Topik Terkait: Pemekaran Wilayah (halaman 251)

  • Abu Nawas dan Enam Ekor...
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 07:10 WIB
    Balairung istana Baghdad dipenuhi warga masyarakat yang ingin tahu kesanggupan Abu Nawas mambawa enam ekor Lembu berjenggot yang fasih berbicara.
  • 5 Kemuliaan Fakir Miskin...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan umatnya untuk berlaku baik dan mencintai orang-orang yang fakir dan miskin. Berikut 5 kemuliaan mereka.
  • Kisah Al-Ghafiqi, Terulangnya...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:40 WIB
    Pada Balath Syuhada kaum muslimin telah menyia-nyiakan kesempatan emas, bahkan kehilangan seorang pemimpin besar nan tangguh Abdurrahman al-Ghafiqi.
  • Penuhi 5 Syarat Ini...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 06:30 WIB
    Amar makruf nahi munkar tidak boleh dilakukan kecuali telah memahami betul hakikat dan syarat-syaratnya. Setidaknya ada 5 syarat yang harus dipenuhi sebelum menegakkan perintah Al-Quran itu.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 14:05 WIB
    Kisah ini diambil dari tradisi lisan para Darwis Badakhshan, dan dikarang oleh Khwaja Muhammad Baba Samasi. Ia adalah Guru Agung dalam Tarekat Para Guru.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Mei 2020 - 17:58 WIB
    Kisah ini juga dimaksudkan untuk menekankan, dengan cara yang mudah diterima akal, perlunya keberadaan sekelompok sufi, dan hubungan batin di antara berbagai orang.
  • Lebaran di Tengah Pandemi,...
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 16:58 WIB
    Di hari-hari terakhir Ramadhan, masyarakat muslim Indonesia biasanya sibuk menyiapkan berbagai keperluan lebaran. Namun, saat ini suasana lebaran akan berbeda dari biasanya.
  • Idul Fitri dan Keselamatan...
    Hikmah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 15:46 WIB
    Salah satu tujuan paling hakiki agama diturunkan adalah untuk memberi petunjuk supaya umat manusia memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat.
  • Sayyidah Shafiyah binti...
    Hikmah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 14:43 WIB
    Sayyidah Shafiyah binti Huyai bin Akhtab adalah keturunan Nabi Harun as, bangsawan Bani Nadhir. Jika ditarik garis nasabnya, Nabi Musa adalah pamannya.
  • LBM PBNU: Haram Hukumnya...
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 03:10 WIB
    NU memutuskan keharaman pelaksanaan salat id di masjid maupun di tanah terbuka bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang ditetapkan sebagai zona merah.
  • Cara Aneh Abu Nawas...
    Hikmah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 03:29 WIB
    Setelah semuanya terkumpul, Abu Nawas mohon kepada sultan untuk pergi ke belakang rumah. Ia menggantung sebuah periuk besar pada sebuah pohon, menjerangnya.
  • Pandangan Fikih Islam...
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Jika sebelumnya salat Jumat tak bisa dilangsungkan karena kekhawatiran bahaya virus ini, maka bagaimana dengan pelaksanaan Salat Idul Fitri yang hanya sekali dalam setahun?
  • Alternatif Lain, 7 Menit...
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:35 WIB
    Berikut satu lagi naskah khutbah salat idul fitri di rumah di tengah pandemi. Khutbah ini menekankan momentum menjadikan rumah laksana surga di saat pandemi.
  • Ustaz Muchlis: Jangan...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:34 WIB
    Beberapa training yang memotivasi diri fokus pada permainan kata-kata dan membuka pikiran, seringkali kita dengar kamu adalah yang berkuasa atas dirimu atau kamu adalah yang menentukan masa depanmu.
  • Ajaran Menakjubkan Sayidina...
    Hikmah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 17:04 WIB
    Sayyidina Ali menjatuhkan lawannya, meletakkan kakinya di atas dada orang itu dan menempelkan pedangnya ke leher orang itu. Tetapi dia tidak membunuh orang itu.
  • Khutbah Idul Fitri 7...
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:31 WIB
    Berikut adalah contoh khutbah pendek, sekitar 7 menit, untuk salat idul fitri di rumah dengan tema wabah corona, puasa, dan ketaan kita kepada Allah SWT.
  • Idul Fitri, Bukan Sekadar...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 05:51 WIB
    Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa berniat tidak puasa pada saat hari Idul Fitri pahalanya seperti orang yang sedang puasa di hari-hari yang tidak dilarang.
  • Puasa Syawal, Pahalanya...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Puasa Syawal adalah puasa 6 hari di bulan Syawal. Puasa ini hukukmnya sunnah. Puasa Syawal biasanya dilakukan segera setelah hari raya Idul Fitri.
  • Selamat Idul Fitri,...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 09:00 WIB
    Hari ini umat Islam di seluruh dunia merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1441 Hijriyah. Disebut hari kemenangan karena kaum muslimin telah berjuang mengekang nafsu selama sebulan penuh.
  • Masih Percaya Mitos...
    Hikmah
    Senin, 25 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Kata Syawal berkaitan dengan fenomena orang Arab yang enggan menikah pada bulan tersebut. Mereka beranggapan menikah pada bulan Syawal dapat membuat sial.