Topik Terkait: Malam Jumat Baca Al Kahfi Atau Yasin (halaman 458)

  • Begini Cara Menalkin...
    Tips
    Kamis, 29 Desember 2022 - 12:49 WIB
    Syahadat merupakan kalimat tauhid, kalimat ikhlas, dan kalimat takwa, juga merupakan perkataan paling utama yang diucapkan Nabi Muhammad SAW dan nabi-nabi sebelumnya.
  • Ketika Orientalis Montgomery...
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:52 WIB
    Orientalis ini bicara tentang kesempurnaan dan kemandirian Islam memulainya dengan kisah nasib perpustakaan Alexandria tatkala pasukan Islam menduduki wilayah itu pada tahun 641 Masehi.
  • Mualaf Inggris Itu Pengarang...
    Hikmah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 10:10 WIB
    William Burchell Basyir Pickard adalah Doktor dalam ilmu sastra dari London University , seorang pengarang terkenal. Salah satu karangannya ialah Laila and Majnun
  • Penyebab Indonesia Mayoritas...
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 16:24 WIB
    Penyebab Indonesia mayoritas bermazhab Syafii menarik untuk diulas. Mengapa tidak Mazhab Hambali yang populer di Arab Saudi atau Mazhab Maliki yang dipakai Turki dan Asia Tengah lainnya?
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 07:30 WIB
    Sebagian muslim mungkin belum mengetahui Asbabun Nuzul Surat At-Tin yang sering kita baca dalam sholat. Berikut sebab turunnya surat tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Jarir.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 4 Macam Doa Pendek Saat...
    Tips
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 10:11 WIB
    Dalam sebuah pertemuan atau majelis, biasanya sang pembuka acara akan membaca doa-doa untuk mengawali kegiatan majelis tersebut
  • Kisah Doktor Ilmu Kesehatan...
    Dunia Islam
    Senin, 26 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Sebelum saya memeluk agama Islam, saya telah percaya atas kebenaran kalimat syahadat pertama yang berbunyi Asyhadu an laa ilaaha illallah dan ayat-ayat Al-Quran Surat Al-Ikhlas.
  • Inilah Kiat-kiat Menghindari...
    Tips
    Senin, 26 Desember 2022 - 11:10 WIB
    Riya merupakan salah satu sifat tercela, bahkan digolongkan sebagai penyakit hati. Riya sendiri memiliki arti memperlihatkan amal
  • Hukum Menqashar Sholat...
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 17:43 WIB
    Musim liburan telah tiba. Bagi umat muslim di Indonesia perlu mengetahui hukum dan batasan waktu meng-qashar sholat ketika bepergian (safar). Berikut penjelasannya.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Rabu, 28 Desember 2022 - 22:40 WIB
    Perilaku buruk pendeta Yahudi yang suka merekayasa dan mengubah isi Kitab Allah menjadi pelajaran berharga bagi umat Islam. Hal ini disebutkan dalam Surat Ali Imran ayat 78.
  • Bacaan Doa Awal Tahun...
    Tips
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 14:00 WIB
    Bacaan doa awal Tahun 2023 dapat diamalkan umat muslim sebagai wujud rasa syukur. Dalam kaidah fiqih memang tidak ada doa khusus saat pergantian tahun baru.
  • Kisah Penaklukan Islam...
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 08:09 WIB
    Penaklukan Islam atas semenanjung Iberia merupakan kelanjutan dari penaklukan Islam atas Afrika Utara. Penaklukan-penaklukan ini terjadi sebagai hasil dari ekspedisi-eksedisi militer.
  • 5 Penyakit Hati yang...
    Muslimah
    Senin, 02 Januari 2023 - 09:47 WIB
    Beberapa perbuatan ini biasa disepelekan, padahal termasuk dalam penyakit hati yang bila dilakukan ternyata termasuk perbuatan dosa.
  • Kompleksitas Dunia Modern...
    Tausyiah
    Senin, 02 Januari 2023 - 13:43 WIB
    Kata Islaam disebutkan beberapa kali dalam Al-Quran. Satu di antaranya adalah sesungguhnya agama (yang diterima) di sisi Allah adalah Islaam.
  • Jadwal Puasa Sunnah...
    Tips
    Senin, 02 Januari 2023 - 22:44 WIB
    Jadwal puasa sunnah Januari 2023 bertepatan dengan Jumadil Akhir dan salah satu bulan haram, Rajab. Bulan ini merupakan momentum yang baik menghidupkan puasa sunnah.
  • Kisah Mualaf Navis B...
    Dunia Islam
    Rabu, 04 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Ia lahir dalam lingkungan masyarakat Kristen. Keluar agamnya menjadi atheis. Setelah itu mempelajari semua agama. Akhirnya, ia memilih Islam setelah menyoal perihal poligami dan sholat.
  • Sebagian Ahlus Sunnah...
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 13:54 WIB
    Banyak pula di antara mereka yang berusaha meluruskan dan mempertimbangkannya dengan timbangan Al-Quran dan As-Sunnah. Salah satu ulama itu adalah Ibnul Qayyim.
  • Taqlid dalam Makna Generik...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 14:07 WIB
    Cak Nur bilang taqlid dalam makna generik yang positif merupakan dasar penumbuhan kekayaan intelektual yang integral, yakni integral dalam arti bahwa suatu bangunan tradisi intelektual memiliki akar-akar dalam sejarah.
  • Dua Nabi Diuji dengan...
    Hikmah
    Senin, 09 Januari 2023 - 16:04 WIB
    Dua Nabi yang diuji dengan lambatnya dapat keturunan, yaitu Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria alaihimussalam. Doa ini dapat diamalkan kaum muslim yang ingin cepat mendapatkan anak.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 21:24 WIB
    Surat Ghafir (Yang Maha Mengampuni) merupakan surat ke-40 dalam Al-Quran, terdiri dari 85 ayat. Asbabun Nuzul (sebab turunnya) surat ini dijelaskan dalam ayat 4, 56, dan 66.