Topik Terkait: Forum Kerukunan Umat Beragama (halaman 11)

  • Guru Yahudi Ini Anggap...
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 12:17 WIB
    Guru Yahudi itu berkata kepada teman-teman Iyas, Tidakkah kalian merasa heran kepada kaum Muslimin itu? Mereka berkata bahwa mereka akan makan di surga, namun tidak akan buang air besar?
  • 13 Alasan Mengapa Umat...
    Hikmah
    Minggu, 05 November 2023 - 06:50 WIB
    Ada banyak alasan syari yang mewajibkan umat Islam membela dan mencintai Palestina. Bumi Palestina yang dikenal dengan Syam termasuk salah satu negeri yang diberkahi Allah.
  • MUI Imbau Pemerintah...
    Dunia Islam
    Senin, 04 September 2023 - 14:38 WIB
    Majelis Ulama Indonesia atau MUI mengimbau pemerintah dan masyarakat bersama-sama mengatasi berbagai masalah yang dihadapi masyarakat akibat kemarau panjang tahun ini.
  • Surat Yusuf Ayat 109:...
    Hikmah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 21:11 WIB
    Setelah Allah memperingatkan siksa dan azab Hari Kiamat kepada orang yang berpaling utusan Allah, pada ayat ini Allah menjelaskan makna dan tujuan diutusnya para Rasul.
  • UAH Doakan Kemerdekaan...
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 23:07 WIB
    Dai kondang Ustaz Adi Hidayat (UAH) menyerukan umat Islam di Tanah Air untuk membaca doa Qunut Nazilah terkait gejolak yang terjadi di Palestina.
  • Sejarah Perang Uhud...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Perang Uhud merupakan pertempuran menyakitkan bagi pasukan muslim dan membuat Nabi Muhammad SAW menangis. Berikut penyebab kekalahan dan pelajaran berharga bagi kaum muslim.
  • Adakah Radikalisme pada...
    Tausiyah
    Rabu, 30 Oktober 2019 - 14:42 WIB
    Sekitar Mei 2018 lalu, saya dan tim peneliti mewakili Indonesia dalam mempersentasikan jurnal ilmiah pada konferensi internasional di Ain Shams University, Cairo Mesir.
  • Perang Sesama Umat Islam...
    Hikmah
    Senin, 28 November 2022 - 10:56 WIB
    pertikaian yang terjadi dalam peristiwa yang terkenal dengan fitnah al kubra pada zaman khulafa rasyidin semata karena takwil bukan karena tanzil. Apa maksudnya?
  • Piagam Madinah: Shahifah,...
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 10:32 WIB
    Apakah Piagam Madinah dikenal dalam sumber-sumber historis dengan nama shahifah yang secara harfiah berarti lembaran, kitab atau yang secara harfiah berarti tulisan, atau nama lainnya?
  • Saat Kaum Kafir Bersatu...
    Tausyiah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Jika kamu tidak saling melindungi dan saling membantu antara sebagian dengan sebagian lain sebagaimana yang dilakukan orang-orang kafir, niscaya akan terjadi kekacauan di bumi.
  • 5 Keutamaan Wudhu Sebelum...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 23:29 WIB
    Wudhu sebelum tidur merupakan sunnah yang di dalamnya terkandung keutamaan besar. Selain menyucikan kotoran, berwudhu sebelum tidur dapat meninggikan derajat seseorang di sisi Allah.
  • Kisah Anthropologist...
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Dia adalah Mr RI Mellema. Anthropologist, penulis, dan guru asal Belanda ini adalah Kepala Bagian Islam pada Tropical Museum di Amsterdam. Beliau pengarang buku.
  • Media India Sebarkan...
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 Agustus 2024 - 14:22 WIB
    Beberapa jam setelah Sheikh Hasina dilengserkan dari kekuasaannya sebagai Perdana Menteri Bangladesh, sejumlah media India melaporkan bahwa anggota minoritas Hindu di Bangladesh menjadi sasaran pasukan Islamis.
  • Nuzulul Quran dan kebangkitan...
    Tausiyah
    Minggu, 28 Juli 2013 - 08:30 WIB
    Lelaki 40 tahun itupun merasa sesak. &lsquo&rsquoIqra!&rsquo&rsquo kata Malaikat Jibril sambil melepas dekapannya pada tubuh Muhammad. &ldquoMa anaa biqari (aku tak bisa membaca),&rdquo sahut Muhammad. Jibril mendekapnya lagi, lalu melepaskan sambil mengulangi perintahnya. &ldquoMa anaa biqari (aku tak bisa membaca),&rdquo jawab Muhammad lagi.
  • Ramadhan, Bulan Bertabur...
    Tausyiah
    Senin, 05 April 2021 - 05:00 WIB
    Tidak lama lagi bulan suci Ramadhan akan datang menghampiri kita. Bulan yang sangat agung sehingga Nabi Muhammad mengatakan Ramadhan adalah penghulu dari seluruh bulan.
  • Perkara yang Paling...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juni 2024 - 09:35 WIB
    Di yaumil hisab, ada satu perkara yang paling diminta oleh umat Islam agar bisa mencapai surga. Perkara apakah itu dan mengapa demikian?
  • 8 Peristiwa Bulan Rajab...
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Februari 2022 - 16:29 WIB
    Banyak peristiwa bulan Rajab yang sangat bersejarah bagi umat Islam. seperti diketahui, Rajab adalah bulan ke tujuh dalam kalender Islam dan merupakan salah satu bulan dari empat bulan yang dimuliakan (bulan haram) oleh Allah Subhanahu wa taala.
  • Wafatnya Ulama Musibah...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 09:44 WIB
    Umat Islam akhir-akhir ini banyak dirundung duka, dengan ragam cobaan dan musibah. Satu di antara cobaan itu adalah wafatnya beberapa ulama mutamad (ulama rujukan umat).
  • Masyarakat Religius...
    Tausyiah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 17:54 WIB
    Quraish Shihab mengatakan semakin kokoh hubungan manusia dengan alam raya dan semakin dalam pengenalannya terhadapnya, akan semakin banyak yang dapat diperolehnya melalui alam itu.
  • Revolusi Ala Erdogan...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 16:21 WIB
    Tulisan ini bisa menjadi tambahan informasi bagi mereka yang mendukung bahkan memuja Erdogan. Boleh juga bagi mereka yang biasa mengeritiknya.