Topik Terkait: Dinasti Mamluk (halaman 2)

  • Syaikh Muhammad Abduh Bicara tentang Mengapa Islam Jadi Bercorak Asing
    Dunia Islam
    Senin, 12 Desember 2022 - 18:23 WIB
    Syaikh Muhammad Abduh dalam Kitab Al-Islam wan-Nashrania berbicara mengenai mengapa Islam jadi bercorak asing. Berikut penuturan beliau selengkapnya:
  • Kisah Raja Romawi Nicephorus I Bersimpuh di Hadapan Khalifah Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 09:28 WIB
    Dalam kondisi malu dan kalah, Nicephorus I bersimpuh di hadapan Khalifah Harun Al-Rasyid dan mohon ampunan berkali-kali. Permohonan ini akhirnya dikabulkan oleh Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Dinasti Ghaznawi, Kesultanan yang Didirikan Seorang Budak
    Dunia Islam
    Kamis, 10 Maret 2022 - 09:01 WIB
    Dinasti Ghaznawi didirikan oleh Alptigin, seorang budak dari dinasti Samaniah, pada permulaan paruh kedua abad X Masehi. Mulanya ini hanyalah sebuah kerajaan kecil yang penuh intrik
  • Muhammad bin Ali, Arsitek Dinasti Abbasiyah yang Kampanyekan Ahlul Bait
    Hikmah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 18:15 WIB
    Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalibadalah perintis Bani Abbasiyah pertama kali. Peletak dasar ide kekhalifahan Abbasiyah dengan mengkampanyekan ahlul bait.
  • Kisah Kegagalan Khalifah Al-Hadi Menyingkirkan Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Mei 2022 - 17:34 WIB
    Khalifah Al-Hadi berniat menyingkirkan bahkan membunuh Harun Al-Rasyid namun gagal. Ia justru tewas dibunuh budaknya sendiri atas perintah ibunya. Akhirnya, Harun menggantikannya sebagai khalifah.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Kisah Agresi Bangsa Khazar ke Armenia, 100.000 Muslim Wafat
    Dunia Islam
    Rabu, 15 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Agresi bangsa Khazar ke Armenia, wilayah Abbasiyah, menewaskan 100.000 lebih penduduk muslim. Tahun tersebut menjadi pukulan berat bagi pemerintahan khalifah kelima Abbasiyah, Harun Al-Rasyid.
  • Kejayaan Islam Dinasti Aghlabiyah yang Terlupakan
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Mei 2023 - 10:14 WIB
    Sejarah kejayaan Islam di Benua Eropa, seringkali hanya tertuju pada Muslim di Andalusia, Spanyol dan Turki. Padahal, islam pernah berjaya di Italia, terutama di Pulau Sisilia.
  • Kebijakan 2 Khalifah Dinasti Umayyah yang Tetap Berpengaruh hingga Kini
    Hikmah
    Minggu, 05 Februari 2023 - 14:22 WIB
    Ada dua khalifah di era Bani Umayyah yang dicatat sejarah paling legendaris, selain Muawiyah. Jasa mereka dikenang dan masih membekas sampai kini. Mereka adalah Abd al-Malik dan Umar bin Abdul Aziz.
  • Khalifah Walid bin Yazid, Digambarkan sebagai Zindiq yang Menikahi Istri Ayahnya
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 15:13 WIB
    Walid II menjabat sebagai Khalifah pada Dinasti Umayyah antara 743 sampai 744. Imam Suyuthi mengatakan al-Walid II adalah seorang fasik, peminum khamr, dan banyak melanggar aturan syariat.
  • Kisah Khalifah Harun Al-Rasyid Habisi Keluarga Barmaki, Dipicu sang Wazir Hamili Adiknya
    Dunia Islam
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 08:05 WIB
    Khalifah Harun Al-Rasyid mengeksekusi satu persatu pentolan keluarga Yahya bin Khalid. Peristiwa ini dipicu skandal Yahya bin Khalid yang menghamili adik khalifah di luar nikah.
  • Detik-Detik Menjelang Runtuhnya Daulah Umayyah dan Berdirinya Daulah Abbasiyah
    Dunia Islam
    Selasa, 22 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Kisah berikut meceritakan bagaimana Abul Abbas menyusun kekuatan dan melakukan perebutan kekuasaan menjelang tumbangnya Daulah Umayyah digantikan Daulah Abbasiyah
  • Catatan Emas Jihad Laut Daulah Thuluniyah Bendung Serangan Byzantium
    Dunia Islam
    Kamis, 04 November 2021 - 11:50 WIB
    Dinasti Thuluniyah adalah dinasti bebas pertama yang memerintah Mesir Islam. Selain Mesir mereka juga memerintah Suriah, Syam, Hijaz, dan Yaman sejak tahun 868 M.
  • Kisah Khalifah Al-Hadi, Ketika Madinah Dikuasai Pemberontak
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Mei 2022 - 17:30 WIB
    Pada era pemerintahan Al-Hadi hubungan Bani Abbas dan anak keturunan Ali bin Abi Thalib kembali memburuk. Setelah sebelumnya hubungan antara dua kekuatan utama Bani Hasyim ini sempat diperbaiki.
  • Konflik Politik Berdarah dan Tradisi Pembunuhan Khalifah Dinasti Abbasiyah
    Dunia Islam
    Kamis, 24 Maret 2022 - 18:51 WIB
    Konflik politik berdarah dan pembunuhan khalifah pada Dinasti Abbasiyah seakan menjadi tradisi. Ini akibat kesalahan penerapan pada sistem pengangkatan putra mahkota.
  • Kisah Khalifah Jafar al-Mutawakkil Berdebat dengan Perempuan yang Mengaku Nabi
    Hikmah
    Minggu, 19 Juni 2022 - 18:13 WIB
    Kisah nabi palsu berjenis kelamin perempuan ini disampaikan Shalih Abdul Hamid dalam bukunya berjudul Tharaif minat Turats. Konon ini terjadi pada masa pemerintahan Khalifah Jafar al-Mutawakkil.
  • Khalifah Yazid bin Walid: Kekuasaan 6 Bulan, Buah dari Kudeta Berdarah
    Dunia Islam
    Senin, 14 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Yazid bin Walid bin Abdul Malik atau Yazid III (701-744) adalah Khalifah Bani Umayyah yang naik tahta hanya selama 6 bulan. Kekuasaan itu diperolehnya lewat kudeta.
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi Taklukkan Konstantinopel, Harun Al-Rasyid Jadi Bintang Abbasiyah
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Mei 2022 - 19:25 WIB
    Pada 165 H, Harun diperintahkan ayahnya menyerang Bizantium dengan kekuatan 100.000 prajurit terpilih. Harun berhasil menembus pertahanan Bizantium dan menghancurkan satu persatu kota mereka.
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi Membangun Konspirasi Penggulingan Putra Mahkota Isa Bin Musa
    Hikmah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 17:42 WIB
    Ia menjabat sebagai khalifah setelah khalifah pendahulunya, Al-Mashur, melanggar wasiat khalifah pertama, As-Saffah, yang menunjuk Isa bin Musa sebagai khalifah pengganti Al-Manshur.
  • Sosok Khalifah yang Dijuluki Serba Delapan, Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Minggu, 15 Januari 2023 - 17:25 WIB
    Dari banyak sosok khalifah Islam, ada seorang khalifah yang memiliki julukan aneh. Beliau salah satu khalifah terkenal Dinasti Abbasiyah (750-1258 M) yang dijuluki si Serba Delapan.
  • Kisah Pembebasan Ray Pusat Dinasti Pemimpin Zoroaster di Era Umar bin Khattab
    Dunia Islam
    Minggu, 28 April 2024 - 17:16 WIB
    Raja Ray ketika itu Siyavakhasy Mihran anak Bahram Chobin. Sesudah mereka bertemu di Waj Ruz ia yakin bahwa pasukan Muslimin tidak akan pulang kembali sebelum menyerangnya untuk menerobos ke dalam ibu kota.