Topik Terkait: Imam Ibnu Qayyim (halaman 3)

  • 15 Kalam Indah Imam Syafii
    Hikmah
    Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:08 WIB
    Imam Syafii bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafii Al-Muththalibi Al-Qurasyi. Berikut 15 kalam indah Imam Syafii yang penuh hikmah.
  • Ilmu Hikmah: Jangan Bersandar Pada Amal Tapi Bersandarlah kepada Allah
    Hikmah
    Jum'at, 26 November 2021 - 05:05 WIB
    Dalam urusan ibadah hendaknya setiap orang bersandar kepada Allah semata, bukan kepada amalannya. Berikut penjelasan Syekh Ibnu Athoillah As-Sakandari dalam Kitab Al-Hikam.
  • Imam Al-Ghazali (2): Tarekat sampai Untung dan Rugi
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 17:11 WIB
    Seorang murid harus mengurangi sampai batas minimun, perhatiannya terhadap hal-hal biasa seperti masyarakat dan lingkungannya, karena kapasitas perhatian (sangatlah) terbatas.
  • Mengenal Imam Muslim, Ulama Ahli Hadis Kelahiran Naisabur
    Hikmah
    Sabtu, 03 Oktober 2020 - 22:34 WIB
    Bagi kaum muslimin, nama Imam Muslim sudah tidak asing lagi. Beliau dikenal sebagai ulama ahli hadis setelah Imam Al-Bukhari. Nama kitab beliau yang mahsyur adalah Shahih Muslim.
  • Inilah Pujian Ulama kepada Imam Al-Ghazali
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 08:05 WIB
    Imam Al-Ghazali adalah tokoh ulama besar, ahli fiqih dan tasawuf yang dikagumi banyak ulama dan kaum muslimin. Beliau dijuluki mujaddid abad kelima Hijriyah.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Imam Hambali, Dipenjara dan Disiksa Karena Teguh Pendiriannya
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 15:25 WIB
    Imam Syafii berkata, aku keluar Baghdad, sementara itu tidak aku tinggalkan di kota itu orang yang lebih wara, lebih fakih, dan lebih bertakwa daripada Ahmad bin Hambal.
  • Pengaruh Doa Rasulullah SAW Pada Jalan Hidup Ibnu Abbas
    Hikmah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 15:19 WIB
    Ibnu Abbas bersama Rasulullah SAW selagi masih becil. Rasulullah wafat sebelum ia mencapai usia dewasa. Nabi SAW selalu mendoakan supupunya itu. Dan doa itu memperngaruhi jalan hidupnya.
  • Black Death, Wabah Itu Akhirnya Merenggut Ibnu al-Wardi
    Hikmah
    Selasa, 14 April 2020 - 07:38 WIB
    Ibnu al-Wardi mencatat secara detail peristiwa bencana wabah Thoun. Namun ia akhirnya tertular. Hanya dalam waktu dua hari, ia dikirim ke alam baqa.
  • Menikah, Resep Ibnu Sina kepada Pemuda yang Sakit
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 08:21 WIB
    Karya Ibnu Sina yang sangat terkenal adalah Qanun fi Thib atau The Canon of Medicine yang merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.
  • Biografi Ibnu Aqil, Penulis Kitab Terbesar dalam Islam dan Kisahnya yang Unik
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 19:10 WIB
    Berikut biografi ulama penulis Kitab Al-Funun, kitab terbesar dan paling tebal dalam sejarah Islam. Kitab ini ditulis Ibnu Aqil, seorang ulama besar Hanbali asal Baghdad.
  • Mandrasah Pertama yang Menggodok Keilmuan Imam Syafii
    Muslimah
    Senin, 04 Januari 2021 - 18:41 WIB
    Kehebatan Imam Asy Syafii tak terlepas dari peran ibundanya, yakni Fatimah binti Ubaidillah Azdiyah. Siapakah ia dan bagaimana perannya dalam melahirkan tokoh dan pakar ilmu yang sangat hebat ini?
  • Kumpulan Nasihat Syeikh Ibnu Athaillah (Bagian 1)
    Tausiyah
    Sabtu, 01 Juni 2019 - 08:30 WIB
    Syeikh Ibnu Athaillah atau Syekh Ahmad ibnu Muhammad Ibnu Athaillah As-Sakandari adalah sosok sufi terkemuka di dunia yang juga pengarang Kitab Al-Hikam. Berikut nasihatnya.
  • Imam Nawawi: Makan Sahur Memiliki Keberkahan Dunia dan Akhirat
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Sesungguhnya ia mengandung terjaga dari tidur, zikir dan doa pada saat itu, di mana waktu tersebut adalah waktu turunnya Malaikat, penerimaan doa dan istighfar, dan kemungkinan ia mengambil wudhu lalu salat
  • Ibnu Katsir: Karyanya Berkuaitas Tinggi, Tak Lekang oleh Sejarah
    Dunia Islam
    Jum'at, 12 November 2021 - 16:29 WIB
    Ibnu Katsir adalah sosok ulama yang menguasai beragam bidang keilmuan. Kepakarannya dibuktikan dengan karya-karya berkualitas tinggi, tidak lekang oleh sejarah, dan masih dapat dinikmati hingga kini.
  • 4 Keistimewaan dan Kemuliaan Nabi Adam Menurut Ibnu Katsir
    Hikmah
    Sabtu, 25 November 2023 - 09:17 WIB
    Engkau Adam, ayah manusia, Allah menciptakanmu dengan tangan-Nya, meniupkan roh ciptaan-Nya padamu, memerintahkan para malaikat sujud padamu, dan mengajarkan nama segala sesuatu padamu
  • Dahsyatnya Hari Kiamat: Sifat-Sifat Dajjal, Menurut Ibnu Katsir
    Tausyiah
    Rabu, 01 September 2021 - 15:02 WIB
    Dajjal itu buta sebelah matanya, berkilau, dan hina. Ia juga berambut lebat. Dalam berbagai hadis disebutkan bahwa ia pendek dan di hadis lain tinggi
  • Imam Syafii Dibebaskan dari Hisab Hari Kiamat Berkat Shalawat Ini
    Tausyiah
    Jum'at, 13 November 2020 - 21:09 WIB
    Apa yang membuat Rasulullah SAW memohon kepada Allah agar tidak menghisab Imam Syafii di hari Kiamat? Ternyata berkat shalawat yang beliau baca.
  • Al-Idrisi sang Pemandu Marcopolo, Ibnu Batutta, dan Colombus
    Dunia Islam
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 09:58 WIB
    Para penjelajah dunia macam Marcopolo, Ibnu Batutta, dan Christopher Columbus boleh jadi akan kandas meraih ambisi tanpa alat yang diciptakan oleh Al-Idrisi. Alat iu adalah peta yang akurat.
  • Pesan Ibnu Taimiyah : Sediakan Waktu Khusus untuk Selalu Muhasabah Diri
    Tausyiah
    Sabtu, 29 April 2023 - 09:00 WIB
    Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Majmu Fatawa-nya, memberi nasehat penting bahwa setiap muslim harus menyiapkan dan meluangkan waktu khusus untuk bermuhasabah.
  • Cara Mendapatkan Kenikmatan Ibadah Menurut Ulama
    Muslimah
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 12:21 WIB
    Ternyata sangat mudah bagi orang Islam untuk mendapatkan kenikmatan ibadah. Tentu saja, ada caranya untuk merasakan nikmatnya beribadah tersebut. Apa dan bagaimana caranya?