Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 32)

  • Hukum Gadai dalam Pandangan...
    Tips
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 22:15 WIB
    Gadai biasanya dilakukan bagi orang yang meninggalkan jaminan berupa barang untuk utang. Berikut hukum gadai dalam pandangan syariat Islam.
  • Halal dan Haram: Hukum...
    Tausyiah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 08:33 WIB
    Islam melarang perempuan maupun laki-laki menyambung rambut dengan rambut lain, baik rambut itu asli atau imitasi seperti yang terkenal sekarang ini dengan nama wig.
  • Bolehkah Shalat dengan...
    Muslimah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 08:16 WIB
    Sebagai pakaian bagi muslimah, cadar atau niqab, berbeda dengan kerudung atau jilbab. Cadar, umumnya dipakai menutup muka dan hanya menampakkan kedua mata saja.
  • Hukum Nikah Beda Agama...
    Tausyiah
    Senin, 26 September 2022 - 16:13 WIB
    Banyak pernikahan beda agama di Indonesia dilakukan secara diam-diam atau terang-terangan, bahkan dicatatkan dalam dalam data kependudukan sebagai pasangan terdaftar.
  • Hukum Tajwid Surat An-Nur...
    Tips
    Senin, 22 Januari 2024 - 16:05 WIB
    Hukum tajwid surat an-Nur ayat 24 lengkap dengan penjelasannya. Surat ini terdapat beberapa hukum tajwid di antaranya mad thabii, mad layyin, idzhar syafawi, ikhfa syafawi, ra tafkhim, dan mad aridh lissukun.
  • Hukum Melawak, Syaikh...
    Hikmah
    Minggu, 03 September 2023 - 11:51 WIB
    Apakah Islam membolehkan seni semacam komedi, humor, atau lawak? Syaikh Yusuf al-Qardhawi menyebut sebagian sahabat Nabi ada yang bersenda gurau dan Rasulullah SAW pun membiarkan dan menyetujui.
  • Anjuran Menyemir Uban...
    Tips
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:43 WIB
    Menyemir uban dalam Islam termasuk perkara yang disunnahkan. Rasulullah shollallahu alaihi wasallam memerintahkan umatnya menyemir uban untuk menyelisihi ahli kitab.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Sabtu, 28 September 2024 - 07:35 WIB
    Hukum tajwid surat Al Insyiqaq ayat 1-5 ini perlu dipahami dan dipelajari oleh setiap muslim supaya ketika membaca nantinya tidak terjadi kesalahan.
  • Bolehkah Memadukan Puasa...
    Muslimah
    Minggu, 11 April 2021 - 15:00 WIB
    Di kalangan muslimah terkadang terselip niat puasa sambil berdiet karena menilai puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Bagaimana sebenarnya hukum puasa sambil berdiet ini?
  • Hukum Haji dengan Harta...
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:19 WIB
    Hukum haji bisa tidak sah jika biaya pelaksanaan ibadah ini didapat dari jalan yang tidak benar, misal hasil merampok, menipu, mencuri, membungakan uang, korupsi, suap dan lainnya.
  • Hukum Infak, Sedekah...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:48 WIB
    Zakat, infak dan sedekah sangat akrab di telinga kaum muslimin seolah sudah menjadi satu kesatuan. Banyak yang bertanya apakah ketiga istilah itu sama maknanya. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Habib yang Mengaku...
    Hikmah
    Selasa, 13 Agustus 2024 - 14:57 WIB
    KH Imaduddin Utsman Al-Bantanie meyakini habib di Indonesia yang mengaku dirinya keturunan Nabi Muhammad SAW adalah tidak benar. Lalu, bagaimana hukum orang yang mengklaim diri sebagai sebagi keturunan Rasulullah SAW?
  • Cara Membaca Tajwid...
    Tips
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 08:11 WIB
    Hukum tajwid Surat An-Nas penting dipelajari umat Islam agar tidak salah ketika membacanya. Surat An-Nas terdiri 6 ayat diturunkan sesudah Surat Al-Falaq.
  • Haram Hukumnya, Duduk-Duduk...
    Tausyiah
    Sabtu, 14 November 2020 - 13:32 WIB
    Setiap muslim diperintah untuk menghentikan kemungkaran kalau menyaksikannya. Tetapi kalau tidak mampu dia harus menyingkir dan menjaga masyarakat dan keluarganya.
  • Menolak Hukuman dengan...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Ini tidak termasuk menggugurkan hukuman sebagaimana disebutkan oleh sebagian orang, tetapi pada dasarnya had belum wajib karena belum memenuhi seluruh rukun dan syaratnya.
  • Hukum Berkurban untuk...
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 21:25 WIB
    Hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal perlu diketahui umat Islam supaya tidak salah kaprah dalam menafsirkan hukum. Begini penjelasannya.
  • Mad Lazim: Pengertian,...
    Tips
    Kamis, 06 Juli 2023 - 12:21 WIB
    Mad lazim merupakan salah satu cara cara baca di dalam Al-Quran yang wajib diketahui oleh seluruh umat Islam. Sebab, hukum bacaan yang satu ini kerap di temui dalam ayat-ayat Al-Quran.
  • Pelaksanaan Puasa Syawal...
    Tausyiah
    Sabtu, 13 April 2024 - 05:15 WIB
    Dalam praktik atau pelaksanaannya, puasa 6 hari di bulan Syawal ini masih banyak yang belum memahami. Bahkan muncul pertanyaan, haruskah dilaksanakan berturut-turut atau boleh dicicil?
  • Hukum Istimta, Syaikh...
    Tausyiah
    Senin, 26 Agustus 2024 - 16:50 WIB
    Kadang-kadang darah pemuda bergelora, kemudian dia menggunakan tangannya untuk mengeluarkan mani supaya alat kelaminnya itu menjadi tenang dan darahnya yang bergelora itu menurun.
  • Bolehkah Tampil Cantik...
    Muslimah
    Sabtu, 13 November 2021 - 14:52 WIB
    Tak hanya dengan bahan alami, kaum Hawa yang ingin cantik juga melakukannya dengan beragam cara, salah satunya dengan melakukan operasi plastik atau operasi bedah kosmetik