Topik Terkait: Pesta Pernikahan (halaman 3)

  • Waspada, Ini 10 Ciri-ciri...
    Muslimah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 06:32 WIB
    Interaksi antara manusia dan jin bisa dalam bentuk pengagungan manusia kepada jin, dan jin merasa bangga dengan tindakan mereka. Bisa juga terjadi karena dorongan nafsu syahwat
  • Nikah Dulu atau Mapan...
    Muslimah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 16:45 WIB
    Harus diakui masih banyak anggapan untuk menikah seseorang harus mapan terlebih dahulu, punya ini dan itu sehingga menjadikan beberapa pihak tertunda bahkan tidak bisa melakukan perintah Allah yang Mulia.
  • Quraish Shihab: Seks...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juli 2024 - 06:47 WIB
    Quraish Shihab menjelaskan bahwa dalam pandangan ajaran Islam, seks bukanlah sesuatu yang kotor atau najis, tetapi bersih dan harus selalu bersih.
  • Keuntungan Perkawinan:...
    Tausyiah
    Rabu, 08 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Ibnu Mubarak ditanya: Adakah pekerjaan lain yang lebih memberikan ganjaran daripada jihad? Jawab Ibnu Mubarak: Ya, yaitu memberi makan dan pakaian kepada istri dan anak dengan sepatutnya.
  • Kisah Pernikahan Ikrimah...
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 15:59 WIB
    Ikrimah bin Abu Jahal menikahi Umaimah binti Numan al-Jauniyah putri Numan bin al-Jaun. Umaimah adalah janda yang diceraikan Rasulullah SAW pada saat malam pengantin
  • Bolehkah Wali Nikah...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 15:45 WIB
    Bolehkah wali nikah diwakilkan? Hal ini sering ditanyakan sebagian kalangan muslim di Tanah Air. Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.
  • Mengapa Islam Membolehkan...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Agustus 2024 - 20:43 WIB
    Islam tidak membuat hukum yang hanya berlaku untuk orang kota dan melupakan orang desa, untuk daerah dingin dan melupakan daerah panas, untuk satu masa tertentu dan melupakan masa-masa lainnya serta generasi mendatang
  • Pernikahan Sang Pengantin...
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 13:51 WIB
    Pernikahan antara Hanzhalah dan Jamilah bertepatan dengan persiapan perang di Uhud. Sore hari menikah, maka pagi harinya, Hazhalah pergi ke medan perang. Hanya semalan berstatus suami istri, Jamillah pun mendapat gelar istri seorang syuhada.
  • Hukum Nikah Beda Agama...
    Muslimah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Pernikahan beda agama kembali menjadi perbincangan di masyarakat, lantas bagaimana sebenarnya hukum pernikahan berbeda agama tersebut dalam Islam?
  • Menikah dengan Perempuan...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Semua hak istimewa tersebut diberikan Allah SWT kepada para ahli kitab karena sistem kepercayaan mereka lebih dekat dengan Islam dibandingkan orang-orang kafir lainnya.
  • Pernikahan Merupakan...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juni 2024 - 14:59 WIB
    Prof Quraish Shihab mengatakan pernikahan, atau tepatnya keberpasangan merupakan ketetapan Ilahi atas segala makhluk. Berulang-ulang hakikat ini ditegaskan oleh Al-Quran
  • Peristiwa Bulan Syawal:...
    Hikmah
    Selasa, 16 April 2024 - 15:05 WIB
    Nabi Muhammad menikahi Sayyidah Aisyah, putri Abu Bakar Ash-Shiddiq, pada bulan Syawal tahun kedua Hijriyah atau tahun 11 setelah kenabian, tepatnya dua tahun lima bulan setelah peristiwa hijrah.
  • Poligami: Pintu Darurat...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juni 2024 - 19:56 WIB
    Ketika turunnya ayat ini, beliau memerintahkan semua yang memiliki lebih dari empat orang istri, agar segera menceraikan istri-istrinya sehingga maksimal, setiap orang hanya memperistrikan empat orang wanita.
  • Nikah Misyar: Pendapat...
    Hikmah
    Rabu, 01 November 2023 - 10:11 WIB
    Ulama yang membolehkan nikah misyar mendasarkan pada hukum paling utama yakni terpenuhinya segala syarat sahnya pernikahan. Karena itulah pernikahan menjadi sah menurut agama.
  • Kisah Umar Bin Khattab...
    Hikmah
    Sabtu, 10 Desember 2022 - 16:47 WIB
    Tatkala Umar bin Khattab pada waktu menjabat sebagai khalifah melarang seorang tokoh Sahabat Nabi kawin dengan wanita Ahlul Kitab (Yahudi atau Kristen). Mengapa?
  • Alasan Muslimah Dilarang...
    Tausyiah
    Jum'at, 27 Januari 2023 - 17:04 WIB
    Alasan muslimah dilarang menikah dengan lelaki non-muslim karena Allah SWT menetapkan demikian. Hal ini bisa dilihat dalam Quran surat Al-Baqarah ayat 221
  • Masya Allah, Inilah...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 September 2021 - 16:51 WIB
    Hakikat pernikahan adalah mencari ridha Allah karena di dalamnya ada ibadah. Berikut fadhillah istri meminta jima duluan sebagaimana dijelaskan dalam Kitab Uqudullijain.
  • Suami Adalah Pemimpin...
    Tausyiah
    Senin, 08 Juli 2024 - 06:18 WIB
    Imam Al-Ghazali menulis, Ketahuilah bahwa yang dimaksud dengan perlakuan baik terhadap istri, bukanlah tidak mengganggunya, tetapi bersabar dalam kesalahannya.
  • Apakah Sayyid Boleh...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Apakah Sayyid boleh menikah dengan wanita non Syarifah? Sayyid atau Syarif adalah orang yang memiliki nasab mulia keturunan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
  • Bolehkah Faktor Kecantikan...
    Muslimah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 17:15 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam sebuah hadis menyebut bahkwa, Perempuan dinikahi lantaran empat hal yakni hartanya, garis keturunannya, kecantikannya dan agamanya.