Topik Terkait: Politik Uang (halaman 5)

  • Al-Walid Khalifah Bani...
    Hikmah
    Kamis, 19 September 2024 - 15:52 WIB
    Kalifah Al-Walid mewarisi stabilitas politik yang memungkinkannya dapat membangun negara. Oleh sebab itu, dia memperluas Masjid Makkah, membangun Masjid Madinah.
  • Kendati Banyak yang...
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 17:16 WIB
    Menjelang wafat, Umar bin Khattab menyampaikan wasiat kepada kaum Muslimin soal pemilihan khalifah penggantinya. Beliau melarang anak-anaknya menjadi pejabat apa pun.
  • Pesona Yahya Sinwar:...
    Dunia Islam
    Senin, 12 Agustus 2024 - 10:40 WIB
    Retorikanya sering kali menjadi ciri khas serangan pesona, karena ia merangkul para pemimpin Palestina lainnya dan memberi hormat kepada mendiang kepala Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Yasser Arafat.
  • Politik Jihad Khalifah...
    Dunia Islam
    Rabu, 03 November 2021 - 05:15 WIB
    Angkatan laut Islam sempat moncer di era Daulah Umayyah. Namun tatlala era Daulah Abbasiyah, jihad laut seakan tenggelam, kecuali pada era Khalifah Harun Ar-Rasyid armada laut mulai menggeliat kembali.
  • Kisah Khalifah Hisham,...
    Dunia Islam
    Rabu, 09 Maret 2022 - 13:55 WIB
    Khalifah kesepuluh Dinasti Umayyah, Hisham bin Abdul-Malik, dikenal sebagai khalifah yang sarat nepotisme. Keputusannya yang kontroversial adalah ketika ia mengangkat pamannya sebagai Gubernur Madinah
  • Tragedi Karbala: Kisah...
    Dunia Islam
    Minggu, 07 Agustus 2022 - 19:48 WIB
    Kisah syahidnya 3 pendukung setia Sayyidina Husein bin Ali bin Abi Thalib cucu Rasulullah SAW, sebelum terjadinya tragedi Karbala ini menjadi kisah sedih yang dicatat dalam sejarah.
  • Lebih Afdhal Mana Mengeluarkan...
    Tausiyah
    Sabtu, 09 Juni 2018 - 03:35 WIB
    Seiring kemajuan zaman dan kemudahan teknologi saat ini mengharuskan para ulama mujtahid kontemporer melihat lebih banyak lagi hukum syariat yang relevan dengan persoalan kekinian.
  • Islamofobia India: Ketika...
    Dunia Islam
    Kamis, 13 Juli 2023 - 10:08 WIB
    Narendra Modi bersiap mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga. Salah satu gerakan yang kini dilakukan adalah menjadikan perempuan Muslim sebagai fokus politik komunal negara itu.
  • Muhammad Yunus: Bankir...
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 Agustus 2024 - 14:11 WIB
    Peraih Nobel asal Bangladesh Muhammad Yunus diminta memimpin pemerintahan sementara setelah krisis politik yang menyebabkan Perdana Menteri Sheikh Hasina meninggalkan negara itu.
  • Ini Mengapa Byzantium...
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:00 WIB
    John Louis Esposito mengatakan dalam waktu seratus tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, para penggantinya (khalifah-khalifah) mendirikan suatu kerajaan yang lebih besar daripada Roma.
  • Prinsip-Prinsip Kekuasaan...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Ikatan ini terjalin antara sang penguasa dengan Allah SWT di satu pihak dan dengan masyarakatnya di pihak lain. Perjanjian dengan Allah dinamai oleh-Nya dalam Al-Quran dengan ahd.
  • Sultan Muizz ad-Din...
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Maret 2022 - 17:56 WIB
    Muizz ad-Din Muhammad memerintah atas wilayah yang mencakup bagian dari Afghanistan modern, Bangladesh, Iran, India Utara, Pakistan, Tajikistan dan Turkmenistan.
  • Suksesi Kepemimpinan:...
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:55 WIB
    Mengapa Kaum Anshar selalu mengalah dengan Muhajirin dalam hal suksesi kepemimpinan pasca-Nabi Muhammad SAW menjadi pertanyaan menarik. Soalnya, sejak Abu Bakar Ash-Shiddiq, kepemimpinan dipegang terus kaum Muhajirin.
  • Ketika Tuhan Melempar...
    Hikmah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 06:39 WIB
    Dasar Abu Nawas. Merespon omongan istrinya ia pun langsung ke pekarangan, bersujud, dan berteriak keras-keras, Ya Allah, berilah hamba upah seratus keping perak!
  • Istimar: Kekuasaan Politik...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 08:24 WIB
    Sedangkan surat Al-Rum (30): 9 yang mengulangi dua kali kata kerja masa lampau amaru berbicara tentang bumi, diartikan sebagai membangun bangunan, serta mengelolanya untuk memperoleh manfaatnya.
  • Rasulullah SAW Terharu...
    Hikmah
    Jum'at, 17 September 2021 - 17:35 WIB
    Begitu mendengar cerita sang ayah yang mencuri uang anaknya, airmata Nabi SAW jatuh berlinang seperti untaian mutiara menimpa janggutnya yang suci,
  • Ibrahim bin Walid, 70...
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ibrahim bin Al-Walid ialah Khalifah Bani Umayyah yang memerintah dalam waktu singkat pada tahun 744 M. Ia turun tahta dan bersembunyi karena ketakutan terhadap lawan-lawan politiknya.
  • Zakat Fitrah Menurut...
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 23:53 WIB
    Dalam menunaikan zakat fitrah hendaknya umat muslim mengetahui hal-hal berikut. Bagi Mazhab Syafii, zakat fitrah tidak dianjurkan dengan uang.
  • Menasihati Pemimpin...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:43 WIB
    Islam memiliki etika tersendiri dalam menasihati pemimpin, bahkan mempunyai kaidah-kaidah dasar yang tidak boleh dilecehkan sebab, pemimpin tidak sama dengan rakyat
  • Krisis Politik: Para...
    Hikmah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 09:01 WIB
    Tindakan pencegahan yang dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib diikuti oleh para sahabat Nabi Muhammad yang lain. Thalhah dan Zubair juga memerintahkan putranya melindungi Khalifah Utsman.