Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 5)

  • Kisah Wafatnya Abu Bakar...
    Hikmah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 07:00 WIB
    Usaid bin Shafwan berkisah, ketika Abu Bakar Ash-Shiddiq wafat, maka Madinah pun tergetar karena tangisan penduduknya, sebagaimana halnya saat Rasulullah wafat.
  • Kisah Hikmah: Tiga Pertanyaan...
    Hikmah
    Senin, 15 Mei 2023 - 09:47 WIB
    Dia adalah Muawiyah bin Abu Sufyan merupakan salah seorang sahabat di masa Rasulullah SAW, dan sempat diangkat sebagai salah seorang pencatat wahyu setelah bermusyawarah dengan Malaikat Jibril
  • Pesan Buya Anwar Abbas:...
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Juni 2024 - 15:26 WIB
    Wakil Ketua Umum MUI KH Anwar Abbas menilai, perjalanan haji lebih baik dari Arafah langsung lanjut ke Mina, dan mabit di Muzdalifah mengikuti skema murur.
  • Kisah Tragis Utsman...
    Hikmah
    Jum'at, 20 November 2020 - 12:54 WIB
    KAUM muslimin pada zaman khalifah Utsman telah banyak membuahkan hasil. Pada zaman tersebut kaum muslimin melanjutkan penaklukan-penaklukan terhadap negeri-negeri kafir di dua arah, timur dan barat.
  • Gampang Menangis, Sayyidah...
    Hikmah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 12:24 WIB
    Tatkala Rasulullah SAW sakit dan meminta agar Abu Bakar menggantikan menjadi imam salat, Aisyah mengusulkan agar Umar bin Khattan saja .Soalnya, Abu Bakar dianggap cepat terharu.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Gara-gara Membongkar...
    Hikmah
    Senin, 27 April 2020 - 16:07 WIB
    Lama Abu Nawas memeras otak, namun belum juga menemukan muslihat untuk membalas Baginda. Makanan yang dihidangkan oleh istrinya tidak dimakan karena nafsu makannya lenyap.
  • Umar bin Abdul Aziz,...
    Dunia Islam
    Minggu, 06 Maret 2022 - 19:28 WIB
    Derajat keadilan dan kebijaksanaan Umar bin Abdul Aziz selama memimpin dianggap menyamai para Khulafah Rasyidin. Itu sebabnya dia kerap dianggap sebagai Khulafah Rasyidin kelima.
  • Kisah Abu Nawas Memenangkan...
    Hikmah
    Senin, 31 Januari 2022 - 08:48 WIB
    Pada suatu hari, melihat ayam betinanya bertelur, Baginda ingin menyelenggarakan sayembara dengan hadiah yang menggiurkan, Abu Nawas pun berparisipasi dalam sayembara ini.
  • Abu Nawas Ternyata Perenang...
    Hikmah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 09:12 WIB
    Apakah mungkin seorang manusia berenang ke seberang teluk? Saya mau kau mengambil misi ini sebagai tugas terhormat! ujar Baginda kepada Abu Nawas
  • Ahli Hukum Islam Saja...
    Hikmah
    Senin, 06 Juli 2020 - 08:01 WIB
    Salah seorang ahli fikih resah akan perkara hukum yang dimilikinya. Hingga akhirnya keresahan sang fakih tadi mengarahkannya untuk menemui Abu Nawas.
  • Ketegangan Saat Sahabat...
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:02 WIB
    Kaum pemberontak menyadari, tanpa kerjasama dan bantuan aktif kaum Muhajirin dan Anshar, mereka tidak akan berhasil menentukan pengganti Khalifah Utsman r.a.
  • Kisah Teladan Utsman...
    Hikmah
    Jum'at, 08 September 2023 - 20:59 WIB
    Utsman bin Affan radhiyallahu anhu adalah sahabat Nabi yang juga khalifah ketiga dalam Khulafaur Rasyidin. beliau diangkat sebagai khalifah ketiga menggantikan Umar bin Khattab.
  • Abu Dzar al-Ghifari...
    Hikmah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:09 WIB
    Abu Dzar al-Ghifari sukses mengislamkan Bani Ghifar dan Bani Aslam. Dua suku ini dikenal sebagai komplotan perampok terbesar pada waktu itu. Rasulullah pun mendoakan dua suku tersebut.
  • Inilah Hadis Nabi yang...
    Hikmah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:54 WIB
    Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) dalam Kitab Tanbihul Ghafilin menceritakan kisah Abu Hurairah radhiyallahu anhu (RA) yang pingsan saat hendak menyampaikan Hadis Nabi.
  • Mutiara Wasiat Abu Ubaidah...
    Tausyiah
    Sabtu, 12 Juni 2021 - 20:23 WIB
    Abu Ubaidah adalah salah seorang pembesar sahabat yang memiliki kedudukan penting di sisi Rasulullah SAW, salah seorang dari sepuluh orang yang dijamin masuk surga.
  • Ide Gila Abu Nawas:...
    Hikmah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:30 WIB
    Gentong itu dibawanya ke hadapan hakim. Saat itu juga hakim yang biasanya sok sibuk, langsung tidak sibuk, dan punya waktu untuk membubuhi tanda tangan pada perjanjian Abu Mizan.
  • Cara Mati-Matian Abu...
    Hikmah
    Selasa, 01 Februari 2022 - 10:20 WIB
    Baginda menugasi Abu Nawas mengajar lembu mengaji al-Quran dengan ancaman, jika gagal akan dihukum mati. Abu Nawas menyanggupi. Nah, beginilah cara Abu Nawas mengajar lembu.
  • Abu Nawas Lapang Dada...
    Hikmah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 07:43 WIB
    Alkisah, salah seorang penyair dengan terang-terangan mencaci, mengejek, dan menghina Abu Nawas. Tentu ia melakukannya tidak di hadapan Abu Nawas secara langsung.
  • Abu Nawas: Tiga Pertanyaan...
    Hikmah
    Kamis, 02 September 2021 - 19:04 WIB
    Abu Nawas menerima tiga orang tamu yang mengajukan pertanyaan kepada Abu Nawas. Manakah yang lebih utama, orang yang mengerjakan dosa-dosa besar atau orang yang mengerjakan dosa-dosa kecil?
  • Ucapan Para Khalifah...
    Hikmah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 21:13 WIB
    Para khalifah dan orang-orang saleh terdahulu ketika menjelang wafatnya masing-masing berbicara sesuai keadaannya. Apapun keadaannya, yang mereka ucapkan itu benar.