Topik Terkait: Bertaubat Menurut Islam

  • Inilah 5 Syarat Bertaubat Terbaik Menurut Syaikh Al Utsaimin
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 15:02 WIB
    Dalam kitab Majalis Syahri Ramadhan, Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin mengatakan, Taubat yang diperintahkan Allah Azza wa Jalla adalah taubat nasuha (yang tulus) yang mencakup lima syarat.
  • Mimpi Hamil Menurut Islam, Bagaimana Arti dan Maknanya?
    Muslimah
    Senin, 13 Desember 2021 - 06:26 WIB
    Mimpi hamil menurut Islam, tidak ada penjelasan spesifik tentangnya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.
  • Taubat dalam Al-Quran: Kewajiban Kaum Beriman, Bukan Hanya yang Baru Saja Berbuat Dosa
    Tausyiah
    Kamis, 05 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Al Utsaimin dalam Syarh Ushul min Ilmil Ushul menjelaskan taubat adalah kewajiban seluruh kaum beriman, bukan kewajiban orang yang baru saja berbuat dosa.
  • Cara Bertaubat dari Dosa Memfitnah Orang
    Tips
    Selasa, 22 Februari 2022 - 13:18 WIB
    Bagaimanakah cara bertaubat dari dosa memfitnah orang? Karena tanpa kita sadari, seringkali kita menceritakan sesuatu yang belum tentu benar adanya, bahkan cenderung ada fitnah dalam cerita tersebut.
  • Bolehkah Taubat Diumumkan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 10:16 WIB
    Taubat adalah perbuatan atau amal kebaikan seorang hamba untuk menyesali dan meminta ampun kepada Rabbnya Allah Subhanahu wa taala dari perbuatan yang dilarang oleh syariat.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Heboh Pawang Hujan, Begini Hukumnya Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 21 Maret 2022 - 16:21 WIB
    Aksi pawang Hujan saat gelaran MotoGP Mandalika 2022 menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Bagaimana sebenarnya pandangan Islam terhadap aksi pawang hujan ini?
  • Menasihati Pemimpin Menurut Etika Islam
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:43 WIB
    Islam memiliki etika tersendiri dalam menasihati pemimpin, bahkan mempunyai kaidah-kaidah dasar yang tidak boleh dilecehkan sebab, pemimpin tidak sama dengan rakyat
  • Wajib Diketahui! Begini Hukum Gratifikasi Menurut Pandangan Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 17:46 WIB
    Hukum gratifikasi menurut pandangan Islam penting diketahui kaum muslim terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai pejabat negara. Simak ulasan berikut.
  • Hukum Musik Menurut Imam Syafii
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 13:15 WIB
    Hukum musik menurut Imam Syafii adalah merupakan perkara melalaikan yang dibenci, merupakan kebatilan. Barangsiapa memperbanyaknya maka dia seorang yang bodoh. Persaksiannya ditolak, ujarnya.
  • Begini Penjelasan Mengapa Orang yang Tidak Bertaubat Disebut Zalim
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Mei 2022 - 17:41 WIB
    Ini adalah dalil akan kewajiban bertaubat. Karena jika ia tidak bertobat maka ia akan menjadi orang-orang zalim. Dan orang-orang yang zalim tidak akan beruntung.
  • Makna Tegaknya Masyarakat Islam Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 06:54 WIB
    Akidah yang tegak di atasnya masyarakat Islam yaitu akidah Laa ilaaha illallah Muhammadan Rasuulullah. Masyarakat Islam benar-benar memuliakan dan menghargai akidah itu.
  • Persepsi Kristen Terhadap Islam Menurut Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:08 WIB
    Persepsi ini merupakan persepsi yang mempunyai tempat sentral dalam pemikiran Eropa hingga akhir abad ke-19. Perbedaan antara persepsi Kristen ini dapat dikelompokkan menjadi empat.
  • Hukum Gadai dalam Pandangan Islam, Bolehkah?
    Tips
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 22:15 WIB
    Gadai biasanya dilakukan bagi orang yang meninggalkan jaminan berupa barang untuk utang. Berikut hukum gadai dalam pandangan syariat Islam.
  • 3 Kelemahan Kristen, Titik Temu dengan Islam Menurut Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:37 WIB
    Untuk mengapresiasi dengan benar titik temu pertama antara Islam dan Kristen yang diperlukan bagi umat yang beragama Kristen adalah agar mereka sadar akan kelemahan Kristiani di periode zaman itu.
  • Bolehkah Berdebat dalam Perspektif Islam?
    Tips
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 17:40 WIB
    Kita sering mendapati banyak orang berdebat baik di acara formal ataupun di berbagai media sosial. Bagaimana Islam menyikapi debat, bolehkah?
  • Kabar Gembira Bagi Orang yang Bertaubat di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 08:05 WIB
    Ramadan menjadi momentum terbaik untuk bertaubat, menutup lembaran kelam dengan amal-amal saleh. Berikut kabar gembira bagi orang yang bertabat di bulan Ramadan.
  • Titik Temu Modern Islam dan Kristen Menurut William Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:33 WIB
    Umat Islam selalu yang menginginkan modernisasi dan westernisasi akan tetapi perluasan yang mereka kehendaki itu bermacam-macam, dan acapkali berhenturan dengan umat Islam yang lain.
  • Tafsir Mimpi Hamil dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 01 Desember 2022 - 12:59 WIB
    Dalam Islam, arti tentang bermimpin atau mimpi hamil, tidak ada penjelasan spesifiknya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.
  • Pemilu: Hakikat Kedaulatan Rakyat Menurut Islam
    Hikmah
    Minggu, 04 Februari 2024 - 09:55 WIB
    Menurut sejarah peradaban Islam, kata dawlah dipergunakan untuk menunjuk pada pengertian rezim kekuasaan, seperti Daulah Bani Umayyah dan Daulah Bani Abbasiyyah.
  • Hukum Memakai Bulu Mata Palsu Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 10:15 WIB
    Hukum memakai bulu mata palsu menurut Islam penting diketahui kalangan muslimah, sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengaplikasikannya.