Topik Terkait: Hukum Nazar (halaman 18)

  • Hukum Cadar dan Celana...
    Tausiyah
    Kamis, 14 November 2019 - 17:19 WIB
    Cadar dan celana cingkrang sempat ramai diperbincangkan menyusul adanya wacana pelarangan oleh pejabat Kemenag belum lama ini. Bagaimana sebenarnya hukum memakai cadar dan celana cingkrang?
  • Bolehkah Wanita Bersafar...
    Muslimah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Bolehkan wanita bersafar (bepergian) tanpa mahram? Pertanyaan ini umumnya ditujukan untuk wanita muslimah yang akan bepergian seorang diri.
  • Hukum Menyimpan Daging...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juli 2021 - 18:27 WIB
    DI era kini, dengan adanya alat pendingin, tak sedikit dari umat Islam yang menyimpan daging kurban sampai berhari-hari. Lalu bagaimana hukum perbuatan semacam ini?
  • Kasus Beda Pendapat...
    Hikmah
    Selasa, 29 November 2022 - 08:12 WIB
    Salah satu sebab utama ikhtilaf di antara para sahabat itu adalah prosedur penetapan hukum untuk masalah-masalah baru yang tidak terjadi pada zaman Rasulullah SAW.
  • Apa Hukum Suap-menyuap...
    Hikmah
    Kamis, 08 Februari 2024 - 17:16 WIB
    Apa hukum suap-menyuap dalam Islam? Pertanyaan ini menjadi pembahasan yang penting diketahui umat Muslim. Karena perkara suap-menyuap tidak lagi menjadi hal asing di zaman sekarang
  • Selingkuh, Hukum dan...
    Muslimah
    Jum'at, 28 April 2023 - 08:25 WIB
    Selingkuh atau perselingkuhan kembali ramai diperbincangkan di kalangan masyarakat. Bagaimana sebenarnya Islam memandang tentang perselingkuhan ini? Dan bagaimana hukumnya dalam syariat?
  • Mimpi Basah saat Puasa...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 03:05 WIB
    Mimpi basah saat puasa apakah membatalkan puasa? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh setiap muslim, mengingat mengeluarkan air mani secara sengaja memang akan membuat puasa batal.
  • Debat Capres Cawapres:...
    Hikmah
    Selasa, 23 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Kata shura bermakna musyawarah dalam arti mengeluarkan setiap perbedaan pendapat atas sesuatu untuk melahirkan kebaikan dan kebenaran yang ada di dalamnya.
  • Kisah Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Selasa, 05 April 2022 - 03:05 WIB
    Kisah Rasulullah SAW dan sahabat kesiangan sehingga melewatkan waktu Subuh menarik untuk dikaji. Kisah ini menjadi jawaban syariat bagi yang tidak sholat karena tertidur.
  • Siapa Saja yang Wajib...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 21:34 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa, disyariatkan untuk mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah. Berikut orang-orang yang wajib mengqodho dan membayar fidyah.
  • 10 Syarat Ijtihad Menurut...
    Tausyiah
    Rabu, 16 November 2022 - 09:09 WIB
    Tidak sembarang orang bisa melakukan ijtihad. Prof Kiai Haji Ibrahim Hosen menyebut setidaknya ada 10 syarat seseorang bisa menjadi mujtahid (orang melakukan ijtihad).
  • Pembayaran Zakat Fitrah...
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 19:43 WIB
    Zakat fitrah memiliki dimensi sosial yang sangat kuat. Mengandung banyak hikmah dari segi waktu pelaksanaannya, materi zakatnya, orang yang terkena kewajiban, dan mereka yang berhak menerima..
  • Rasulullah SAW Gemar...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Agustus 2024 - 06:03 WIB
    Olahraga tinju cukup populer di Tanah Air. Begitu juga pertandingan MMA (Mixed Martial Arts). Permainan ini menarik banyak peminat meskipun menampilkan pertunjukan berdarah-darah. Lalu, bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Bias Gender: Penjelasan...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 15:09 WIB
    Nasaruddin Umar menjelaskan beberapa ayat yang sering dipermasalahkan karena cenderung memberikan keutamaan kepada laki-laki. Hampir semua tafsir yang ada mengalami gender bias, katanya.
  • Berikut Ini Pendapat...
    Tausyiah
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:03 WIB
    Ahlul Madinah berpendapat dan ulama yang sependapat dengan mereka dari kalangan Zhahiriyah serta jamaah dari kaum shufi bahwa menyanyi itu diperbolehkan, meskipun dengan gitar dan biola.
  • Nasaruddin Umar: Ajaran...
    Muslimah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:54 WIB
    Nasaruddin Umar mengatakan ajaran Islam tidak menganut paham menstrual taboo. Paham ini berkembang dalam agama Yahudi. Darah menstruasi dianggap darah tabu (menstrual taboo).
  • Rasulullah SAW Tidak...
    Tausyiah
    Kamis, 30 Mei 2024 - 09:04 WIB
    Sejarah kehidupan Rasulullah SAW membuktikan bahwa beliau tidak melarang nyanyian yang tidak mengantar kepada kemaksiatan. Kaum Anshar di Madinah menyambut Rasulullah SAW juga dengan nyanyian.
  • Syarat Ketat Bagi Panitia...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 11:19 WIB
    Perayaan Iduladha akan disertai dengan penyembelihan hewan kurban. Karenanya, dalam perayaan tersebut umumnya dibentuk panitia Iduladha atau panitia kurban. Untuk menjadi panitia kurban, ternyata ada syarat-syarat tertentu yang wajib dipatuhi.
  • Doa dan Amalan Penghapus...
    Tips
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 12:57 WIB
    Doa dan amalan penghapus dosa zina, merupakan ikhtiar agar kita diampuni dosa dosa karena perbuatan zina. Dalam Islam, zina termasuk dosa besar yang memiliki hukuman yang berat baik di dunia maupun di akhirat.
  • Meninggal sebelum Melaksanakan...
    Hikmah
    Senin, 29 Mei 2023 - 07:08 WIB
    Orang yang terkena kewajiban haji dan meninggal sebelum melaksanakannya, maka boleh diambilkan dari hartanya biaya untuk menghajikan dan mengumrahkannya.