Topik Terkait: Hukum Harta Temuan (halaman 48)

  • Bagaimana Hukum Berkurban...
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 20:31 WIB
    Para ulama berbeda pendapat perihal memindahkan hewan kurban ke luar daerah domisili orang yang berkurban. Para ulama menggunakan logika yang sama dalam memandang hewan kurban dan zakat.
  • Doa dan Amalan Penghapus...
    Tips
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 12:57 WIB
    Doa dan amalan penghapus dosa zina, merupakan ikhtiar agar kita diampuni dosa dosa karena perbuatan zina. Dalam Islam, zina termasuk dosa besar yang memiliki hukuman yang berat baik di dunia maupun di akhirat.
  • Debat Capres Cawapres:...
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 15:18 WIB
    Kata yang terbentuk dari akar kata ini disebut dalam al-Quran sebanyak 20 kali. Sedangkan yang bermakna diskusi dan tidak diperkenankan bantah-bantahan ditemukan satu kali dalam bentuk kata mira.
  • Kasus Beda Pendapat...
    Hikmah
    Selasa, 29 November 2022 - 08:12 WIB
    Salah satu sebab utama ikhtilaf di antara para sahabat itu adalah prosedur penetapan hukum untuk masalah-masalah baru yang tidak terjadi pada zaman Rasulullah SAW.
  • Hukum Merenggangkan...
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Di masa pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tetap menjaga jarak. Lantas bagaimana hukum merenggangkan saf dalam salat berjamaah di tengah pandemi Covid-19?
  • Hukum Memasuki Gereja...
    Tausyiah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 22:11 WIB
    Terdapat perbedaan pandangan di kalangan para ulama terkait hukum seorang muslim memasuki gereja atau tempat ibadah lain. Berikut penjelasan kalangan Mazhab Syafiiyah.
  • Mengonsumsi Barang Haram...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Juli 2024 - 15:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan para ulama fiqih berbeda pendapat perihal daruratnya berobat, yaitu ketergantungan sembuhnya suatu penyakit pada memakan sesuatu dari barang-barang yang diharamkan.
  • Bolehkah Tampil Cantik...
    Muslimah
    Sabtu, 13 November 2021 - 14:52 WIB
    Tak hanya dengan bahan alami, kaum Hawa yang ingin cantik juga melakukannya dengan beragam cara, salah satunya dengan melakukan operasi plastik atau operasi bedah kosmetik
  • Kapan Waktu Terbaik...
    Tausyiah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 18:27 WIB
    Kapan waktu terbaik membagi warisan? Al-Quran tidak mengatur secara jelas tentang masalah ini, hanya sja secara tersirat Islam mengajarkan agar menyegerakan dalam melakukan kebaikan.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Senin, 19 Juni 2023 - 15:16 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam mengajak kepada para pemilik harta untuk mengembangkan harta mereka dan menginvestasikannya, sebaliknya melarang mereka tidak memfungsikannya.
  • Bagaimana Hukum Berbusana...
    Muslimah
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 08:01 WIB
    Saat ini banyak dari perempuan yang mulai mengenakan jilbab yang penuh dengan pernak pernik, bunga-bunga, dan rumbai-rumbai yang terus melambai-lambai. Bagaimana hukumnya berbusana syari, namun dengan model seperti itu?
  • Tanda Akhir Zaman, Manusia...
    Hikmah
    Sabtu, 02 Desember 2023 - 19:18 WIB
    Di antara tanda dekatnya Hari Kiamat adalah masa di mana orang-orang tidak lagi peduli dari mana ia mendapatkan harta. Apakah dari jalan halal atau haram.
  • Mengapa Wanita Disebut...
    Muslimah
    Minggu, 27 November 2022 - 05:15 WIB
    Tahta, harta dan wanita, sering disebut sebagai sumber fitnah dunia. Kenapa demikian? Dan apa alasannya, wanita sering disebut-sebut sebagai salah satu sumber fitnah dunia tersebut?
  • Menggugurkan Kandungan...
    Tausyiah
    Senin, 19 Agustus 2024 - 15:33 WIB
    Islam membolehkan seorang muslim untuk mencegah kehamilan karena suatu alasan yang mengharuskan, namun di balik itu Islam tidak membenarkan menggugurkan kandungan apabila sudah ujud.
  • Bagaimana Hukum Mengembalikan...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juli 2024 - 14:18 WIB
    Bagaimana hukum mengembalikan atau meminta kembali barang barang seserahan khitbah (lamaran) karena batal menikah? Begini penjelasannya dalam aturan Islam
  • Benarkah Membunuh Cicak...
    Tips
    Selasa, 16 Mei 2023 - 23:06 WIB
    Benarkah membunuh cicak hukumnya sunnah? Pertanyaan ini sering diperbincangkan sebagian kalangan muslim. Yuk simak penjelasan berikut ini.
  • Begini Asbabun Nuzul...
    Tausyiah
    Minggu, 27 September 2020 - 05:00 WIB
    Prof DR Muhammad Ali ash-Shabuni mengatakan banyak riwayat yang mengisahkan tentang sebab turunnya ayat-ayat waris, di antaranya yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.
  • Hukuman atau Hadd bagi...
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 11:07 WIB
    Apabila seorang mukallaf berada dalam keadaan tidak terpaksa meminum khamar, sedangkan ia tahu bahwa yang diminum adalah khamar, maka ia didera 40 kali.
  • Hukum Musik dan Lagu...
    Tausyiah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:21 WIB
    Musik dan lagu boleh menurut syariat Islam. Hanya saja, Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengingatkan hendaklah nyanyian itu jangan berlebihan sebagaimana juga barang-barang lain yang diperbolehkan.
  • Mengenal Mazhab Zhahiri,...
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 22:40 WIB
    Empat mazhab populer Hanafi, Maliki, Syafii dan Hanbali telah sepakat hewan kurban adalah unta, sapi, kambing. Namun, bagi Mazhab Zhahiri, ayam boleh dijadikan sebagai kurban.