Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 22)

  • Kisah Abu Yazid Al-Busthami...
    Hikmah
    Senin, 19 Desember 2022 - 21:04 WIB
    Syaikh Abu Yazid Al-Busthami, ulama ahli tasawuf sering menjadi asbab bagi orang-orang mengenal Islam dan Tauhid. Dikisahkan, sebanyak 500 Rahib memeluk Islam pada masanya.
  • Dialog Khalifah Harun...
    Hikmah
    Selasa, 14 September 2021 - 13:07 WIB
    Bahlul pergi ke neraka mencari api namun malaikat penjaga neraka bilang tak ada api di neraka. Bahlul pun kebingungan, sampai kemudian malaikat menjelaskan asal api di neraka.
  • Subhanallah, Dia Bagaikan...
    Hikmah
    Kamis, 16 April 2020 - 08:51 WIB
    Tanpa pikir panjang dipungut dan dimakannyalah buah apel itu. Akan tetapi baru setengahnya dimakan, Tasbit berhenti mengunyah. Ia seakan tersadar akan sesuatu.
  • Kisah Abu Dzar Al-Ghifari,...
    Hikmah
    Selasa, 15 September 2020 - 21:56 WIB
    Abu Dzar Al-Ghifari radhiallahu anhu bernama asli Jundub bin Janadah. Beliau adalah seorang yang tajam pengamatannya tentang kebenaran. Berikut kisah pertemuannya dengan Rasulullah.
  • Abu Muslim Al-Khaulani...
    Hikmah
    Sabtu, 12 Juni 2021 - 10:04 WIB
    Aswad al-Ansi sudah gatal untuk menangkap Abu Muslim lalu menghukumnya sekeras mungkin. Agar orang lain yang akan menentangnya gentar dan dapat ditundukkan.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Ini Mengapa Abu Bakar...
    Tausyiah
    Selasa, 08 Februari 2022 - 08:17 WIB
    Mengapa Abu Bakar berani sedekahkan 100% hartanya? Ini dijawab pada surat Al-Lail ayat 17-21 yang turun berkenaan dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Mari kita simak.
  • Yesus Meninggal Disalib?...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 16:24 WIB
    Empat Injil jelas menyatakan bahwa Yesus meninggal disalib. Bagaimana kita dapat menyesuaikan (mendamaikan) pernyataan ini dengan pernyataan Quran yang menolak dengan tegas kematian Yesus disalib?
  • Kisah Abu Yazid Al-Busthami,...
    Hikmah
    Selasa, 28 April 2020 - 03:58 WIB
    Lukman berkata pada anaknya, catat itu wahai anakku. Kalau engkau menuruti omongan orang-orang, maka tidak akan pemah benar. Maka kuatkanlah keyakinanmu.
  • Kisah Imam Sufyan Ats-Tsauri...
    Hikmah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 22:31 WIB
    Imam Sufyan Ats-Tsauri adalah seorang tokoh ulama yang dihormati pada masanya. Beliau punya banyak kisah hikmah dan karomah yang luar biasa. Berikut ceritanya.
  • Kisah Sayyidina Ali...
    Hikmah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 17:27 WIB
    Kisah Sayyidina Ali terlambat ikut sholat Subuh berjamaah yang dipimpin Nabi layak kita jadikan hikmah dan pelajaran. Berikut kisahnya diceritakan dalam Kitab Ushfuriyah.
  • Kisah Ulama Sufi Diampuni...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 23:08 WIB
    Imam Abu Bakar Asy-Syibli (247-334 H) tidak menyangka kalau kucing yang pernah diselimutinya saat cuaca dingin di Baghdad mendatangkan rahmat Allah. Berikut kisahnya.
  • Amalan Doa Agar Rezeki...
    Tausyiah
    Rabu, 11 November 2020 - 22:08 WIB
    Sebagai manusia, kita memang diperintahkan untuk tawakkal (berserah diri), namun bukan berarti mengabaikan ikhtiar (usaha) dalam mencari rezeki. Berikut doa melancarkan rezeki.
  • Kisah Penuh Ibrah: Perusakan...
    Hikmah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 08:37 WIB
    Upaya perusakan batu hitam ternyata tidak hanya sekali itu saja. Kedengkian musuh-musuh Allah dan usaha mereka untuk menghancurkan syiar-syiar Allah salah satunya dengan menjarah Hajar Aswad.
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi...
    Hikmah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 17:42 WIB
    Ia menjabat sebagai khalifah setelah khalifah pendahulunya, Al-Mashur, melanggar wasiat khalifah pertama, As-Saffah, yang menunjuk Isa bin Musa sebagai khalifah pengganti Al-Manshur.
  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Jum'at, 14 Juni 2024 - 16:23 WIB
    Kisah Khalifah Umar bin Khattab menginterogasi Khalid bin Walid, gara-gara memberi hadiah Al-Asyas bin Qais sebesar 10.000 dirham diceritakan Muhammad Husain Haekal.
  • Profil dan Biografi...
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Desember 2023 - 14:04 WIB
    Abu Bakar Ash-Shiddiq menjadi salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang termasuk paling awal memeluk agama Islam (Assabiqunal Awwalun). Bagaimana biografinya?
  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Kamis, 18 Juli 2024 - 14:37 WIB
    Umar bin Khattab sangat gelisah ingin secepatnya mendapat berita tentang jatuhnya Kota Iskandariah ke tangan pasukan Muslimin. Tetapi berita ini sampai kepadanya terlambat satu bulan.
  • Ini yang Dilakukan Ali...
    Hikmah
    Senin, 22 Februari 2021 - 17:13 WIB
    Tanpa banyak bicara lagi Ali bin Abu Thalib segera menghunus pedang lalu dihantamkan kuat-kuat ke kantong yang berisi piala-piala penuh emas dan perak. Piala-piala itu hancur berkeping-keping.
  • Tagih Zakat, Abu Nawas...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 07:20 WIB
    Pada mulanya, Baginda Raja agak kaget dengan ide Abu Nawas. Karena ada rasa keinginan kuat untuk menyadarkan Tuan Kabul, akhirnya rajapun bersedia menyamar menjadi pengemis..
  • Usamah bin Zaid, Panglima...
    Hikmah
    Jum'at, 16 September 2022 - 15:23 WIB
    Usamah bin Zaid panglima perang termuda umat Islam, memporak porandakan Bizantium pada awalnya penuh kontroversi. Tatkala Rasulullah menunjuk Usamah usianya belum lagi 20 tahun