Topik Terkait: Meletakkan Barang Di Dalam Alquran

  • Bagaimana Ketegasan Syariat Islam Soal Hukum Barang Temuan?
    Tausyiah
    Minggu, 13 November 2022 - 13:28 WIB
    Hamba yang shalih jika menemukan barang temuan atau menemukan barang milik orang lain, maka dia akan berpegang pada hukum-hukum syariat yang berkaitan dengan masalah ini.
  • Mengenal Istilah Mahar dalam Kosakata Al-Quran
    Muslimah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 18:55 WIB
    Dalam Islam, setiap perkawinan diikat dengan pemberian harta dari laki-laki kepada pihak perempuan. Pemberian itu sering disebut dengan istilah mahar atau maskawin. Adakah istilah mahar ini dalam Al-Quran?
  • Nabi Idola Kaum Yahudi Ini Memang Fenomenal dalam Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 10:28 WIB
    Nabi Musa adalah nabi yang paling banyak diidolakan kaum Yahudi. Di dalam Islam, dari 124.000 orang nabi dan 313 rasul, Nabi Musa as termasuk Nabi yang sangat fenomenal.
  • Mengenal Sifat Nafsu Manusia yang Tercantum dalam Al-Quran
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 07:35 WIB
    Setiap manusia tentu memiliki nafsu yang menjadi dasar atas segala urusan atau perbuatan yang dilakukannya, entah itu perbuatan baik atau perbuatan buruk. Sebenarnya nafsu itu sangatlah luas dan mencakup banyak hal.
  • Inilah Peran Imam Madzhab dalam Menjelaskan Isi Alquran
    Tausiyah
    Senin, 16 September 2019 - 09:32 WIB
    Menjajaki serta mendalami asal-usul hukum syariat itu tidak semudah membaca buku-buku fiqh terjemahan atau semudah browsing artikel di internet.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Begini Persamaan Kedudukan Perempuan dan Lelaki dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 05:15 WIB
    Perempuan dan laki-laki, misalnya, memiliki kedudukan yang sama dalam kebebasan kewajiban beragama dan beribadah. Di dalam masalah takalif agama dan sosial yang pokok, Al Quran juga menyamakan antara keduanya
  • Kiat dan Cara Mengingat Barang yang Hilang Atau Terlupa
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 15:01 WIB
    Cara mengingat barang yang hilang atau terlupa perlu diketahui kaum muslim. Selain berdoa, ada kiat khusus yang bisa diamalkan mereka yang kelupaan menyimpan barang.
  • Wawasan Kebangsaan dalam Al-Quran (5): Adat Istiadat Bisa Jadi Pertimbangan Hukum
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 16:43 WIB
    Pakar-pakar hukum menetapkan bahwa adat kebiasaan dalam suatu masyarakat selama tidak bertentangan dengan prinsip ajaran Islam, dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan hukum.
  • 3 Macam Kisah dalam Al-Quran dan 4 Hikmahnya
    Hikmah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:57 WIB
    Ada tiga macam kisah dalam Al-Quran. Dan adanya kisah-kisah yang ada dalam Al-Quran itu mempunyai beberapa tujuan atau hikmah. Berikut penjelasannya.
  • Selain Makkah dan Madinah, 8 Kota Ini Tercantum dalam Al Quran
    Muslimah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 14:50 WIB
    Ada kisah-kisah dalam Al Quran yang berlatar di kota-kota yang juga mengandung hikmah sekaligus menjadi saksi bagaimana suatu kaum melewati sejarah kegemilangannya.
  • Doa Saat Kehilangan Barang Berharga
    Tips
    Minggu, 04 Juni 2023 - 11:56 WIB
    Ketika kita kehilangan barang berharga yang kita miliki, rasa panik biasanya yang lebih dulu terjadi. Namun, agar rasa panik itu tidak terus menerus maka dianjurkan untuk berdoa
  • Karomah Seorang Ibu yang Digambarkan dalam Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 09:28 WIB
    Islam sangat memuliakan sosok seorang ibu. Seorang ibu sejati hanya punya satu niat yang tulus, yaitu ingin membahagiakan anak-anaknya. Karena itu Allah memberikan karomah secara khusus kepara para ibu.
  • Kisah Siti Maryam Bunda Nabi Isa dalam Al-Quran
    Hikmah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 18:02 WIB
    Al-Quran menyatakan bahwa Siti Maryam adalah putri Imran. Beliau dinazarkan kepada Allah ketika masih dalam perut ibunya. Hal ini termaktub dalam surat Ali Imran:ayat 35-36.
  • 4 Keutamaan Orang yang Suka Tilawah Alquran
    Hikmah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Tilawah memiliki tiga arti yaitu membaca, memahami dan mengamalkan. Ustaz Adi Hidayat menjelaskan ada empat keutamaan bagi mereka yang bisa dan suka tilawah Quran.
  • Alasan Mengapa  Nabi Yunus Kabur dan Marah kepada Allah Taala
    Hikmah
    Senin, 12 Oktober 2020 - 16:49 WIB
    Allah telah memberitakan kepada kita bahwa iman kaum Yunus berguna bagi mereka setelah azab hampir turun menimpa mereka, dan Allah pun menariknya padahal ia telah menaungi mereka.
  • IBBQ Gelar Kembali 2 Kelas Pembelajaran Alquran di Bandung
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Juni 2022 - 09:15 WIB
    Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) kembali menggelar pembelajaran Alquran sebanyak 2 kelas di Bandung pada Sabtu, 11 Juni 2022.
  • 9 Waktu yang Dianjurkan Membaca Surat Al Ikhlas
    Tips
    Rabu, 22 September 2021 - 16:45 WIB
    Ada 9 waktu yang dianjurkan membaca surat Al Ikhlas, sesuai tuntutan Rasulullah SAW. Hal ini tertuang dalam sejumlah hadits Nabi SAW. Kapan saja?
  • Metode Penalaran dalam Tafsir Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 13:23 WIB
    Banyak cara pendekatan dan corak tafsir yang mengandalkan nalar. Al-Farmawiy membagi metode tafsir menjadi empat macam metode, yaitu tahliliy, ijmaliy, muqaran dan mawdhuiy.
  • Inilah Keutamaan Membaca Alquran
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Bagi Anda yang mencintai Alquran, ada baiknya simak hitungan sederhana ini. Terlebih di bulan Ramadhan, amalan membaca Alquran (tilawah) sangat dianjurkan oleh para ulama.
  • Keutamaan Membaca Al-Quran Surat Az-Zumar, Bisa Jadi Wasilah Terhindar Musibah
    Tips
    Selasa, 24 Januari 2023 - 09:29 WIB
    Banyak keutamaan membaca Al-Quran surat az-Zumar. Surat ini termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah SAW sebagai pengganti Injil. Nabi senantiasa membacanya setiap malam.