Topik Terkait: Republik Islam Iran (halaman 85)

  • Kisah Habib Rizieq Ketika...
    Hikmah
    Rabu, 18 November 2020 - 10:57 WIB
    Ada seorang anak yatim beragama Islam, setelah lulus SD Tahun 1975 ia disarankan Ibundanya masuk sekolah ke SMP Kristen Bethel Petamburan, Tanah Abang Jakarta.
  • Waraqah bin Naufal,...
    Hikmah
    Rabu, 17 November 2021 - 05:15 WIB
    Waraqah adalah ahli Bible, penganut Kristen Nestorian. Ia mengimani kebenaran risalah yang dibawa Nabi Muhammad SAW. Hanya saja, beberapa hari setelah kenabian, beliau wafat.
  • Biografi Ibnu Hajar...
    Dunia Islam
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 10:44 WIB
    Ibnu Hajar al-Asqalani merupakan seorang ulama besar yang lahir di Mesir. Beliau dikenal sebagai ahli hadis dari mazhab Syafii yang memiliki banyak karya ilmiah dalam berbagai bidang, seperti sejarah, tafsir, puisi, dan fikih.
  • Cara Menjauh dari Dusta...
    Hikmah
    Senin, 13 November 2023 - 11:10 WIB
    Ahli Fiqih dan hadis dari kalangan tabiin, Imam Ibrahim at-Taimi memberikan kiat dan cara menjauh dari sikap tercela yakni suka dusta dan sifat orang-orang munafik.
  • 4 Peristiwa Bersejarah...
    Tips
    Minggu, 10 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Ramadhan merupakan bulan prestasi bagi kaum muslimin. Ada banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Ramadhan, di antaranya terjadi pada tanggal 17 Ramadhan.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Inilah Makanan yang...
    Hikmah
    Sabtu, 15 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Selain kurma dan hais, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW) juga menyukai keju dan kurma sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Abu Dawud.
  • Jarang Diketahui, Ini...
    Tausyiah
    Jum'at, 08 September 2023 - 21:37 WIB
    Setelah sholat Jumat ditunaikan, kaum mukmin diizinkan oleh Allah untuk melakukan jual beli. Ternyata di dalamnya terdapat hikmah dan keutamaan.
  • Ciri Orang yang Ibadahnya...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 23:23 WIB
    Ada yang bertanya, bagaimana ciri-ciri orang yang ibadahnya benar karena Allaah Taala? Berikut penjelasan Syeikh Ahmad Al-Mishri saat kajian di kediamannya.
  • Janganlah Kebencianmu...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Februari 2022 - 09:33 WIB
    Janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah! Demikian potongan ayat Al-Quran dalam Surat Al-Maidah.
  • Keutamaan Orangtua yang...
    Tausyiah
    Senin, 15 Juni 2020 - 22:45 WIB
    Allah Taala akan memberi ganjaran dan pahala besar bagi para orangtua yang sabar mengajarkan kitabullah kepada anaknya. Berikut keutamaan orangtua yang mengajarkan Al-Quran kepada anaknya.
  • Perang Salib IV: Kisah...
    Hikmah
    Senin, 05 Agustus 2024 - 10:25 WIB
    Perang ini merupakan perang yang jauh melenceng dari tujuan awalnya. Dalam perang tersebut bahkan tidak terdapat gencatan senjata antara Kristen dengan Islam.
  • Sejarah Dinar dan Dirham,...
    Dunia Islam
    Senin, 13 Juni 2022 - 18:39 WIB
    Sejarah dinar dan dirham amatlah panjang dan bukan dimulai dari Islam. Meski begitu, dunia Islam menganggap dinar dan dirham sebagai mata uang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
  • Al-Walid Bin Al-Mughirah,...
    Hikmah
    Kamis, 17 Februari 2022 - 18:03 WIB
    Al-Walid ibn Al-Mughirah adalah tokoh sepuh Quraisy, penentang dakwah Rasulullah SAW pada masa-masa awal kenabian. Ada lebih dari 100 ayat dalam Al-Quran yang membicarakan dirinya.
  • Ramadhan, Jadi Momentum...
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 22:05 WIB
    Memasuki bulan suci Ramadhan, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko memberikan ucapan selamat Ramadhan sekaligus memperingatkan soal Radikalisme.
  • 3 Jenis Cinta Manusia...
    Muslimah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 17:04 WIB
    Cinta dalam pandangan Islam adalah limpahan kasih sayang Allah kepada seluruh makhluknya sehingga Allah menciptakan manusia dan isinya dengan segala kesempurnaan.
  • 3 Pelajaran Penting...
    Hikmah
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:08 WIB
    Kaum muslimin harus mengambil pelajaran dari setiap peperangan yang terjadi, agar kemenangan selalu berada di pihak umat Islam. Termasuk dalam melihat penjajahan yang dilakukan Yahudi Israil terhadap penduduk Palestina.
  • Dubes Kanada Akui Pentingnya...
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 Mei 2024 - 08:55 WIB
    Tempat suci kedua, Masjid Nabawi, berada di Madinah, sebuah kota yang terus memainkan peran penting dalam memajukan kepemimpinan tradisional Arab Saudi di dunia Muslim.
  • 8 Pintu Rezeki yang...
    Muslimah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 19:15 WIB
    Bagi orang Islam, rezeki jelas merupakan hak dan wewenang Allah Taala. Jika Allah Taala berkehendak, maka Ia akan memberikan rezekinya pada kita dari berbagai arah yang tak kita duga.
  • 7 Adab Makan Sesuai...
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 10:12 WIB
    Adab makan Rasulullah SAW sudah sangat cukup untuk dijadikan teladan bagi seluruh umat manusia. Nabi Muhammmad SAW adalah paket lengkap sebagai teladan bagi manusia, termasuk adab saat makan.
  • Ini Alasan Kenapa Kita...
    Hikmah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 07:00 WIB
    Tidur yang baik dan benar akan mendatangkan keberkahan dan kesuksesan dalam hidup. Bagaimana caranya supaya sebuah hari menjadi barokah? Jangan tidur di waktu pagi!