Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 35)

  • Hukum Melepas Alas Kaki...
    Tips
    Kamis, 10 Juni 2021 - 11:48 WIB
    Seringkali ada adab yang terlupa ketika berziarah kubur ini, salah satunya yakni melepas alas kaki ketika di kuburan. Bagaimana sebenarnya hukum melepas alas kaki di kuburan ini?
  • Bagaimana Hukum Berwudhu...
    Muslimah
    Minggu, 26 Desember 2021 - 19:16 WIB
    Amalan agar tidur mendapat pahala dan berkah, serta dijauhi dari gangguan setan adalah dengan berwudhu sebelum tidur. Namun, apakah anjuran ini juga berlaku untuk wanita yang tengah haid?
  • Siyasah atau Politik...
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 11:49 WIB
    Kata ini terambil dari akar kata sasa-yasusu yang biasa diartikan mengemudi, mengendalikan, mengatur, dan sebagainya. Dari akar kata yang sama ditemukan kata sus yang berarti penuh kuman, kutu, atau rusak
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Rabu, 20 Desember 2023 - 19:06 WIB
    Mempelajari tajwid Surat Al Furqon ayat 2 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim. Pasalnya membaca ayat suci Al - Quran sesuai dengan tajwid atau hukum bacaan adalah hal yang wajib dilakukan.
  • Neraka Saqar Tempat...
    Tausyiah
    Minggu, 27 November 2022 - 13:51 WIB
    Ibadah sholat bukan perkara main-main. Mereka yang malas mengerjakan sholat dan sengaja meninggalkannya akan dihukum dengan ancaman neraka Saqar.
  • Benarkah Menikah di...
    Muslimah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 15:32 WIB
    Menikah di bulan Muharram bagi sebagian kalangan terutama masyarakat di Pulau Jawa sangat ditabukan atau dilarang, terutama di bulan Suro atau hari Asyura (hari ke-10 bulan Muharram). Benarkah demikian?
  • Benarkan Pintu Ijtihad...
    Tausyiah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:45 WIB
    Sebagian ulama berpendapat bahwa pintu ijtihad telah tertutup. Ini digelorakan ulama mutakhirin setelah dunia Islam diliputi kabut taashub mazhab serta banyaknya mujtahid karbitan.
  • Apa Hukum Sumpah Pocong...
    Tausyiah
    Minggu, 11 Agustus 2024 - 05:15 WIB
    Hukum sumpah pocong dalam agama Islam membuat sebagian orang Muslim penasaran. Tak sedikit juga yang mempertanyakan legalitas hingga dasar hukumnya.
  • Berdebat dalam Al-Quran...
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 10:49 WIB
    Sebuah perbedaan merupakan salah satu ketetapan Allah yang menjadikan kehidupan di dunia ini semakin beragam. Perbedaan pendapat, keyakinan, dan perilaku manusia merupakan sebuah keniscayaan.
  • Hukum Mengusap Kepala...
    Tausiyah
    Senin, 13 Januari 2020 - 22:32 WIB
    Bagaimana hukum mengusap kepala ketika berwudhu? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI) berdasarkan pandangan 4 mazhab.
  • Melukis Merupakan Salah...
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 10:46 WIB
    Al Quran menjelaskan tentang melukis atau menggambar, bahwa itu merupakan salah satu perbuatan Allah SWT. Dia yang telah memberi rupa yang indah, terutama terhadap makhluk hidup.
  • Hukum Memberi Hadiah...
    Tausiyah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 21:22 WIB
    Dalam kajian Kitab Al- Mukhtar Minal Anwar fii Shuhbatil Akhyar, Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan (Pengasuh dan Pengajar Ponpes Al-Fachriyah Tangerang) menjelaskan beberapa hak persaudaraan.
  • Hukum Memakai Busana...
    Muslimah
    Sabtu, 16 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Salah satu perkara dari hukum memakai busana syari yang diduga mampu menarik perhatian para lelaki adalah mengenai warna warni pakaian yang dikenakan
  • Benarkah Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 11:28 WIB
    Kita sering mendengar kabar bahwa Nabi Muhammad SAW memelihara kucing bernama Muizzah (Muezza). Benarkah Rasulullah SAW memelihara kucing? Simak ulasannya berikut ini.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 15:09 WIB
    Mempelajari tajwid Surat Al Maidah ayat 90 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim.
  • Hukum Donor Organ Tubuh...
    Tips
    Selasa, 22 November 2022 - 15:36 WIB
    Aktivitas donor organ tubuh banyak dilakukan masyarakat dengan sejumlah alasan tertentu. Berikut hukum donor organ tubuh dalam pandangan Islam.
  • Makanan Halal: Tidak...
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:29 WIB
    Al-Quran mengharamkan: Memakan sembelihan yang disembelih selain atas nama Allah, Janganlah kamu memakan apa-apa yang tidak disebut nama Allah atasnya, karena yang demikian itu adalah kefasikan
  • Bagaimana Hukum Orang...
    Tips
    Senin, 27 April 2020 - 17:10 WIB
    Syariat Islam memberi perhatian besar terhadap kewajiban puasa Ramadhan karena termasuk rukun Islam. Bagaimana hukum orang yang tidak puasa Ramadhan tanpa uzur syari?
  • Sumber Hukum Islam yang...
    Muslimah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 17:43 WIB
    Umat Islam mengenal empat sumber hukum sebagai pijakan menjalani kehidupan bermasyarakat. Keempat sumber hukum itu adalah Al-Quran, As-sunnah (Hadis), Ijma, dan Qiyas.
  • Bolehkah Umrah Berkali-kali...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 23:12 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang mengerjakan Umrah berkali-kali dalam satu kali safar. Bagaimana hukumnya dalam syariat, bolehkah? Berikut penjelasannya.