Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 33)

  • Aspek Hukum Puasa: Mereka...
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 14:44 WIB
    Orang-orang tua atau orang yang mempunyai pekerjaan yang sangat berat, sehingga puasa sangat memberatkannya, sedang ia tidak mempunyai sumber rezeki lain kecuali pekerjaan itu.
  • Hukuman atau Hadd bagi...
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 11:07 WIB
    Apabila seorang mukallaf berada dalam keadaan tidak terpaksa meminum khamar, sedangkan ia tahu bahwa yang diminum adalah khamar, maka ia didera 40 kali.
  • Hukum Memberi Hadiah...
    Tausiyah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 21:22 WIB
    Dalam kajian Kitab Al- Mukhtar Minal Anwar fii Shuhbatil Akhyar, Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan (Pengasuh dan Pengajar Ponpes Al-Fachriyah Tangerang) menjelaskan beberapa hak persaudaraan.
  • Bolehkah Umrah Berkali-kali...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 23:12 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang mengerjakan Umrah berkali-kali dalam satu kali safar. Bagaimana hukumnya dalam syariat, bolehkah? Berikut penjelasannya.
  • Polisi di Masa Khulafa...
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 16:51 WIB
    Polisi dalam Islam disebut Syurthah, pernah mengukir kenangan indah pada masa Khulafa Ar-Rasyidin. Mereka menjadi pilar penting dalam penegakan syariat.
  • Dosa Besar Zina dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Apabila seorang hamba berzina keluarlah iman darinya. Lalu iman itu berada di atas kepalanya seperti naungan, maka apabila dia telah bertobat, kembali lagi iman itu kepadanya
  • Mengenal Hukum Subsidi...
    Dunia Islam
    Selasa, 06 September 2022 - 14:59 WIB
    Istilah subsidi kini menjadi perbincangan hangat menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Berikut pengertian subsidi dalam sistem ekonomi Islam.
  • Siyasah atau Politik...
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 11:49 WIB
    Kata ini terambil dari akar kata sasa-yasusu yang biasa diartikan mengemudi, mengendalikan, mengatur, dan sebagainya. Dari akar kata yang sama ditemukan kata sus yang berarti penuh kuman, kutu, atau rusak
  • Hikmah Agama Menurut...
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 14:49 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan tujuan seorang Rasul diutus kepada umat manusia antara lain untuk mengajarkan Kitab Suci dan hikmah kepada mereka. Lalu, apa itu hikmah?
  • Hadis yang Digunakan...
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Agama tidak turut campur dalam urusan-urusan manusia yang didorong oleh insting dan kebutuhan duniawinya. Kecuali jika telah terjadi sikap berlebihan, mengurangi atau penyimpangan.
  • Hukum Haji Menggunakan...
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 17:45 WIB
    Hukum haji menggunakan dana talangan adalah mubah dengan syarat, demikian fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Di sisi lain, ada yang berpendapat dilarang.
  • Hukum Istri Mendiamkan...
    Muslimah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 16:03 WIB
    Dalam Islam, hukum seorang istri mendiamkan suami sebenarnya diperbolehkan, dengan catatan jika tujuannya untuk menghindari pertengkaran yang sia-sia. Kenapa demikian?
  • Inilah Hukum Menamai...
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 16:43 WIB
    Nama biasanya dikaitkan dengan doa-doa orang tuanya. Salah satunya keinginan memberikan nama anak yang baru lahir dengan nama-nama malaikat. Namun bagaimana hukumnya menurut pandangan syariat?
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Senin, 12 September 2022 - 06:30 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang hukum sholat awal waktu menarik untuk disimak. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa sholat di awal waktu hukumnya wajib.
  • Tata Cara Ziarah Kubur...
    Tips
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 15:35 WIB
    Bagi umat muslim Indonesia, ziarah kubur sudah menjadi tradisi setiap menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Berikut tata cara ziarah kubur sesuai sunnah.
  • Dalil Puasa Rajab dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:59 WIB
    Dalil puasa Rajab dan pandangan hukumnya menurut ulama penting kita ketahui, sebelum melaksanakan puasa sunnah yang akan dilaksanan di Bulan Rajab.
  • Doa Minum Obat dan Mohon...
    Tips
    Senin, 27 September 2021 - 16:24 WIB
    Doa minum obat merupakan salah satu ikhtiar ketika akan minum obat untuk memohon kesembuhan dari sakit yang sedang kita alami. Dengan berdoa kita berharap Allah Subhanahu wa taala mengangkat penyakitnya.
  • Anjuran Menyemir Uban...
    Tips
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:43 WIB
    Menyemir uban dalam Islam termasuk perkara yang disunnahkan. Rasulullah shollallahu alaihi wasallam memerintahkan umatnya menyemir uban untuk menyelisihi ahli kitab.
  • Hukum Malas Bekerja...
    Tausyiah
    Jum'at, 04 September 2020 - 05:00 WIB
    Setiap muslim tidak halal bermalas-malasan bekerja untuk mencari rezeki dengan dalih karena sibuk beribadah atau tawakkal kepada Allah, sebab langit ini tidak akan mencurahkan hujan emas dan perak.
  • Hukum Membaca Al-Fatihah...
    Tips
    Selasa, 06 September 2022 - 11:46 WIB
    Hukum membaca Al-Fatihah sebelum membaca Al-Quran adalah sesuatu amalan yang tidak dicontohkan Rasulullah SAW maupun para sahabat nabi ra. Hal itu sebagai sesuatu yang diada-adakan.