Topik Terkait: Nuh Rasul Pertama (halaman 2)

  • 4 Sunnah Rasul Sebelum Tidur, Nomor 1 Sering Diremehkan
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 18:30 WIB
    Tak ada manusia yang hidupnya paling berkah dan paling produktif kecuali Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut 4 Sunnah Rasul sebelum tidur patut kita tiru.
  • Surat Nuh: Kisah Nabi Nuh Lengkap dalam Satu Surat
    Tausyiah
    Sabtu, 07 Agustus 2021 - 16:23 WIB
    Surat Nuh adalah surat yang diturunkan Allah dalam satu surah utuh terkait kisah Nabi Nuh. Di luar itu, Allah SWT juga menyebut kisah Nuh di sejumlah tempat dalam Al-Quran.
  • Nabi Idris Serahkan Tugas Kenabian Kepada Anak Cucunya
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 17:24 WIB
    Nabi Idris naik ke langit, yang menyerahkan urusannya Matusyilakh. Setelah Matusyilakh meninggal, tabut dan suhuf diserahkan kepada anaknya, Lamik.
  • Kisah Nabi Nuh dan Banjir Besar Pertama di Muka Bumi
    Hikmah
    Minggu, 17 November 2019 - 05:15 WIB
    Setelah selesai masa kerasulan Nabi Idris alaihissalam (AS), Allah Taala mengangkat Nabi Nuh alaihissalam (AS) untuk melanjutkan tugas kerasulan. Nabi Nuh menjadi Rasul pertama dari golongan Ulul Azmi.
  • Kisah Nabi Idris, Manusia Pertama yang Menjahit dan Wafat Saat Plesir ke Surga
    Hikmah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Nabi Idris adalah orang yang pertama kali memiliki kemampuan menjahit pakaian dan mendapatkan upah dari menjahit. Bukan hanya itu, Nabi Idris juga menjadi orang pertama kali yang bisa menulis
  • Tata Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasul
    Tips
    Kamis, 03 Februari 2022 - 16:55 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah, seperti puasa Rajab dan Senin Kamis ini
  • Doa Nabi Nuh untuk Berlindung dari Kebodohan dan Permohonan Ampunan
    Tips
    Kamis, 21 September 2023 - 15:52 WIB
    Doa ini dimohonkan Nabi Nuh setelah Allah memperingatkan dirinya untuk tidak memohonkan keselamatan dan ampunan bagi putranya yang kafir, dan Nabi Nuh pun menyadari kekeliruannya itu.
  • Inilah Manusia Pertama yang Membuka Pintu Surga
    Muslimah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 20:02 WIB
    Ketika hari kiamat nanti, semua orang akan menunggu masuk surga atau neraka. Bila masuk surga pun, tetap harus menunggu seseorang yang akan membukanya. Dan, ada seseorang yang diberi otoritas oleh Allah Taala untuk mengetuknya. Siapa dia?
  • Benarkah Bahtera Nuh Telah Ditemukan?
    Hikmah
    Selasa, 05 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Pada abad yang lalu, puluhan orang mengaku telah menemukan lokasi bahtera tersebut. Kini, sebagian besar pencarian modern berfokus pada Gunung Ararat di Turki Timur.
  • Hukum Menunda Malam Pertama Dalam Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Oktober 2021 - 16:57 WIB
    Hukum menunda malam pertama dalam Islam adalah mubah atau boleh. Sepasang suami istri boleh menunda sampai waktu tertentu untuk berhubungan intim atau jima sesuai kehendak pasangan suami istri.
  • Nabi Isa AS Orang Pertama yang Dirikan Sholat Maghrib
    Hikmah
    Senin, 20 Desember 2021 - 18:23 WIB
    Nabi Isa AS adalah orang pertama yang mendirikan sholat pada waktu Maghrib, tiga rakaat. Tiap rakaat sholat Nabi Isa memiliki maksud yang berbeda.
  • Inilah 6 Amalan Utama di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tips
    Kamis, 01 Juni 2023 - 10:09 WIB
    Bulan Dzulhijjah adalah musim kebaikan, untuk itu umat Islam dianjurkan untuk mengamalkan amalan-amalan terbaiknya, terutama di awal bulan atau 10 hari pertama bulan haram (istimewa) ini.
  • Kebiasaan Rasul di Akhir Ramadan
    Tausiyah
    Senin, 05 Agustus 2013 - 06:32 WIB
    Ada kebiasaan Rasulullah saat sepuluh terakhir Ramadan, yaitu meningkatkan kualitas amal ibadahnya, kemudian ia mengencangkan ikat pinggang (saddakhmijar&rsquo). Kesungguhan Rasul dalam mengerjakan ini sangatlah fokus pada ibadah di sepuluh terakhir Ramadan.
  • Israel Sebar Pamlet tentang Kisah Nabi Nuh: Akan Rendam Terowongan Gaza?
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 Desember 2023 - 08:54 WIB
    Militer Israel menjatuhkan selebaran di Gaza selatan yang berisi potongan ayat Al-Quran tentang banjir yang menimpa umat Nabi Nuh. Hal ini mirip dengan bunyi Al-Quran Surat Al-Ankabut ayat 14.
  • Doa Nabi Nuh agar Mendapatkan Tempat Tinggal yang Berkah
    Tips
    Minggu, 24 September 2023 - 13:26 WIB
    Berikut ini salah satu doa Nabi Nuh as. Doa ini dibaca Nabi Nuh di saat mendaratkan bahteranya di Bukit Judi. Allah taala memudahkan wujud tempat tinggal yang berkah bagi kita.
  • Nabi yang Diabadikan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 25 November 2023 - 08:29 WIB
    Nabi yang diabadikan dalam Al-Quran terutama dalam surat antara lain adalah Nabi Muhammad SAW, yakni dalam Surat Muhammad. Ini adalah surat ke-47 dalam al-Quran Alkarim.
  • Nabi Nuh Membagi Bumi Kepada Ketiga Anaknya
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 15:21 WIB
    Al-Kisai mengatakan, setelah Nabi Nuh AS menetap kembali di bumi, dia membagi 3 wilayah untuk anak-anaknya yaitu Sam, Ham, dan Yafits. Sam menetap di wilayah barat.
  • Kisah Nabi Nuh: Nama Asli Abdul Ghaffar, Sering Menangis Setelah Menghina Anjing
    Hikmah
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 17:14 WIB
    Namanya adalah Abdul Ghaffar atau Yasykur bin Lamik bin Matusyilakh bin Idris as. Dia diberi nama Nuh sebab dia sering menangis setelah menghina seekor anjing.
  • Kisah Nabi Muhammad SAW Menerima Wahyu Pertama
    Hikmah
    Jum'at, 01 Juni 2018 - 16:00 WIB
    Gua Hira di puncak Jabal Nur, Makkah, menjadi tempat bersejarah bagi umat Islam. Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali dari Allah Swt di gua tersebut.
  • Doa Nabi Nuh untuk Keselamatan Diri dan Kedua Orang Tua
    Tips
    Kamis, 21 September 2023 - 17:00 WIB
    Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan.