Topik Terkait: Kalkulator Zakat (halaman 3)

  • Beda Pendapat 4 Mazhab tentang Zakat Harta Penghasilan
    Tips
    Kamis, 09 Maret 2023 - 13:33 WIB
    Para imam mazhab empat berbeda pendapat yang cukup kisruh tentang harta penghasilan. Abu Hanifah berpendapat harta penghasilan itu dikeluarkan zakatnya bila mencapai masa setahun penuh.
  • Pintu-pintu Surga Terbuka Bagi yang Mengeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 12:01 WIB
    Kemuliaan yang dikaruniakan Allah Taala kepada umat Nabi Muhammad adalah kekhususan pahala dan fadhilah sebesar-besarnya bagi orang yang menunaikan zakat.
  • Zakat Konsep Harta yang Bersih Menurut Kiai Masdar Masudi
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 17:32 WIB
    Mengkaitkan soal pemerataan, dengan konsep zakat bukan merupakan hal yang tak masuk akal. Bahkan mengkaitkannya dengan rukun Islam yang lain bukan merupakan perkara mustahil.
  • Bolehkah Bayar Zakat Fitrah Dengan Uang?
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 10:00 WIB
    KINI Ramadhan berada di penghujung bulan. Sebagian kita yang beriman pasti sedih akan ditinggalkannya meskipun masih ada beberapa hari lagi untuk menjemput lailatul qadar.
  • 4 Perbedaan Kurban dan Zakat
    Tausyiah
    Rabu, 08 Juni 2022 - 15:34 WIB
    Ada banyak perbedaan antara kurban dengan zakat, meskipun juga ada banyak kesamaan. Namun yang perlu lebih digarisbawahi adalah perbedaannya.
  • Tuntutan Zakat Fitrah Berdasar Hadis Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 16:44 WIB
    Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.
  • 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 04:09 WIB
    Dalam prinsip Islam, membayar zakat bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga merupakan cara untuk membersihkan harta serta memperlihatkan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. Lantas siapa saja yang berhak menerima zakat tersebut?
  • Ini Mengapa Kisah Tsalabah Ingkar Membayar Zakat Diragukan Kebenarannya
    Hikmah
    Senin, 22 Maret 2021 - 17:59 WIB
    Al-Albani berkata: Hadis ini mungkar, sekalipun sangat masyhur. Kecacatannya terletak pada Ali bin Yazid Al-Alhani, dia seorang yang matruk. Dan Muan juga seorang yang lemah.
  • Kirim Duit ke Kampung untuk Bayar Zakat Fitrah, Bolehkah?
    Tips
    Kamis, 14 Mei 2020 - 03:39 WIB
    Para ulama Syafiiyah memberikan ketentuan zakat fitrah didistribusikan pada tempat di mana seseorang berada pada saat terbenamnya matahari di hari akhir Ramadhan.
  • Apakah Boleh Bayar Zakat Fitrah Online?
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 12:55 WIB
    Apakah boleh membayar zakat fitrah secara online? Pertanyaan ini mengemuka dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, termasuk perihal pembayaran zakat.
  • 4 Rukun Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi
    Hikmah
    Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
    Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Zakat Fitrah Kewajiban Pribadi yang Memiliki Konsekuensi Sosial
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 16:33 WIB
    Dalam praktik yang melembaga dan mapan sebagai adat kita semua, manifestasi dari Lebaran itu ialah sikap-sikap dan perilaku kemanusiaan yang setulus-tulusnya dan setinggi-tingginya
  • Bolehkah Harta Zakat Didistribusikan untuk Korban Terdampak Corona?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Distribusi zakat untuk mereka yang terdampak Covid-19 perlu mendapat kajian ulama dan pemerintah. Apakah harta zakat boleh didistribusikan kepada korban terdampak wabah Corona ini?
  • Zakat Ketentuan Setahun Berdasar Hadis dari Ali bin Abi Thalib
    Tips
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:42 WIB
    Berikut ini zakat dengan ketentuan nisab setelah setahun yang menjadi perdebatan kalangan ulama. Ini adalah hadis dari 4 sahabat ini jyakni Ali, Ibnu Umar, Anas dan Aisyah ra.
  • Ancaman Keras Bagi yang Tidak Membayar Zakat
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 03:30 WIB
    Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan setiap muslim. Dalam Alquran Al-Karim, Allah selalu menggabungkan antara salat dan zakat.
  • Bolehkah Menyalurkan Zakat ke Luar Daerah? Berikut Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 23:24 WIB
    Bagi perantau biasanya menyalurkan zakatnya di kampung halamannya atau di luar domisili tempat tinggalnya. Pertanyaannya, bolehkah menyalurkan zakat ke luar daerah?
  • Ketua MUI Asrorun Niam Ajak Salurkan Zakat untuk Palestina
    Dunia Islam
    Rabu, 01 November 2023 - 17:06 WIB
    Ketua MUI Bidang Fatwa KH Asrorun Niam Sholeh mengajak umat Islam dan BAZNAS serta seluruh LAZNAS menyalurkan dana zakat untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina.
  • Mengapa Islam Mewajibkan Zakat Fitrah? Ini Alasannya
    Tips
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Zakat fitrah (fitri) adalah zakat yang wajib dikeluarkan sekali setahun yaitu di bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri. Mengapa umat Islam diwajibkan menunaikan zakat fitrah?
  • Tantangan bagi Amilin dan Amilat Zakat
    Tausyiah
    Senin, 11 Mei 2020 - 09:03 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang di dalam bulan itu Allah SWT memberi kesempatan kepada kita semua untuk memperbanyak amal saleh. Satu di antara amal saleh yang sangat dianjurkan adalah menunaikan zakat.