Topik Terkait: Hukum Harta Temuan (halaman 19)

  • Hukum Salat Id di Rumah...
    Tips
    Kamis, 07 Mei 2020 - 16:13 WIB
    Jika pandemik wabah ini masih berlangsung hingga Syawwal, maka pelaksanaan salat Idul fitri (Id) bisa dikerjakan di rumah. Ada dua opsi, bisa melakukannya sendirian atau berjamaah dengan keluarganya.
  • Hukum Mensalatkan Jenazah...
    Tausiyah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 19:09 WIB
    Seorang jamaah bernama Teguh Wibowo warga Bengkulu bertanya kepada Prof Muhammad Quraish Shihab tentang hukum mensalatkan jenazah pelaku maksiat.
  • 8 Syarat Berdandan bagi...
    Muslimah
    Senin, 03 Oktober 2022 - 10:01 WIB
    Berdandan bagi seorang muslimah tentu dibolehkan asal sesuai dengan syariat yang ditetapkan dalam Al-Quran dan Hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Hukum Bacaan Lam Jalalah...
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 20:44 WIB
    Hukum bacaan lam jalalah, tafkhim, dan tarqiq menjadi informasi penting untuk diketahui. Khususnya, bagi Anda yang sedang mempelajari ilmu tajwid agar bisa membaca Al Quran dengan benar.
  • Status Utang Puasa Orang...
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:02 WIB
    Menurut jumhur ulama, orang yang sejak kecil terlahir sebagai orang yang bukan muslim, ketika ia masuk Islam, tidak diwajibkan untuk mengganti semua perintah dan kewajiban agama.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Senin, 26 Februari 2024 - 16:58 WIB
    Hukum Tajwid Surat Al Baqarah ayat 1 sampai 5 ini bisa membantu umat muslim dalam memahami hukum bacaan, dimana harus membaca panjang pendek, atau kapan harus membaca jelas maupun dengung.
  • Taqlid dalam Makna Generik...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 14:07 WIB
    Cak Nur bilang taqlid dalam makna generik yang positif merupakan dasar penumbuhan kekayaan intelektual yang integral, yakni integral dalam arti bahwa suatu bangunan tradisi intelektual memiliki akar-akar dalam sejarah.
  • Hukum Darah Istihadhah...
    Muslimah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 14:32 WIB
    Darah istihadhah atau keluar darah bukan pada saat masa haid atau nifas, sering dialami sebagian kaum wanita. Atau diartikan bahwa istihadhah adalah darah yang keluar di luar waktu haid dan nifas.
  • Pandangan Syariat Terkait...
    Tausyiah
    Kamis, 25 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Dalam Islam dijelaskan bahwa ada dua kategori tentang siapa yang termasuk golongan waria atau banci, bagaimana aturan dan kedudukan mereka serta sanksi-sanksinya.
  • Hukum Tajwid Surat An...
    Tips
    Rabu, 24 Januari 2024 - 07:31 WIB
    Hukum Tajwid Surat An Naba ayat 1 sampai 10 yang dijelaskan dalam artikel ini dapat dipahami dan dipelajari oleh setiap muslim. Supaya ketika membaca Al Quran tidak terjadi salah baca yang berujung kesalahan makna.
  • Hukum Melafazkan Niat?...
    Tausiyah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 17:15 WIB
    Dalam Buku &ldquo77 Tanya-Jawab Seputar Shalat&rdquo yang disusun ulama sekaligus dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko, Ustaz Abdul Somad (UAS) menerangkan perkara tentang niat.
  • Fidyah dan Seputar Hukum...
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:21 WIB
    Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Bagi orang-orang yang beriman, puasa adalah wajib. Lalu bagaimana bila dalam kondisi sakit? Bolehkah fidiyah dibayar dengan uang?
  • Hukum Merenggangkan...
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Di masa pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tetap menjaga jarak. Lantas bagaimana hukum merenggangkan saf dalam salat berjamaah di tengah pandemi Covid-19?
  • Hukum Menarik Mahar...
    Tips
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 14:06 WIB
    Lamaran bukan ikatan yang mengikat dan berkonsekuensi hukum sehingga mahar yang diserahkan terlebih dahulu saat lamaran bisa ditarik kembali bila perkawinan dibatalkan.
  • Apakah Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 16:50 WIB
    Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam adalah sosok yang memiliki sifat mashum atau terpelihara dari dosa dan kesalahan. Apakah beliau pernah membunuh manusia?
  • Pahala Menagih Utang,...
    Tausyiah
    Senin, 14 Februari 2022 - 11:28 WIB
    Pahala menagih utang bisa jadi sama dengan pahala menyelamatkan orang dari masalah di akhirat kelak. Namun meringankan kesusahan seorang mukmin di dunia akan dibalas Allah pada hari kiamat.
  • Macam-macam Talak Menurut...
    Muslimah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 10:57 WIB
    Macam-macam talak menurut syariat Islam ada beberapa jenis, ada yang berdasarkan jumlah, boleh tidaknya rujuk, keadaan istri, dari segi penyampaian, serta dari segi langsung atau tidaknya suami menjatuhkan talak.
  • Hukum Kurban Sapi Patungan...
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 21:09 WIB
    Dalam masyarakat kita, sudah menjadi hal yang umum dilakukan bila melaksanakan kurban dengan sapi boleh patungan untuk 7 orang. Bagaimana sebenarnya hukum dalam pandangan syariat?
  • Hukum Mendengarkan Musik...
    Tausyiah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:27 WIB
    Hukum mendengarkan musik dalam Islam sampai saat ini masih kerap menimbulkan kebingungan dalam diri umat Muslim. Karena sekelompok orang mengatakan boleh, namun sebagian lain tidak membenarkannya.
  • Permudah Masyarakat...
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 April 2022 - 20:53 WIB
    Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan produk bernama Zakat Self Service (ZSS). Mesin yang terinspirasi dari mesin ATM ini memiliki layanan yang cepat dan akurat dalam memudahkan aktivitas zakat, infak, atau sedekah (ZIS) di ruang publik seperti rumah sakit hingga pusat perbelanjaan.