Topik Terkait: Fiqih Bayi (halaman 3)

  • Inilah  Syarat dan Cara Salat Berjamaah Bagi Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 11:15 WIB
    Seluruh ulama sepakat (ijma) bahwa kaum wanita tidak wajib mengerjakan salat berjamaah. Tetapi syariat tetap membenarkan mereka boleh melakukan salat secara berjamaah.
  • Belajar Mencintai Salat Tahajjud
    Tausyiah
    Senin, 08 Juni 2020 - 20:29 WIB
    Hai muslimah, mulai sekarang niatkan mengejar ridha Allah melalui salat tahajjud, yuk! Senangi ibadah salat malam ini. Ada banyak keberkahan di salat tahajjud.
  • Wanita Saleha Diganjar Allah Taat Permanen
    Tausyiah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 20:00 WIB
    Setiap muslimah pasti mendambakan ingin menjadi wanita atau istri saleha. Siapa wanita saleha itu? Dan bagaimana kedudukannya di mata Allah SWT? Apa yang dijanjikan Allah untuknya?
  • 8 Kesalahan dalam Ibadah Kurban Perlu Menjadi Perhatian
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 12:55 WIB
    Hari Raya Iduladha identik dengan ibadah kurban. Bagi umat Muslim yang berniat untuk mendapat limpahan pahala, bisa segera berkurban di momen tersebut.
  • Memberi Hadiah Miras kepada Non-Islam, Bolehkah?
    Tausyiah
    Senin, 28 September 2020 - 17:26 WIB
    Kalau menjual dan memakan arak itu diharamkan bagi seorang muslim, maka menghadiahkannya walaupun tanpa ganti, kepada seorang Yahudi, Nasrani atau yang lain, tetap haram juga.
  • Agar Tidak Ragu, Begini Hukum Memasang Gigi Palsu
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 15:34 WIB
    Memasang gigi (palsu) itu merupakan suatu hajat/kebutuhan bagi orang yang tidak ada lagi giginya untuk bisa mengunyah makanan sebelum ditelan atau untuk membantu pencernaan makanan.
  • Dibalik Gayanya Ternyata Berbahaya
    Muslimah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 12:24 WIB
    Sepatu high heel atau wedges banyak digemari kaum perempuan termasuk kalangan muslimah. Nah, sebenarnya boleh tidak seorang muslimah memakai sepatu berjenis tinggi tersebut? Dan bagaimana hukumnya menurut syariat?
  • Wayang dalam Konteks Fiqih, Benarkah Haram?
    Tausyiah
    Minggu, 06 Maret 2022 - 18:31 WIB
    Yang banyak melahirkan pertanyaan adalah bagaimana ceritanya wayang di masa lalu sampai bisa dijadikan sarana dakwah? Berikut penjelasan wayang dari konteks Fiqih.
  • Fitrah Cantik Bagi Muslimah Sesuai Syariat
    Tausyiah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 06:30 WIB
    Mempercantik diri bagi seorang muslimah memang disunnahkan dalam Islam. Sebab Allah Subhana wa taala, itu Maha indah dan Dia mencintai keindahan.
  • 3 Sebab Adanya Hak Waris, Begini Penjelasan Prof Ash-Shabuni
    Tausyiah
    Rabu, 21 Februari 2024 - 05:55 WIB
    Ada tiga sebab yang menjadikan seseorang mendapatkan hak waris. Salah satunya, Kerabat hakiki (yang ada ikatan nasab), seperti kedua orang tua, anak, saudara, paman, dan seterusnya.
  • Cak Nur: Sistem Hukum Islam Memiliki Kesempatan Besar untuk Diterapkan
    Tausyiah
    Senin, 20 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Prasyaratnya ialah, kaum Muslim harus mampu terlebih dahulu menangkap pesan dasar agamanya, dan berdasarkan itu, mengembangkan pemikiran hukum yang akan menjawab tuntutan zaman dan tempat.
  • Bagaimana Cara Mandi Wajib yang Benar?
    Tips
    Kamis, 14 Mei 2020 - 06:10 WIB
    Thaharah atau bersuci (bersih) adalah ilmu fiqih dasar yang wajib dipelajari oleh umat muslim. Thaharah merupakan syarat yang harus dipenuhi seseorang sebelum melakukan ibadah.
  • Masya Allah, Inilah Ganjaran Bagi Istri yang Minta Duluan
    Tausyiah
    Jum'at, 10 September 2021 - 16:51 WIB
    Hakikat pernikahan adalah mencari ridha Allah karena di dalamnya ada ibadah. Berikut fadhillah istri meminta jima duluan sebagaimana dijelaskan dalam Kitab Uqudullijain.
  • Cara Bersedekap dalam Salat Menurut 4 Mazhab
    Tausiyah
    Kamis, 16 Januari 2020 - 16:22 WIB
    Bersedekap dalam salat yaitu meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri. Bagaimana cara bersedekap menurut 4 mazhab? Berikut penjelasannya.
  • 6 Perkara yang Makruh Dalam Salat
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 21:10 WIB
    Apabila salatnya baik, maka baiklah pulalah seluruh amalnya yang lain. Dan jika salatnya rusak maka rusak pula amalnya yang lain. Berikut perkara makruh dalam salat.
  • 4 Bidang Utama Sasaran Hukum Islam Menurut KH Ali Yafie
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:44 WIB
    Penjabaran yang merinci hukum-hukum al-Quran memperlihatkan adanya empat bidang utama yang menjadi sasaran dari hukum itu, yakni bidang ibadat, bidang muamalat, bidang munakahat dan bidang jinayat.
  • 3 Bacaan Doa Iftitah yang Masyhur Beserta Artinya
    Tausyiah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 20:55 WIB
    Menurut jumhur ulama, membaca doa iftitah setelah takbiratul-Ihram pada rakaat pertama hukumnya sunnah. Berikut 3 doa iftitah yang masyhur.
  • Nama Bayi Perempuan Menurut Islam dan Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 14:39 WIB
    Inspirasi nama bayi perempuan menurut Islam dan Al-Quran, bisa kita ambil untuk buah hati kita yang baru lahir. Banyak kata dalam Al-Quran yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan.
  • Ini 10 Penyebab Salat  Seseorang Tidak Diterima di Sisi Allah
    Tausyiah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 20:01 WIB
    Meski lahiriyahnya sudah melakukan salat, lanjutnya, namun di sisi Allah ternyata salatnya tidak diterima. Ini sungguh musibah yang teramat besar. Naudzbillah.
  • Begini Penjelasan Syaikh Yusuf Al-Qardhawi Mengenai Hukum Mengambil Bunga Bank
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 08:38 WIB
    Syaikh Yusuf Qardhawi menegaskan sesungguhnya bunga yang diambil oleh penabung di bank adalah riba yang diharamkan, karena riba adalah semua tambahan yang disyaratkan atas pokok harta.