Topik Terkait: Kisah Muhammad Alfatih (halaman 2)

  • Kisah Buraq Menangis karena Merindukan Nabi Muhammad
    Hikmah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 05:07 WIB
    Ada satu kisah Buraq menangis karena kerinduan ingin bertemu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Kisah Buraq ini diceritakan dalam Kitab Tanbihul Ghafilin.
  • Potret Sultan Muhammad Al-Fatih Jawaban dari Bisyarah Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 11:18 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih memang telah menjadi jawaban dari bisyarah Rasulullah SAW. Dia adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.
  • Begini Cara Sultan Muhammad Al-Fatih Memuliakan Ulama
    Hikmah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 15:44 WIB
    Sultan tidak segan mengeluarkan harta pribadinya untuk mensejahterakan para ulama, agar seluruh potensi mereka terkonsentrasi dalam pelayanan ilmu pengetahuan dan pengajaran.
  • Kisah Pendeta Buhaira yang Bersaksi atas Kenabian Muhammad
    Hikmah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 03:31 WIB
    Seorang Rabib (pendeta) bernama Buhaira bersaksi atas kenabian Muhammad shallallahu a&rsquolaihi wa sallam (SAW) yang masih berusia belasan tahun saat itu.
  • Kisah Salman Al-Farisi: Ahlul Bait yang Bergelar Luqmanul Hakim
    Hikmah
    Senin, 28 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Salman Al Farisi bermaksud melamar gadis pujaan hatinya itu. Dia mengajak sahabatnya, Abu Darda, untuk menemaninya. Siapa sangka, Abu Darda yang beruntung.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Perbedaan Kisah Nabi Muhammad dengan Nabi Musa Ketika Bertemu Allah SWT
    Hikmah
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 08:13 WIB
    Kisah Nabi Muhammad bertemu dengan Allah SWT wajib diimani oleh kita semua sebagai umat Islam. Meskipun ada sebuah peristiwa yang berbeda dengan kisah Nabi Musa ketika bertemu dengan Allah SWT.
  • Keindahan Sosok Nabi Muhammad Hingga Sahabat Menyimpan Rambutnya
    Tausiyah
    Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:27 WIB
    Syeikh Ahmad Al-Mishry, Ulama Mesir yang kini menetap di Jakarta bercerita tentang kemuliaan dan keindahan sosok Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Kisah Biaggio Walsh Cucu Muhammad Ali Pergi Umrah: Terhubung dengan Tuhan
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Petarung Mixed Martial Arts (MMA), Biaggio Walsh, mengaku bisa menunaikan ibadah umroh adalah merupakan pengalaman luar biasa yang tidak akan pernah ia lupakan.
  • Kisah Rasulullah Ketika Diganggu dan Disakiti Abu Jahal
    Hikmah
    Selasa, 31 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Sejak munculnya dakwah Islamiyyah, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) kerap dimusuhi bahkan dilecehkan kaum kafir Quraisy.
  • Kisah Budak Perempuan Bermain Rebana di Hadapan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 22:09 WIB
    Memainkan rebana pada momen kebahagiaan bukanlah hal terlarang karena Nabi Muhammad ? sendiri pernah membiarkan seorang budak perempuan menabuh rebana di hadapan Beliau.
  • Kisah Rasulullah dan Perempuan Tua yang Membenci Beliau
    Hikmah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 22:50 WIB
    Allah memuji Rasulullah SAW karena akhlaknya yang sangat agung sebagaimana diabadikan dalam Al-Quran: Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur.
  • Kisah Rasulullah SAW dan Abu Bakar yang Sarat Hikmah
    Hikmah
    Senin, 08 Mei 2023 - 14:13 WIB
    Dalam satu kajian Gus Musa Muhammad diceritakan kisah Rasulullah SAW dan sahabat terkemuka Abu Bakar radhiyallahu anhu. Semoga kisah ini menjadi ibrah dan hikmah berharga.
  • 10 Sahabat Nabi Muhammad Berkulit Hitam Selain Bilal
    Hikmah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 06:40 WIB
    Sahabat Nabi berkulit hitam selain Bilal bin Robah radhiyallahu anhu terbilang cukup banyak. Inilah 10 sahabat Nabi berkulit hitam berikut sekelumit kisahnya.
  • 12 Peristiwa Dahsyat yang Mengiringi Kelahiran Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 18:03 WIB
    Kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau 22 April 571 M merupakan peristiwa agung yang termasuk karunia besar bagi umat manusia.
  • Kisah Nabi Muhammad (2): Ketika Abu Bakar Menaruh Cinta yang Tak Biasa
    Hikmah
    Senin, 06 September 2021 - 14:03 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah sosok terpuji yang menempati posisi puncak dalam derajat sosial, keluhuran budi dan kebaikan. Begini kecintaan sahabat kepada beliau.
  • Jalan Panjang Konstantinopel, Hagia Shophia, dan Muhammad Al-Fatih
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 12:20 WIB
    Jauh sebelum dinasti Utsmani, beberapa kali kaum Muslimin berusaha menaklukkan Konstantinopel. Usaha pertama dilakukan pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan.
  • Inilah Karakter Nabi Muhammad SAW yang Patut Diteladani
    Hikmah
    Minggu, 20 Mei 2018 - 20:53 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa salllam (SAW) diberi keistimewaan berupa watak dan kepribadian luhur serta beragam kebaikan.
  • Kisah 3 Sahabat Nabi Muhammad SAW Dikucilkan karena Tolak Ikut Perang Tabuk
    Hikmah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 18:13 WIB
    Tatkala Nabi berangkat dalam ekspedisi Tabuk, ada tiga orang sahabat yang enggan ikut dalam barisan pasukan Nabi, yaitu Kaab bin Malik, Hilal bin Umayyah dan Mararah bin Rabiah
  • Kisah Keluarga Nabi di Hari Raya Idul Fitri
    Hikmah
    Selasa, 12 Juni 2018 - 16:52 WIB
    Ada sebuah kisah mengharukan tentang keteladanan keluarga Rasulullah SAW, yaitu Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Kisah ini menjadi pelajaran penting, terlebih umat Islam akan merayakan Idul Fitri.
  • 6 Teladan Nabi Muhammad SAW dalam Memperlakukan Istri
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 12:30 WIB
    Kunci utama dari keteladanan Rasulullah SAW, yaitu memberi contoh sebelum menyuruh. Ini pulalah hakikat keteladanan yang harus melekat pada diri setiap umatnya.