Topik Terkait: Nikah Di Bulan Dzulhijjah (halaman 3)

  • Keistimewaan dan Kelebihan Sedekah di Bulan Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 22 April 2022 - 11:02 WIB
    Sesungguhnya sedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan kelebihan. Dan ini haruslah menjadi motivasi seorang muslim menjadi lebih dermawan pula di bulan yang mulia.
  • Amalan Zikir Bulan Rajab Tanggal 21-30
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 07:35 WIB
    Amalan zikir bulan Rajab terutama tanggal 21 hingga 30 Rajab, penting diketahui untuk diamalkan dan mendapat keistimewaan bulan haram tersebut. Mengapa demikian?
  • 5 Golongan yang Merugi di Bulan Ramadhan, Nomor Terakhir Menyepelekan Dosa yang Telah Lewat
    Muslimah
    Senin, 04 April 2022 - 10:04 WIB
    Bagi orang beriman, berjumpa dengan bulan Ramadhan adalah sebuah kebahagiaan yang tiada terkira, tapi sebaliknya pasti ada pula orang-orang yang mengangggapnya biasa-biasa saja, dan sungguh betapa meruginya orang yang semacam ini.
  • Khutbah Jumat: 5 Keistimewaan Umat Muslim di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Jum'at, 15 April 2022 - 08:30 WIB
    Hari ini kita memasuki Jumat kedua bulan puasa bertepatan 13 Ramadhan 1443 Hijriyah (15/4/2022). Berikut khutbah Jumat yang bisa kita jadikan motivasi menghidupkan Ramadhan.
  • Peristiwa Penting di Bulan Syawal yang Wajib Diketahui Kaum Muslim, Simak Ya!
    Dunia Islam
    Kamis, 11 April 2024 - 07:45 WIB
    Ternyata ada 9 peristiwa penting di bulan Syawal yang bersejarah dalam peradaban Islam. Peristiwa tersebut penting diketahui umat muslim. Peristiwa apa saja?
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Tips Bermedia Sosial di Bulan Puasa ala Ustaz Milenial
    Dunia Islam
    Senin, 04 April 2022 - 20:41 WIB
    Ustaz Milenial, Najmi Al Malik menyampaikan generasi muda dapat melakukan aktivitas positif selama bulan Ramadhan 1443 H.
  • Bulan yang Baik untuk Menikah Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 09:06 WIB
    Adakah bulan yang baik untuk menikah menurut Islam? Dan ternyata, dalam Islam tidak ada ketentuan dan tidak mengenal bulan baik atau bulan buruk dalam urusan pernikahan
  • Bacaan Ijab Kabul Nikah dalam Bahasa Arab dan Indonesia
    Tips
    Selasa, 30 November 2021 - 15:34 WIB
    Bacaan (lafaz) ijab kabul nikah dalam Bahasa Arab dan Indonesia penting diketahui bagi yang hendak melangsungkan pernikahan. Berikut bacaannya.
  • Keutamaan Bulan Safar yang Penting Diketahui Umat Muslim
    Hikmah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 12:25 WIB
    Safar merupakan bulan kedua dalam kalender Islam (Hijriyah), untuk tahun ini umat Islam memasuki bulan Safar 1445 hijriah.
  • Ini Alasan Muharam Dijadikan Bulan Pertama Kalender Hijriah
    Tausyiah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 18:34 WIB
    Banyak yang bertanya mengapa Muharam jadi bulan pertama dalam kalender Hijriah. Mengapa bukan Rabiul Awal yang merupakan bulan peristiwa Hijrah Nabi. Simak ulasan berikut.
  • Khutbah Jumat Pertama: 7 Kemudahan di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 07:05 WIB
    Khutbah Jumat kali ini mengangkat tema kemudahan di bulan Ramadan. Hari ini kita memasuki hari kedua puasa Ramadan 1444 Hijriyah bertepatan Jumat pertama (24/3/2023).
  • Peristiwa Agung Para Nabi di Bulan Muharram yang Dikisahkan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 09:00 WIB
    Bulan Muharram ternyata menjadi saksi terjadinya beberapa peristiwa agung yang diabadikan dalam Al-Quran. Khususnya peristiwa para nabi yang Allah Taala ceritakan dalam Al-Quran ini. Peristiwa agung apa saja?
  • Inilah Penampilan Terbaik Muslimah Saat Salat Ied
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 20:43 WIB
    Rasulullah pun mengajurkan baik muslim maupun muslimah sebelum melaksanakan salat Idul Adha ini, dengan mandi terlebih dahulu, berdandan dan berhias diri dengan berpakaian yang terbaik.
  • Terminologi Nikah Misyar, Tak Sekadar Bobok-Bobok Siang
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:36 WIB
    Pernikahan misyar telah menimbulkan perdebatan terutama di kalangan ulama kontemporer. Karena model nikah misyar baru dikenal masa kini, maka para ulama kontemporer berbeda pendapat menghukuminya.
  • 4 Amalan Istimewa yang Dianjurkan di Bulan Muharram
    Tips
    Selasa, 25 Juli 2023 - 14:22 WIB
    Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam (Hijriyah) yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Selain itu, didalamnya juga ada amalan istimewa yang sangat dianjurkan.
  • Keutamaan Menikah di Bulan Ramadan
    Hikmah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 10:22 WIB
    Keutamaan menikah di bulan Ramadan ternyata banyak sekali, selain menikah di bulan mulia juga ada banyak hikmah yang melatarbelakanginya. Apa saja keutamaan dan hukumnya menikah di bulan suci tersebut?
  • Golongan Manusia yang Justru Merugi di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 12:19 WIB
    Ternyata ada golongan manusia yang justru merugi di bulan Ramadan. Siapa saja mereka? Mengapa disebut merugi, apa saja alasan dan dalilnya?
  • Begini Alasan Ulama yang Membolehkan Nikah Misyar
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:56 WIB
    Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum nikah misyar. Dalam hal ini setidaknya terdapat dua kelompok ulama yang memiliki pandangan hukum yang berbeda. Salah satunya adalah membolehkan nikah misyar.
  • Amalan-amalan Sunah di Bulan Muharram yang Bertabur Pahala
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 15:00 WIB
    Muharram termasuk bulan yang dimuliakan Allah SWT. Saking mulianya, ia dijuluki dengan syahrullah (bulan Allah). Muharram dikatakan mulia karena di dalamnya terdapat amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk melakukannya.
  • Gerhana Bulan Total: Begini Sifat dan Jumlah Rakaat Sholat Khusuf
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:26 WIB
    Gerhana bulan total di wilayah Indonesia akan terjadi pada Selasa 8 November 2022. Lalu bagaimana hukum, sifat dan jumlah rakaat sholat khusuf (gerhana bulan) dan kusuf (gerhana matahari)?