Topik Terkait: Kalkulator Zakat Sapi Dan Kambing

  • Pengertian Kalkulator Zakat Emas dan Cara Menghitungnya
    Tips
    Kamis, 19 Januari 2023 - 16:42 WIB
    Kalkulator zakat emas adalah layanan yang bisa dimanfaatkan kaum muslim untuk memudahkan dalam penghitungan zakat emas. Berikut cara menghitung zakat emas.
  • Kalkulator Zakat Ternak Sapi dan Kambing, Begini Cara Menghitungnya
    Tips
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 23:49 WIB
    Kalkulator zakat ternak sapi dan kambing termasuk kategori zakat maal. Zakat sapi dan kambing ini wajib dikeluarkan seorang muslim apabila telah mencapai nisab dan haul.
  • Konsep  Zakat Syari’ah dan Zakat Thariqah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 20:19 WIB
    Seperti halnya salat, Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani juga membagi zakat menjadi dua: zakat syariah dan zakat thariqah. Zakat thariqah menjurus ke zakat pahala. Apa itu?
  • Hukum Menunda Zakat Mal Dan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • Mengenal Amil Zakat, Tugas, dan Syaratnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 17:06 WIB
    Membayar zakat adalah kewajiban bagi masing-masing umat muslim yang mampu, akan tetapi yang kurang mampu harus menerima zakat. Maka dari itu, kita membutuhkan amil zakat untuk membantu kita.
  • 3 Syarat Menunaikan Zakat Fitrah dan Orang yang Wajib Dinafkahi
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 23:17 WIB
    Menunaikan zakat merupakan satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim. Ada tiga syarat wajib menununaikan Zakat Fitrah yang perlu kita ketahui.
  • Hubungan Perintah Sholat dan Zakat dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 13:24 WIB
    Perintah sholat dan zakat adalah perintah yang sering kali disebut dan berulang-ulang dibahas dalam Al-Quran. Sholat disebut juga sebagai ibadah habluminaullah, sedangkan zakat disebut hablumninnas.
  • Ini Tiga Perbedaan Zakat dan Sedekah
    Tips
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 14:16 WIB
    Salah satu amal baik yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah sedekah. Di samping sedekah, di bulan Ramadan umat Islam diwajibkan membayar zakat fitrah.
  • Hukum Bayar Zakat Fitrah Online Beserta Niat dan Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 26 April 2022 - 17:15 WIB
    Ketika membayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, biasanya kita perlu melakukan doa sebagai tanda terima dari zakat yang telah kita berikan. Lantas bagaimana dengan hukum zakat online?
  • 4 Rukun Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi
    Hikmah
    Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
    Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.
  • Doa dan Niat Menyerahkan Zakat Fitrah Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Sabtu, 16 April 2022 - 00:05 WIB
    Di antara kewajiban seorang muslim adalah menunaikan zakat fitrahnya. Karena sesungguhnya puasa Ramadhan tergantung di antara langit dan bumi, dan tidak akan terangkat melainkan dengan zakat fitrah.
  • Macam-macam Zakat Selain Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 04:01 WIB
    Zakat merupakan amalan penting bagi umat muslim. Dalam Islam dikenal dua jenis zakat. Pertama adalah zakat fitrah, kedua adalah zakat harta atau zakat mal.
  • Nggak Mudik, Kirim Duit ke Kampung untuk Bayar Zakat, Sahkah?
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 15:59 WIB
    Bagaimana ketentuan zakat fitrah itu? Bolehkah membayar zakat dititipkan kepada orang lain di wilayah yang jauh dari tempat tinggal si pembayar zakat?
  • Inilah Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah dan Dalilnya
    Tausyiah
    Selasa, 11 April 2023 - 08:03 WIB
    Zakat fitrah diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan di bulan Ramadan menjelang Idul Fitri. Lantas siapa saja yang berhak menerima zakat fitrah ini?
  • Haruskah Bayi atau Janin dalam Kandungan Membayar Zakat Fitrah?
    Muslimah
    Kamis, 13 April 2023 - 11:02 WIB
    Mulai 10 hari terakhir sebelum Idul Fitri tiba, semua umat muslim wajib membayar zakat fitrah. Lantas, bagaimana hukum zakat fitrah bagi bayi yang baru lahir atau janin yang masih dalam kandungan?
  • Cara Menghitung Zakat Pertanian dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Rabu, 22 Juni 2022 - 10:05 WIB
    Pertanian termasuk salah satu katagori hasil usaha yang wajib ditunaikan zakat-nya. Bagaimana cara menghitung zakat pertanian ini dan apa dalil yang menguatkannya?
  • Membayar Zakat Fitrah Secara Online, Sahkah?
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 05:55 WIB
    Allah menitipkan harta benda kepada manusia bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berbagi ke orang-orang sekitar. Zakat juga difungsikan untuk menyucikan harta.
  • Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 23:39 WIB
    Zakat merupakan rukun Islam yang keempat. Artinya, zakat merupakan salah satu hal yang penting dalam Islam. Berikut kriteria harta yang wajib dizakati.
  • Mereka yang Berhak Menerima Zakat, Apakah Harus Dibagi Rata kepada 8 Golongan?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 11:17 WIB
    Para ulama berselisih pendapat berkenaan dengan delapan golongan yang berhak menerima zakat, apakah wajib menyerahkan harta zakat kepada setiap golongan atau boleh diserahkan kepada sebagian golongan saja.
  • Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi, Wapres Dorong Segera Keluarkan Zakat
    Dunia Islam
    Selasa, 29 Maret 2022 - 14:26 WIB
    Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mendorong muzakki atau orang yang wajib zakat, agar segera mengeluarkan zakat setahun sekali ketika Ramadhan tiba.