Topik Terkait: Berkumpul Di Rumah Mayit

  • Hukum Berkumpul di Rumah Mayit, Menjamu Tamu dan Mendoakannya
    Tips
    Senin, 22 November 2021 - 17:50 WIB
    Banyak yang bertanya tentang hukum berkumpul di rumah mayit, menjamu tamu dan mendoakannya. Ada yang menyebutnya sebagai Niyahah, benarkah demikian?
  • Bolehkah Berkurban untuk Mayit? Simak Penjelasan Ini
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 07:30 WIB
    Bolehkah berkurban untuk mayit? Pertanyaan yang sering muncul setiap menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah. Yuk simak penjelasan Ustaz Muhammad Ajib berikut.
  • Pahala Bacaan Al-Quran Insya Allah Sampai ke Mayit, Ini Kisah Syaikh Izzuddin
    Hikmah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 17:46 WIB
    Dalam satu kajian Ustaz Amru Hamdany diceritakan kisah Syaikh Izzuddin bin Abdis Salam, Sulthanul Ulama kelahiran Damaskus (wafat 660 H) terkait pahala bacaan Al-Quran kepada mayit.
  • Sahkah Iitikaf di Masjid Rumah untuk Hindari Covid-19?
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 16:31 WIB
    Melaksanakan ibadah itikaf di ruangan dalam rumah yang dikhususkan untuk salat hukumnya boleh dan sah dilakukan bagi perempuan menurut Imam Abu Hanifah.
  • Apa Hukum Mentalqin Orang yang Meninggal?
    Tausyiah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 23:47 WIB
    Dalam tanya jawab akidah ahlussunnah wal jamaah karya Al-Habib Zein bin Smith Al-Alawi Al-Husaini dibahas tentang hukum mentalqin (mengajarkan) mayat atau orang yang sekarat.
  • Berkumpul di Arafah, Jamaah Haji Doakan Dunia Segera Bebas Covid-19
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juli 2021 - 09:19 WIB
    Ribuan jamaah haji yang berkumpul di Arafah melantunkan doa akan perdamaian dunia dan segera berakhirnya pandemi Covid-19.
  • Benarkah Pahala Bacaan Alquran Tidak Sampai kepada Mayit? (3)
    Tausiyah
    Senin, 16 Desember 2019 - 15:20 WIB
    Sebelumnya telah dipaparkan ulama yang menyatakan pahala bacaan Alquran sampai kepada mayit. Adapun ulama yang mengatakan pahala bacaan Alquran tidak sampai kepada mayit yaitu:
  • Inilah Kondisi Mayit Ketika Diziarahi
    Muslimah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 06:59 WIB
    Ziarah kubur menjadi salah satu cara melepas kerinduan antara orang yang masih hidup dengan seseorang yang sudah meninggal. Dan ternyata, orang yang telah meninggal itu pun merasa senang sebab mereka mengetahui kehadiran kita.
  • Anjuran Memberi Kesaksian Baik untuk Jenazah, Ini Fadhilahnya
    Tausyiah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 22:09 WIB
    Kesaksian orang-orang muslim terhadap jenazah merupakan hal yang dianjurkan dalam Islam. Rasulullah berkata bahwa umatnya menjadi saksi bagi Allah di bumi-Nya.
  • Pentingya Ilmu Manajemen Konflik dalam Rumah Tangga
    Muslimah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 19:30 WIB
    Pernikahan adalah anjuran Allah Taala bagi manusia untuk mempertahankan keberadaannya. Pernikahan juga untuk mengendalikan perkembangbiakan dengan cara yang sesuai dan menurut kaidah norma agama.
  • Istri dan Pekerjaan Domestik Rumah Tangga Menurut Syariat
    Muslimah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 09:17 WIB
    Dalam kehidupan rumah tangga, suami dan istri memiliki kedudukan dan kewajibannya masing-masing. Bahkan, syariat Islam telah mengatur sedemikian rupa tugas dan kewajiban seorang suami maupun istri.
  • Bolehkah Menangisi Orang yang Sudah Meninggal?
    Muslimah
    Selasa, 27 April 2021 - 13:28 WIB
    Ketika mendengar kematian, tak sedikit di antara kita yang menangisi kepergiannya. Seolah tak percaya dengan apa yang terjadi. Lantas, apakah menangisi jenazah atau orang yang meninggal diperbolehkan?
  • Doa Nabi Daud Agar Rumah Tangga Tenteram
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 16:45 WIB
    Doa agar rumah tangga tentram ini adalah doa Nabi Daud berdasarkan hadis riwayat Imam Thabrani dari Ibnu Abbas. Menurutnya, sebagian doa tersebut adalah sebagai berikut:
  • Mengatasi Problem Rumah Tangga dengan Tuntunan Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 09:22 WIB
    Islam telah mengajarkan tuntunannya dalam memanjemen konflik sebuah rumah tangga. Bagaimana hendaknya sikap seorang suami, istri, bahkan mertua dalam menyikapi perselisihan yang ada di rumah tangga.
  • Syarat Sempurnanya Iman,  Bersikap Lembut Dalam Rumah Tangga
    Muslimah
    Kamis, 03 September 2020 - 18:47 WIB
    Setiap muslim hendaknya menimbun pahala sebanyak-banyak selama masih hidup di dunia. Berbuat baiklah pada banyak manusia sema-mata hanya untuk mengharap ridha Allah Taala.
  • Mantiqut-Thair: Burung-Burung Berkumpul
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 06:55 WIB
    O Hudhud! Kau yang menjadi penunjuk jalan Raja Sulaiman dan menjadi utusan sejati dari lembah, yang beruntung dapat pergi hingga ke batas-batas Kerajaan Saba.
  • Sholat Berjamaah di Rumah, Samakah Fadhilahnya?
    Tausyiah
    Senin, 28 Juni 2021 - 21:37 WIB
    Di masa pandemi banyak di antara kaum muslimin memilih sholat berjamaah di rumah. Samakah fadhilah (keutamaan) dengan sholat berjamaah di masjid?
  • Bacaan Doa Saat Masuk Rumah, Ini Fadhilahnya
    Tips
    Senin, 31 Oktober 2022 - 12:05 WIB
    Setiap muslim sangat dianjurkan membaca doa saat masuk rumah. Berikut bacaan doanya dan fadhilah-nya (keutamaan) lengkap dengan Arab dan latin.
  • Adab dan Hak Suami Istri dalam Rumah Tangga Islam
    Tausyiah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 11:30 WIB
    Adab-adab dan hak suami istri dalam rumah tangga, penting diketahui dan dipahami pasangan muslim. Hal ini penting, agar rumah tangga yang dijalani sesuai tuntunan Rasulullah SAW.
  • Jernihkan Problem Rumah Tangga Dengan Istighfar
    Muslimah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 11:02 WIB
    Potensi-potensi dosa kerap ditiupkan setan dalam setiap rumah tangga. Padahal, setiap dosa menyebabkan kotornya hati. Dan, ada banyak sekali problem-problem di rumah tangga yang bisa menyulut ketidakberkahan rumah tangga.