Lapar dan Keutamaannya...
    Muslimah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 14:33 WIB
    Setelah melaksanakan puasa Ramadhan dan puasa sunnah Syawal, banyak hikmah tentang puasa dan pentingnya menahan syahwat perut ini. Salah satunya, tentang kelaparan dan kekenyangan.
  • Bolehkah Buka Tutup...
    Muslimah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 08:00 WIB
    Bolehkah seorang muslimah membuka tutup cadarnya? Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama?
  • Dalil Membaca Qunut...
    Tausiyah
    Senin, 18 November 2019 - 16:12 WIB
    Pada umumnya masyarakat di Indonesia adalah penganut ajaran mazhab Syafii. Namun, banyak di antara mereka mengaku bermadzhab Syafii tapi tidak mengerti fiqih Syafii termasuk soal Qunut Subuh.
  • Ini Pacaran yang Boleh...
    Tausyiah
    Rabu, 11 September 2024 - 13:26 WIB
    Ustaz Hanan Attaki merupakan seorang pendakwah kondang yang populer di kalangan anak muda. Salah satu alasannya karena ceramah yang dibawakan memiliki gaya kekinian dan relevan dengan anak muda.
  • Manfaat Qiyamul Lail...
    Tips
    Minggu, 18 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Waktu malam adalah momentum terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Taala. Bentuk pendekatan diri kepada Rabbnya yang paling utama ini, adalah shalat tahajud atau qiyamul lail.
  • Pendapat Ulama 4 Mazhab...
    Tausyiah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 22:00 WIB
    Salah satu keutamaan Syaban adalah bulan dinaikkannya amalan manusia kepada Allah, Rabb semesta alam. Lalu bagaimana dengan amalan malam Nisfu Syaban? Berikut pendapat 4 Mazhab.
  • Manfaat Berhijab dalam...
    Muslimah
    Minggu, 03 Oktober 2021 - 13:29 WIB
    Sebagai perintah agama, menutup aurat dengan berjilbab atau hijab ada banyak manfaatnya bagi perempuan muslimah. Di antara manfaatnya tersebut, sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari
  • Inilah 5 Syarat Bertaubat...
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 15:02 WIB
    Dalam kitab Majalis Syahri Ramadhan, Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin mengatakan, Taubat yang diperintahkan Allah Azza wa Jalla adalah taubat nasuha (yang tulus) yang mencakup lima syarat.
  • Imam Syafii, Meramu...
  • 4 Macam Pembagian Rezeki...
    Tausyiah
    Senin, 22 Mei 2023 - 17:15 WIB
    Secara umum, rejeki itu ada dua macam yaitu rejeki yang datang dan rejeki yang mesti didatangi. Namun, para ulama membagi rezeki menjadi empat macam. Apa saja? Berikut ulasannya.