Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 23)

  • Hukum Suami Memukul...
    Tips
    Selasa, 04 Januari 2022 - 08:27 WIB
    Hukum seorang suami memukul istri dalam Islam tidak diperbolehkan, bahkan diancam dosa bila memukul istri tanpa ada sebab yang dibenarkan oleh syariat.
  • Memanjangkan dan Memelihara...
    Muslimah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 15:04 WIB
    Memiliki kuku panjang yang bersih, sehat dan cantik, tengah menjadi tren saat ini. Tak hanya dilakukan oleh kaum wanita saja, beberapa kaum pria pun juga sudah banyak yang memanjangkan dan memelihara kuku ini dengan berbagai alasan.
  • Apakah Merokok Membatalkan...
    Tausyiah
    Senin, 28 Maret 2022 - 19:52 WIB
    Apakah merokok membatalkan puasa? Mungkin pertanyaan ini tidak akan muncul dari orang-orang yang tidak merokok. Berikut penjelasannya.
  • Hukum-hukum untuk Bekal...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Desember 2023 - 07:40 WIB
    Setiap amal perbuatan manusia di dunia akan mendapat ganjaran pahala.Amal baik akan mendapat ganjaran pahala yang baik, sebaliknya amal yang buruk akan mendapat ganjaran buruk atas perbuatannya
  • Durhaka kepada Orang...
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 12:50 WIB
    Durhaka kepada orangtua adalah sebesar-besar dosa yang paling besar setelah menyekutukan Allah SWT atau syirik. Itu sebabnya, tidak masuk surga anak yang durhaka.
  • Bolehkah Memakai Cadar...
    Muslimah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 09:15 WIB
    Pemakaian cadar oleh kaum muslimah pada zaman sekarang sudah terlihat biasa, namun bagaimana bila kita berada di tengah masyarakat awam? Bolehkah melakukannya dan bagaimana hukumnya?
  • Aspek Hukum Jimak saat...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Ayat ini membolehkan hubungan seks (bersebadan) di malam hari bulan Ramadan, dan ini berarti bahwa di siang hari Ramadan, hubungan seks tidak dibenarkan.
  • Waktu Penyembelihan...
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juni 2024 - 09:22 WIB
    Waktu penyembelihan kurban mulai dari setelah salat Id di hari raya kurban sampai terbenam matahari pada hari terakhir Tasyriq yaitu tanggal 13 Dzulhijjah.
  • Masih Suka Lepas Pasang...
    Muslimah
    Sabtu, 14 September 2024 - 05:15 WIB
    Bagaimana Islam memandang muslimah yang sering lepas dan pasang jilbab? Pertanyaan ini mengemuka karena dalam keseharian, banyak kaum muslimah yang masih melakukan hal tersebut.
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Rabu, 19 Juni 2024 - 18:37 WIB
    Hukum tajwid Surat Yasin ayat 6-7 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah ilmu atau pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru saat membacanya.
  • Hukum Memelihara Anjing...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Juli 2024 - 19:55 WIB
    Memelihara anjing karena ada kepentingan, misalnya untuk berburu, menjaga tanaman, menjaga binatang dan sebagainya dapat dikecualikan dari hukum memelihara anjing tanpa keperluan.
  • Cara dan Niat Puasa...
    Tips
    Jum'at, 12 April 2024 - 11:01 WIB
    Saatnya menunaikan puasa sunnah Syawal selama 6 hari, sebagai sebagai penyempurna dari puasa di bulan Ramadhan. Begini tata cara dan bacaan niatnya.
  • Haram Hukumnya Menisbatkan...
    Tips
    Jum'at, 13 September 2024 - 18:34 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam tidak membenarkan seorang anak menyandarkan nasabnya kepada orang lain dan dipanggil bukan dengan panggilan ayahnya sendiri.
  • Hadis: Salat Berjamaah...
    Hikmah
    Rabu, 22 November 2023 - 06:09 WIB
    Hadis berikut ini menunjukkan bahwa jemaah paling sedikit adalah yang terdiri dari imam dan satu makmum. Salat berjamaah walaupun hanya berdua lebih utama daripada salat sendirian
  • Syarat Kambing Aqiqah...
    Tips
    Rabu, 14 Juli 2021 - 19:49 WIB
    Syarat kambing aqiqah perlu diketahui kaum muslimin khususnya orangtua yang hendak menunaikan Aqiqah. Apa saja syarat kambing atau domba untuk Aqiqah yang harus dipenuhi?
  • Tata Cara Ziarah Kubur...
    Tips
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 15:35 WIB
    Bagi umat muslim Indonesia, ziarah kubur sudah menjadi tradisi setiap menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Berikut tata cara ziarah kubur sesuai sunnah.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 05:07 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang utang di Bank Syariah menarik untuk disimak. Banyak yang beranggapan bank Syariah itu riba, namun Gus Baha punya pandangan lain.
  • Hukum bagi yang Belum...
    Tausyiah
    Senin, 29 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Bulan suci Ramadan akan segera tiba, dan semua umat Islam wajib melaksanakan puasa Ramadan tersebut. Lantas bagaimana yang masih belum membayar qadha puasa Ramadan sebelumnya dan apa hukumnya?
  • Hukum Menunda Kehamilan...
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 09:36 WIB
    Kian marak pasangan suami istri yang menunda kehamilan atau menunda-nunda untuk memiliki momongan. Banyak alasan mengemuka, salah satunya karena belum siap secara materi, alasan istri masih bekerja dan lain sebagainya.
  • Dalil Keutamaan Membaca...
    Hikmah
    Kamis, 21 September 2023 - 20:11 WIB
    Bagi mayoritas muslim di Indonesia yang bermazhab Syafii, membaca Surat Yasin di malam Jumat adalah hal yang sangat dianjurkan karena banyak keutamaannya.