Topik Terkait: Penegakan Hukum Halaman 1

  • Polisi dalam Pandangan Islam dan Pesan Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 15:22 WIB
    Polisi menjadi tema sosial yang tak pernah berhenti dibicarakan mengingat perannya yang sangat berarti di tengah masyarakat. Berikut pandangan Islam terhadap polisi.
  • Hukum Mengadakan Syukuran Haji di Kampung Halaman, Begini Pandangan Ulama
    Tips
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 10:26 WIB
    Hukum mengadakan syukuran haji di kampung halaman masih menjadi perdebatan di kalangan ulama. Syukuran atau tasyakuran ibadah haji atau yang dikenal dengan walimatus safar ini, memang cukup populer.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Manusia Itu Berada di Antara Hukum Allah dan Hukum Jahiliyah
    Tausyiah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 08:08 WIB
    Sesungguhnya tasyri (hukum Allah) itulah yang mentransfer taujiihaat (arahan-arahan) agama dan akhlaq pada undang-undang yang berlaku dan memberikan sanksi apabila ditinggalkan.
  • Hukum Bacaan Surat An-Nahl Ayat 1-3 Beserta Cara Membacanya
    Tips
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 14:37 WIB
    Hukum bacaan Surat An-Nahl ini perlu dipahami setiap muslim supaya tidak keliru ketika membacanya. Surat An-Nahl terdiri 128 ayat (surat ke-16), termasuk golongan surat Makkiyyah.
  • Hukum Tajwid Surat An Nahl Ayat 114 Lengkap Penjelasan dan Cara Bacanya
    Tips
    Rabu, 29 November 2023 - 10:14 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid surat An Nahl yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam membaca Al-Quran. Sebab sangat penting mengetahui hukum tajwid supaya tidak mengubah makna dan arti dari ayat yang dibaca.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Hukum Infak, Sedekah dan Zakat, Berikut Perbedaannya
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:48 WIB
    Zakat, infak dan sedekah sangat akrab di telinga kaum muslimin seolah sudah menjadi satu kesatuan. Banyak yang bertanya apakah ketiga istilah itu sama maknanya. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Abasa Ayat 1-10 Beserta Penjelasan dan Cara Bacanya
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 14:24 WIB
    Hukum bacaan surat Abasa ayat 1-10 penting untuk disimak. Sebab dengan mengetahuinya, ketika membaca ayat tersebut akan menjadi fasih dan tartil pada setiap kalimatnya.
  • Hukum Bersedekah Menggunakan Uang Judi
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:58 WIB
    Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat mulia, bahkan sangat berpahala. Untuk mengamalkanya, harus dilakukan dengan cara yang baik dan mulia pula.
  • Hukum Paylater dalam Islam, Halal atau Haram?
    Tausyiah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 10:19 WIB
    Ssistem transaksi digital yang tengah tren adalah paylater (sistem transaksi bisnis yang pembayarannya bisa dilakukan di belakang atau kemudian hari). Bagaimana sebenarnya hukum paylater ini dalam Islam?
  • Hukum Menunda Kehamilan dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 09:36 WIB
    Kian marak pasangan suami istri yang menunda kehamilan atau menunda-nunda untuk memiliki momongan. Banyak alasan mengemuka, salah satunya karena belum siap secara materi, alasan istri masih bekerja dan lain sebagainya.
  • Hukum Tajwid Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 dan Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 22 November 2023 - 09:15 WIB
    Hukum tajwid Surat Al-Kahfi penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Mad Tamkin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:17 WIB
    Mad Tamkin adalah salah satu cabang ilmu tajwid dari bacaan Mad. Cara membaca Mad Tamkin ini wajib dipahami umat muslim supaya tidak keliru saat tilawah Al-Quran.
  • Hukum Tajwid Surat Al Alaq Ayat 1-19 Beserta dengan Cara Bacanya
    Tips
    Rabu, 20 Desember 2023 - 13:25 WIB
    Hukum tajwid Al Alaq ayat 1-19 penting untuk dipelajari umat Islam. Sebab didalamnya terdapat banyak tajwid yang berbeda dan perlu diperhatikan saat membacanya.
  • Kurban Para Perantau, di Kampung Halaman Apa di Wilayah Domisili?
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:11 WIB
    Tujuan utama kurban adalah mengagungkan syiar-syiar Allah. Syiar tidak akan terjadi, kecuali apabila dilakukan di dalam negeri tertentu, sehingga bisa dilihat oleh orang dewasa maupun anak-anak.
  • Hukum Seorang Istri Berkurban Sendiri, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
    Syariat menganjurkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk melakukan ibadah kurban terutama bagi yang memiliki kelapangan harta. Bagi mereka yang mampu, tentu berkurban tidak terlalu sulit.
  • Hukum Puasa Tanpa Makan Sahur, Simak Penjelasan Berikut
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 02:00 WIB
    Salah satu kenikmatan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan adalah makan di waktu sahur. Lalu, bagaimana hukum berpuasa tanpa makan sahur? Berikut penjelasannya.
  • Hukum Memelihara Anjing Menurut Pandangan Islam
    Hikmah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 17:31 WIB
    Berita seorang perempuan bercadar memiliki selter anjing di daerah Kabupaten Bogor mendadak viral. Bagaimana hukum memelihara anjing menurut pandangan Islam?
  • Hukum Menqashar Sholat Bagi Musafir, Berapa Lamakah Batasan Waktunya?
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 17:43 WIB
    Musim liburan telah tiba. Bagi umat muslim di Indonesia perlu mengetahui hukum dan batasan waktu meng-qashar sholat ketika bepergian (safar). Berikut penjelasannya.
  • Hukum Pinjol dan Dalilnya dalam Islam
    Hikmah
    Sabtu, 03 Februari 2024 - 10:06 WIB
    Kasus pinjol ini sudah menjerat semua kalangan termasuk ke tingkat perguruan tinggi. Bagaimana sebenarnya hukum pinjol ini dalam Islam dan adakah dalilnya?