Topik Terkait: Salat Berjamaah (halaman 2)

  • Khusyu Saat Salat Tanda Kekusyukan Hati, Begini Cara Menghadirkannya
    Tausyiah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 10:38 WIB
    Khusyu dalam salat merupakan ukuran dan tanda kekhusyukan hati. Bagaimana cara menghadirkan khusyu? Berikut penjelasan Pengasuh Ponpes Sultan Fatah Semarang Ustaz Saeful Huda.
  • Doa Salat Dhuha dan Tata Cara Mengerjakannya
    Tausiyah
    Selasa, 26 November 2019 - 08:30 WIB
    Salat Dhuha adalah salat sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa. Salat ini juga disebut solat awwabin, yaitu salatnya orang-orang yang kembali (bertaubat).
  • Lafaz Niat Salat Dhuha dan Doa yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Salat Dhuha merupakan amalan sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Berikut lafaz niat dan doanya.
  • 5 Salat Sunah Malam Beserta dengan Niatnya
    Tips
    Senin, 25 September 2023 - 13:06 WIB
    Salat Sunah Malam menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Sebab amal ibadah yang satu ini memiliki ganjaran yang luar biasa bagi siapa saja yang mau melakukannya.
  • Jemaah Memisahkan Diri dari Imam Saat Sholat Berjamaah, Bolehkah?
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 21:20 WIB
    Memisahkan diri dari Imam saat sholat berjamaah dalam ilmu fiqih disebut Mufaraqah. Bolehkah seorang jemaah memisahkan diri dari Imam ketika sholat berjamaah?
  • Begini Susunan Wirid Berikut Doa Setelah Salat Witir
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 03:10 WIB
    Salat witir dikerjakan pada bulan Ramadhan usai sebagai penutup salat tarawih. berikut susunan wirid usai salat witir yang diajarkan Syekh M Nawawi Banten .
  • Rukun Salat Iduladha Tak Berbeda dengan Salat Idulftri
    Tips
    Selasa, 27 Juni 2023 - 11:53 WIB
    Rukun salat Iduladha tidak berbeda dengan rukun salat Idulfitri dan mirip dengan salat lain. Demikian pula dengan hal-hal yang membatalkan dan pekerjaan-pekerjaan atau ucapan-ucapan yang disunahkan.
  • Tidak Seperti Laki-laki, Apakah Salat Jamaah Wanita di Masjid Tetap Berpahala?
    Muslimah
    Kamis, 28 September 2023 - 12:30 WIB
    Kewajiban salat lima waktu berlaku untuk semua kaum muslimin, tidak hanya laki-laki tetapi juga kaum wanita. Akan tetapi kewajiban salat berjamaah, hukumnya berbeda untuk laki-laki dan wanita. Kenapa demikian?
  • Sejarah Salat Tarawih dan Bacaan Niatnya
    Hikmah
    Senin, 06 Mei 2019 - 15:13 WIB
    Dalam Kitab Fiqih Imam Syafii radhiallahu anhu (RA), tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama dari tarwihatun yang berarti waktu sesaat untuk istirahat.
  • Anjuran Berjamaah Saat Qiyamul Lail di Bulan Ramadhan
    Tips
    Senin, 11 Mei 2020 - 17:17 WIB
    Qiyamul lail (salat malam) merupakan amalan utama di bulan Ramadhan selain puasa dan tadarus Al-Quran. Keutamaan salat di malam-malam bulan Ramadhan ini diganjar pahala besar.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Syarat-syarat untuk Muslimah yang Ingin Salat Tarawih di Masjid
    Muslimah
    Sabtu, 01 April 2023 - 08:29 WIB
    Sebaik-baiknya tempat salat bagi muslimah adalah di rumahnya, akan tetapi muslimah pun diperbolehkan melakukan salat di masjid namun dengan syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan syariat.
  • 4 Kiat agar Salat Tahajud Terasa Ringan, Nomor Terakhir Dinikmati dengan Hati
    Tips
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 16:15 WIB
    Salat tahajud dapat dilakukan kapan pun di malam hari setelah waktu salat isya hingga masuk waktu sholat subuh. Namun, waktu yang terbaik bagi umat muslim untuk mengerjakannya adalah sepertiga akhir pada malam hari yakni sekitar pukul 01.00 hingga 04.00.
  • Bacaan Bilal Salat Idulfitri
    Tips
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 15:24 WIB
    Salah satu anjuran yang diperintahkan oleh Rasulullah pada hari Idulfitri adalah melaksanakan salat ied. Sementara hukum melaksanakan salat ied ini adalah sunah muakkadah (sangat dianjurkan).
  • Hukum Salat dan Puasa dalam Perjalanan, Begini Penjelasan Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 13:26 WIB
    Syaikh Al-Utsaimin mengatakan safar merupakan salah satu sebab bolehnya bahkan menuntut meringkas salat 4 rakaat menjadi 2 rakaat, baik wajib atau dianjurkan (mandub) menurut perbedaan pendapat yang ada.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat karena Wabah Corona
    Tausiyah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 21:11 WIB
    Salat Jumat merupakan salat wajib bagi muslim yang baligh, berakal, laki-laki, sehat, dan menetap. Berikut pendapat ulama tentang salat Jumat ketika terjadi wabah.
  • 3 Sholat Sunnah yang Tidak Boleh Dilaksanakan Berjamaah
    Tips
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 22:11 WIB
    Dalam pelaksanaannya, sholat sunnah ada yang dilakukan berjamaah, ada yang Munfarid (sendirian) serta ada yang boleh dilaksanakan secara berjamaah maupun Munfarid.
  • Begini Wirid yang Diajarkan Imam Al-Ghazali setelah Salat Jumat
    Tips
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 10:49 WIB
    Apabila telah selesai salat Jumat dan sebelum berbicara, bacalah surat al-Fatihah, surat al-Ikhlas, surat al?Falaq dan surat an-Naas, masing-masing tujuh kali.
  • Salat Dhuha, Bukan Sekadar Membuka Pintu Rezeki
    Tausyiah
    Selasa, 29 September 2020 - 05:00 WIB
    Al-Munawi dalam Faidh Al-Qadir (4: 615) menjelaskan maksud kalimat, akan dicukupi di akhirnya adalah akan diselamatkan dari cobaan dan musibah di akhir siang.
  • Ketika Perempuan Boleh Menjadi Khatib Salat Id
    Tips
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 03:50 WIB
    Dalam komunitas homogen (perempuan semua), perempuan bisa mendirikan jamaah salat id secara mandiri dan salah satunya bisa menjadi khatib sekaligus imam.