Topik Terkait: Keutamaan Doa Setelah Adzan (halaman 446)

  • Tanah Suci Milik Siapa?...
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Januari 2023 - 16:43 WIB
    Ada 3 pertanyaan penting soal ini. (1). Kepada siapa perjanjian itu diberikan? (2). Daerah mana sebenarnya yang dijanjikan itu? (3). Apakah janji itu tak dapat dibatalkan dan tanpa syarat?
  • Tafsir Ayat Pilihan:...
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 23:04 WIB
    Salah satu sifat Allah yang wajib diimani adalah Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan manusia, dan sebaliknya Allah melihat segala penglihatan makhluk-Nya.
  • Hadis-hadis Palsu Bulan...
    Tausyiah
    Kamis, 26 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Sebagai bulan haram yang diagungkan Allah, Rajab memang sangat istimewa. Sayangnya, setiap kedatangan bulan Rajab banyak Hadis-hadis palsu berseliweran di media sosial.
  • 5 Fakta Shafiyah binti...
    Muslimah
    Kamis, 26 Januari 2023 - 22:00 WIB
    Shafiyah binti Huyay radhiyallahu anha merupakan salah satu Ummul Mukminin atau istri dari Nabi Muhammad SAW yang berasal dari keturunan Yahudi.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 23:47 WIB
    Surat Fussilat merupakan surat ke-41 dalam mushaf Al-Quran yang terdiri 54 ayat. Dalam Ayat 22 dijelaskan tentang kebesaran Allah yang Maha Melihat dan Maha Mendengar.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Jurang Pemisah antara...
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:37 WIB
    Sebagian pengikut agama Kristen dan Islam berpikir bahwa agamanya sendirilah yang dianggap sebagai agama dalam arti yang sebenarnya, sementara semua agama yang lain itu tidak ada sama sekali
  • Kisah Nabi Musa Menyalahkan...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:48 WIB
    Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan kisah perdebatan antara Nabi Adam dan Nabi Musa. Dalam perdebatan itu, Nabi Musa menyalahkan Nabi Adam sebab karena perbuatannya menyebabkan umat manusia keluar dari surga.
  • Begini Reaksi Islam...
    Dunia Islam
    Senin, 23 Januari 2023 - 15:27 WIB
    Banyak orang Islam yang dipengaruhi oleh ide bahwa orang-orang Orientalis bersangkut paut dengan para penjajah yang memusuhi Islam. Mereka juga menganggap Islam terbelakang.
  • Ketika Pengaruh Alexander...
    Dunia Islam
    Senin, 23 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Michael H Hart mengatakan Alexander, Napoleon, dan Hitler punya persamaan dalam bobot pengaruhnya secara umum. Ia menempatkan Alexander Yang Agung di nomor urut 33 dari 100 tokoh berpengaruh dalam sejarah.
  • Kapan Isra dan Mikraj...
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 11:29 WIB
    Isra dan Mikraj selalu diperingati kebanyakan umat Islam pada bulan Rajab, yakni 27 Rajab. Padahal, para ulama terdahulu berbeda pendapat mengenai kapan waktu kejadian peristiwa penting itu.
  • Kisah Sufi Dzun-Nun:...
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 20:11 WIB
    Kisah yang bisa dibilang serupa dengan apa yang telah dituturkan oleh Paus Sylvester II, yang membawa pengetahuan dari Negeri Arab. Termasuk matematika, dari Sevilla, Spanyol, pada abad kesepuluh
  • Hukum Berobat dengan...
    Tips
    Rabu, 25 Januari 2023 - 23:53 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang bertanya tentang hukum berobat dengan mengonsumsi obat atau zat yang haram. Bolehkah? Berikut penjelasannya.
  • Kisah Ulama yang Dijuluki...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 22:31 WIB
    Bagi kalangan santri atau penuntut ilmu, sosok ulama yang satu ini pasti sudah tidak asing. Kisahnya cukup populer dan satu-satunya tokoh ulama yang dijuluki Al-Ashom alias si tuli.
  • Kisah Sufi: Maruf Si...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 10:01 WIB
    Seperti berbagai kisah darwis lainnya, kisah ini terdapat juga dalam Malam-malam Arab (Arabian Nights). Tetapi tak seperti kebanyakan alegori Sufi, kisah ini tak berbentuk sajak
  • Kisah Sufi yang Mirip...
    Hikmah
    Minggu, 29 Januari 2023 - 08:57 WIB
    Kisah ini kemunculan pertamanya ada di dalam Al-Quran, Surat ke-18 (Al-Kahfi). Konon, versi ini berasal dari Jan-Fishan Khan. Anehnya, kisah ini merupakan sumber ilham bagi Hermit, karangan Parnell.
  • Pentingnya Pendidikan...
    Muslimah
    Senin, 30 Januari 2023 - 07:05 WIB
    Pendidikan bagi wanita dalam Islam sangat ditekankan. Dalam Al-Quran dan Hadis tidak ada larangan menuntut ilmu bagi kaum wanita. Bahkan Islam mewajibkan wanita menuntut ilmu.
  • Biografi Sunan Kalijaga,...
    Dunia Islam
    Senin, 30 Januari 2023 - 21:21 WIB
    Sunan Kalijaga merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang berasal dari Tuban dan menyebarkan agama Islam di wilayah pulau Jawa. Berikut biografi singkat dan perjalanan dakwahnya.
  • Kisah Imam Abu Hanifah...
    Hikmah
    Senin, 30 Januari 2023 - 22:30 WIB
    Dai lulusan Al-Azhar Mesir, Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam satu kajiannya menceritakan kisah Imam Abu Hanifah menyadarkan seorang pengikut Syiah. Berikut kisahnya.
  • Hukum Puasa 10 hari...
    Tips
    Selasa, 31 Januari 2023 - 09:17 WIB
    Sejatinya, hukum puasa 10 hari di bulan Rajab tidaklah memiliki dasar yang kuat. Tidak terdapat amalan khusus terkait bulan Rajab, baik dalam bentuk puasa, sholat, zakat, maupun umrah.
  • Islam Melarang Pernikahan...
    Muslimah
    Selasa, 31 Januari 2023 - 22:18 WIB
    Pernikahan beda agama saat ini cukup marak terjadi di Indonesia. Di antara kaum muslim bahkan ada yang melakukannya diam-diam. Padahal syariat melarang pernikahan beda agama