Topik Terkait: Pesta Pernikahan (halaman 5)

  • Jangan Menikah untuk...
    Tausyiah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 16:39 WIB
    Menikah adalah sunnah Nabi dan perintah syariat. Bagi muslim yang ingin menikah hendaknya meluruskan niatnya, jangan menikah untuk mencari kekayaan atau kemuliaan.
  • Pesta Makan di Hari...
    Muslimah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:39 WIB
    Di hari Tasyrik umat Islam dianjurkan untuk banyak makan, minum dan berzikir. Meski perintahkan untuk makan makan, namun tetap harus memerhatikan pola makannya, terutama pola makan yang sesuai dengan Al Qur an dan hadis.
  • Hukum Nikah Beda Agama...
    Tausyiah
    Senin, 26 September 2022 - 16:13 WIB
    Banyak pernikahan beda agama di Indonesia dilakukan secara diam-diam atau terang-terangan, bahkan dicatatkan dalam dalam data kependudukan sebagai pasangan terdaftar.
  • Masya Allah, Inilah...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 September 2021 - 16:51 WIB
    Hakikat pernikahan adalah mencari ridha Allah karena di dalamnya ada ibadah. Berikut fadhillah istri meminta jima duluan sebagaimana dijelaskan dalam Kitab Uqudullijain.
  • 5 Hikmah Diharamkannya...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 15:13 WIB
    Setiap muslim diharamkan kawin dengan salah seorang perempuan yang masuk kategori mahram. Mereka itu diharamkan oleh Islam untuk selama-lamanya, dalam waktu apapun dan dalam keadaan apapun.
  • Ayat-ayat Pernikahan...
    Tips
    Selasa, 16 Januari 2024 - 10:36 WIB
    Ada banyak ayat di dalam Al-Quran yang menerangkan tentang pernikahan. Seperti diketahui menikah dalam Islam merupakan salah satu anjuran yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
  • Bacaan Ijab Kabul Nikah...
    Tips
    Selasa, 30 November 2021 - 15:34 WIB
    Bacaan (lafaz) ijab kabul nikah dalam Bahasa Arab dan Indonesia penting diketahui bagi yang hendak melangsungkan pernikahan. Berikut bacaannya.
  • Hukum Berutang untuk...
    Tausyiah
    Kamis, 02 Juni 2022 - 11:14 WIB
    Dalam Islam menikah memang sangat dianjurkan, bahkan bisa jadi wajib bagi orang yang dikhawatirkan berzina. Namun bukan berarti ini harus dilakukan dengan melegalkan segala macam cara.
  • Jika Suami atau Istri...
    Tausyiah
    Rabu, 16 September 2020 - 16:19 WIB
    Kali ini kita membahas fiqih muamalah seputar persoalan keluarga. Jika suami atau istri berpisah karena salah satu meninggal, apakah ayah/ibu mertua kembali menjadi non mahram?
  • Penjual dan Pembeli...
    Hikmah
    Kamis, 08 September 2022 - 10:57 WIB
    Kisah pembeli dan penjual tanah berbesan karena guci berisi emas disampaikan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim. Berikut kisahnya.
  • Hikmah Poligami dalam...
    Muslimah
    Minggu, 29 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Hikmah poligami dalam pandangan Islam dan syaratnya perlu diketahui agar tidak keliru sebagaimana pandangan negatif kaum sekuler barat. Berikut penjelasan Syaikh Yusuf Qardhawi.
  • Rukun Nikah dan Syarat-syaratnya...
    Tausyiah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 07:15 WIB
    Pernikahan adalah sunnatullah dan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah Baginda Nabi Muhammad. Berikut rukun nikah dan syarat-syaratnya menurut 4 mazhab.
  • Ini 3 Keutamaan dan...
    Muslimah
    Kamis, 03 Februari 2022 - 07:35 WIB
    Bulan Rajab merupakan bulan istimewa dan memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Salah satu keutamaannya, bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun ibadah sunnah lainya
  • Menikah Tanpa Wali Ayah...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Menikah tanpa wali ayah kandung, bolehkah dilakukan? Bagaimana hukum dan status pernikahannya sendiri? Pernikahan merupakan salah satu syariat dalam Islam, juga adalah ibadah untuk menyempurnakan agama.
  • 13 Adab Pernikahan Menurut...
    Tausiyah
    Senin, 16 September 2019 - 21:03 WIB
    Pernikahan adalah sunnatullah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Berikut adab-adab pernikahan menurut hadits Nabi.
  • Kisah Wafatnya Al-Fatih...
    Dunia Islam
    Selasa, 07 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Wafatnya al-Fatih disambut duka kaum Muslimin, namun suka ria oleh kaum Nasrani. Tatkala kabar wafatnya Sultan sampai ke Roma, Paus sangat gembira dan segera memerintahkan sembahyang khusus.
  • Bila Harus Menikah Tanpa...
    Muslimah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:06 WIB
    Setiap insan pasti ingin memiliki rasa cinta ini. Terkadang cinta diartikan sebagai rasa ketertarikan antara dua lawan jenis dan cinta pulalah yang biasanya mendasari suatu hubungan dalam hal ini adalah pernikahan.
  • Hukum Menikah di Bulan...
    Tausyiah
    Senin, 12 September 2022 - 19:07 WIB
    Hukum menikah di bulan Safar menurut Islam diperbolehkan bahkan ada yang berpendapat sunnah. Tidak ada masalah dalam Islam untuk melakukan akad nikah atau mengadakan pesta pernikahan di bulan safar.
  • Poligami: Pintu Darurat...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juni 2024 - 19:56 WIB
    Ketika turunnya ayat ini, beliau memerintahkan semua yang memiliki lebih dari empat orang istri, agar segera menceraikan istri-istrinya sehingga maksimal, setiap orang hanya memperistrikan empat orang wanita.
  • 8 Adab Menghadiri Resepsi...
    Tips
    Rabu, 23 Februari 2022 - 10:14 WIB
    Adab menghadiri pesta pernikahan wini penting, agar kedatangan kita ke acara walimatul urs tersebut berpahala dan juga memberikan pahala kepada orang yang menggelar syukuran tersebut.