Topik Terkait: Sejarah Hamas (halaman 33)

  • Amr bin Ash Bermarkas...
    Hikmah
    Jum'at, 28 Juni 2024 - 21:44 WIB
    Setelah Amr bin Ash puas dengan penempatannya di sana dan melihat anggota pasukan yang 15.500 orang prajurit, ia yakin bahwa saat yang menentukan antara dia dengan pihak Romawi sudah di ambang pintu.
  • Sejarah Maqam Ibrahim,...
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Mei 2023 - 16:25 WIB
    Maqam Ibrahim merupakan sebuah bangunan dengan batu kecil yang dibawa oleh Ismail ketika membangun Kakbah. Batu ini telah digunakan oleh Nabi Ibrahim alaihissalam guna melengkapi bongkahan batu dalam pembangunan Kakbah.
  • Kota Tua Sanaa: Situs...
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 06:57 WIB
    Kota Tua tidak besar tetapi masih mudah membuat orang tersesat karena gang-gangnya yang berkelok-kelok. Di sana, struktur mirip roti jahe yang tinggi dan padat muncul dari bumi.
  • An-Nadhr: Belajar Sejarah...
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 14:57 WIB
    Setiap kali Nabi menyeru manusia kepada Allah Taala maka An-Nadhr akan melaksanakan hal yang sama. Nabi membaca Al-Quran, maka ia menceritakan tentang legenda raja-raja Persia.
  • Kiblat Berubah, Sahabat...
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 16:56 WIB
    Perubahan arab kiblat dari Baitul Maqdis Palestina ke Masjidil Haram Makkah dinilai sebagai tahapan pertama dalam pensyariatan salat.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Rasulullah Lebih Banyak...
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 05:05 WIB
    Rasulullah SAW lebih banyak melakukan salat malam pada bulan suci Ramadhan di rumah saja. Para sahabat mencatat, Beliau hanya tiga malam saja di Masjid Madinah.
  • Tradisi Aqiqah Sudah...
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 11:26 WIB
    Tradisi aqiqah dalam Islam sejatinya sudah dilakukan juga pada Arab Jahiliyah. Ibadah yang diperuntukkan bagi manusia yang baru lahir ke dunia ini biasanya dilakukan tujuh hari setelah kelahiran.
  • Adzan Senyap di Bumi...
    Hikmah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:01 WIB
    Masjid Al Hooda ini berada di lantai dasar sebuah apartemen di kawasan Kota Tua Cadiz. Umat Islam menyewa 400 Euro perbulan untuk ruangan yang terletak di jalan di tikungan jalan Compo de Sur.
  • Kebijakan Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 12:09 WIB
    Persamaan adalah pola Islam dan oleh karenanya ia merupakan inti kedaulatannya. Sejumlah kebijakan Rasulullah SAW menyadarkan umat Islam bahwa Islam adalah agama persamaan.
  • Ibnu Katsir: Karyanya...
    Dunia Islam
    Jum'at, 12 November 2021 - 16:29 WIB
    Ibnu Katsir adalah sosok ulama yang menguasai beragam bidang keilmuan. Kepakarannya dibuktikan dengan karya-karya berkualitas tinggi, tidak lekang oleh sejarah, dan masih dapat dinikmati hingga kini.
  • Kisah Amr bin Luhay,...
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Setelah Amr bin Luhay sukses mengusir suku Jurhum dalam mengelola Kakbah, kerajinan patung di Mekkah maju pesat. Penyembahan berhala kian mewabah, bahkan Mekkah menjadi eksportir patung.
  • Kisah Perang Hunain...
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 12:17 WIB
    Kisah perang Hunain : sejarah, strategi, dan pelajaran untuk kaum muslimin menjadi kisah sejarah perang yang sangat heroik yang kisahnya diabadikan dalam Al-Quran.
  • Daftar 70 Sahabat Nabi...
    Hikmah
    Kamis, 15 Desember 2022 - 19:28 WIB
    Perang Uhud merupakan pertempuaran paling menyakitkan dalam sejarah Islam. Sebanyak 70 sahabat Nabi meninggal dalam perang tersebut. Berikut daftarnya.
  • Kisah Perjuangan Kader-Kader...
    Hikmah
    Senin, 14 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Pada masa Dinasti Umayyah sangat kuat, gerakan bawah tanah Bani Abbasiyah seringkali terbongkar. Tak sedikit kader mereka yang tertangkap, lalu dipotong tangan dan kakinya kemudian disalib.
  • Sejarah Pensyariatan...
    Hikmah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 15:10 WIB
    Sebelum kita memasuki bulan suci Ramadhan 2022 ada baiknya kita mengetahui sejarah pensyariatan puasa. Seperti apa sejarahnya, mari simak ulasan berikut ini.
  • Belajarlah dari Sejarah...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 19:28 WIB
    Al-Quran penuh dengan sejarah. Sejarah itu penting, karena dengan sejarah manusia belajar untuk berubah dan menjadi lebih baik di masa kini dan mendatang.
  • Khaizuran, Perempuan...
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 16:41 WIB
    Ibunda Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan Harun al-Rasyid ini adalah pelopor peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Lebih dari itu, ia terlibat dalam sengkarut politik berdarah Dinasti Abbasiyah.
  • Penaklukan Mesir: Kisah...
    Hikmah
    Selasa, 09 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Mereka teringat pada peranan Khalid bin Walid di Damsyik, Sad bin Abi Waqqas di Madain dan Nuaim bin Muqarrin di Nahawand. Mereka tidak melihat bahwa keberanian diri mereka kurang dari keberanian para pahlawan itu.
  • Sejarah Munculnya Haji...
    Dunia Islam
    Senin, 04 Juli 2022 - 23:57 WIB
    Sejarah munculnya haji Furoda perlu diketahui umat Islam di Indonesia. Saat ini fenomena Haji Furoda ramai diperbincangkan menyusul pemulangan 46 jamaah haji Furoda ke Tanah Air.
  • Terbanyak di Eropa,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 22:10 WIB
    Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Islam di Rusia adalah agama kedua terbesar setelah Kristen. Populasi muslim di Rusia merupakan yang terbanyak di Eropa.